Awas boysband merajalela!!

by - 14:19

Belakangan ini musik aliran boysband sedang booming-boomingnya di indonesia sehingga banyak banget boysband-boysband dadakan yang aji mumpung buat numpang tenar sesaat. Sebelum lebih jauh membahas fenomena boys band di indonesia, kita cari tau dulu apa sih boysband itu. Menurut buku dije theory bab 24 boysband adalah sekelompok cowo yang beranggotakan minimal 3 orang yang bernyanyi dan menari, dan juga tidak memainkan alat musik seperti halnya band band pada biasanya.

                Boysband mulai tenar di amerika pada taun 80an,
waktu itu lagi jaman-jamannya back street boys ama new kid on the block. Bahkan 2 boysband itu menjadi legend dalam awal mula terciptanya aliran boysband. Selain 2 boysband yang gw sebut tadi, ada satu lagi boysband taun 90an yang terkenal banget bahkan ampe di indonesia tenarnya, yapz siapa lagi kalo bukan westlife. Boysband asal irlandia yang beranggotakan 5 orang personil ini sangat familiar sekali dengan masyarakat indonesia bahkan waktu kecil gw ampe punya tuh bajunya. Tapi boysband ini bubar karena ada personilnya yang mengundurkan diri dan bersolo karir.

                Lalu kenapa boysband baru booming di indonesia pada taun 2011 ampe sekarang? Sebenarnya boysband indonesia udah ada dari dulu sebut saja trio libels ama bimbo, menurut gw meraka adalah pelopor boysband di indonesia. Balik lagi ke pertanyaan awal tadi, boysband indonesia mulai booming karena banyak banget cewe-cewe indonesia yang suka banget ama boysband korea atau biasa di sebut k-pop. Selain faktor itu, munculnya boysband sm#sh juga menjadi pendobrak musik di indonesia yang pada saat itu di kuasai oleh musik-musik melayu yang mendayu-dayu. Gebrakan sm#sh yang ternyata  menuai kesukses itu memancing banyak boysband dadakan yang mementingkan ketenaran sesaat dengan tidak memperhatikan musikalitas yang mereka bawa.

                Sebenarnya gw suka  banget ama sm#sh tapi inget bukan karena tampang-tampang mereka yang kaya cewe yang tiap hari kudu catokan supaya tuh rambut lurus kaya jalan tol padalarang. Gw suka karena mereka berani menampilkan sesuatu yang berbeda di dunia musik indonesia, hal ini bukanlah hal yang mudah tentunya, karena masyarakat indonesia itu sulit menerima hal-hal yang baru. Mereka hanya menerima hal-hal yang udah ngetrand aja kaya lagu-lagu melayu yang mendayu-dayu yang menguasai dunia musik indonesia setelah band peterpan mulai redup.

                Gebrakan sm#sh yang menuai tanggapan positif dari mansyarakt ternyata menciptakan efect yang luar biasa. INDONESIA DEMAM BOYSBAND!!! Ooh sebuah fenomena baru di indonesia. Awalnya gw sangat appreciated dengan adanya fenomena itu karena akan memunculkan variasi musik di indonesia. Tapi belakangan ini gw mulai jenuh dengan fenomena tersebut. Ternyata kulitas boysband di indonesia sangat jauh dari kualitas boysband di korea, Biarpun gw cumen tau super junior doang. Dari mulai lagu sampai aksi panggung boysband indonesia sangat jauh dari harapan dan sangat memprihatinkan.

                Kita mulai dari lagu. Dari lagu aja udah keliatan banget banyak yang plagiat dari lagu-lagu luar. Apakah seburuk itu kah kreativitas musisi indonesia sehingga dari lagu pun harus menjiplak lagu orang. Miris!. Lalu dari kualitas suara jauh lebih miris, karena paling cumen 1 atau 2 orang yang suaranya lumayan bagus dan yang lainnya cumen kaya beo lagi serak yang bisanya niru suara voc 1 dengan suara pelan dan lebih parahnya mereka cumen playback kalo lagi perform n cumen ngandelin joget-joget kaga jelas. Kalo kata gw mending jadi dancer atau penari latar aja deh kalo cumen ngandelin joget-joget kaya robot keselek tempe bacem! Bahkan dance nya pun ga ada kreatifitasnya. Dari awal ampe sekarang dancenya gtu gtu doang di setiap show, sangat membosankan!!

                Lalu banyak banget boysband indonesia  yang karbitan, cumen ngandelin tampang. Dengan bisa semirip mungkin ama tukang sol sepatu yang ada di korea, mereka sudah resmi menjadi boyband indonesia yang siap menghipnotis ratusan cewe alay yang akan memuja-muja mereka, meskipun suaranya pas-pasan. Sangat memalukan.

                Boysband indonesia kayanya cumen bisa menang baju doang menurut gw, meskipun bajunya nyewa tapi bisa gw kasih aplus karena mereka niat banget buat memakai baju yang glamor dan seragam. Tapi tetp aja dalam musik, suara adalah nomer  1. Emang pas djlovers dengerin lagu di mp3, penyanyinya bakalan ngejelasin baju apa yang mereka pake? Ya kan engga!!

                Dan semakin hari masnyarakt pun mulai jenuh dengan bergentayangannya para boysband karbitan yang muncul di layar tv djlovers. Semoga tuhan bisa menghentikan cobaan ini dan fenomena boysband karbitan di indonesia cepat berakhir. Semoga saja!!
               

You May Also Like

0 comments