Happy Anniversary @Fakta_LFC

by - 23:21


Posting  kali ini, gue bakal dedikasikan untuk akun fanbase gue tercinta yaitu @Fakta_LFC (yang kebetulan adminnya gue)  yang hari ini tepat berusia 1 tahun *prok prok prok*. 1 tahun mungkin bukan waktu yang panjang untuk mengelola sebuah akun fanbase, tapi bagi gue dalam waktu tersebut  telah banyak memberik kesan mendalam dalam diri gue maupun mungkin untuk para followers gue. Untuk mempersingkat kata, mari simak perjalanan kisah baik suka maupun duka dalam mengelola akun @Fakta_LFC. Cekidot broh!


Kenalin nama gue Doni jaelani atau temen-temen gue biasa manggil Dijeh. Tapi kalo mau manggil abang ganteng juga gapapa ko, rela gue mah. Intinya sih kalo dipanggil ya gue nengok. Kebetulan gue merupakan pendiri, perancang, pembuat, pengelola akun @Fakta_LFC atau bahasanya anak gaolnya gue ini adminnya. Atau Followernya suka menyingkat menjadi “mimin”. Atau ada juga yang manggilnya “ mimin kece”, gue juga ga tau dia udah minum baygon berapa liter. 


Jadi sekarang udah tau kan siapa admin dari @Fakta_LFC. Ganteng ga gue? engga kan? Emang ga ganteng sih. Gue emang orang jelek. Orang jelek  yang terjebak dalam tubuh yang ganteng #Ngeles. Kalo mau tau lebih banyak tentang gue, follow aja kali twitternya di @dijeh26 haha promo gapapa ye.


Awal ide gue untuk membuat sebuah akun Fansbase ini bermula dari kesukaan gue dalam menulis di blog. Ko bisa? Gini ceritanya. Selain blog ini, gue juga punya satu blog lagi yang isinya khusus tentang cerita-cerita yang berhubungan dengan Liverpool, namanya kalo ga salah itu www.liverpoolindonesia8.blogspot.com tapi sekarang udah jarang nulis di situ. Lupa passwordnya masalahnya, asem! Karena menulis di blog itu membutuhkan banyak waktu, nah tercetus lah ide untuk membuat sebuah akun di twitter khusus Liverpool. Kenapa harus akun twitter? Karena saat itu lagi booming twitter dan juga mengelola akun twitter lebih simpel dari blog, karena tidak perlu bercerita panjang lebar. Dan pada 5 Mei 2012 terciptalah akun twitter bernama @LiverpoolIndo8 yang namanya terinspirasi dari nama blog gue. Kaget ya namanya bukan @Fakta_LFC? Iya memang awalnya akun @Liverpoolindo8 itu berisikan tweet-tweet tentang berita Liverpool. Tapi gue berpikir kalo berita-berita Liverpool kaya gitu sih sudah terlalu mainstream dan akun-akun tetangga juga pasti sering mentweet berita seperti itu. Untuk itu gue berpikir kenapa akun gue ga memberikan informasi tentang fakta-fakta Liverpool aja, kan keren tuh. kenapa tentang fakta? Karena fakta-fakta lebih menarik dan lebih seru dalam mengolah suatu angka menjadi  sebuah kalimat dan data yang akurat! Maka terciptalah @Fakta_LFC *Prok prok prok*


Dan dari sini lah semua perjalanan ini dimulai. Di awali dengan followers yang masih 0, gue yang masih amatir dalam dunia peradminan, akun gue yang belum terkenal sampai guenya  yang belum dapet gebetan. Semuanya gue lalui dengan sabar, ikhlas dan tawakal.  Apalagi yang terakhir itu, gue mah sabar dan tawakal banget.
Tujuan utama sebuah akun fansbase adalah memperbanyak followers. selain juga tentunya memberikan informasi yang bermanfaat. Semakin banyak followers, semakin bagus pula lah akun tersebut. Dan untuk mendapatkan followers itu tidak semudah membalikan telapak tangan gajah, berat! Itu gue rasain saat awal-awal berdirinya @Fakta_LFC. Beruntung akun-akun fansbase Liverpool itu kompak dan solid. Jadi gue bisa medapatkan bantuan mereka untuk mempromosikan akun gue. Ga salah emang Liverpool punya Motto “You’ll Never Walk Alone” #Respect


Di bulan ke 2, followers @Fakta_LFC ga nambah-nambah, berkisaran di angka 200. Itu membuat gue sempet putus asa untuk mengelola akun ini. Gue merasa telah gagal. Mungkin karena tweet-tweet gue kurang informatif sehingga followersnya ga nambah-nambah. Gue berpikir gimana caranya mengatasi solusi ini. Gue sempat berpikir untuk membuat kuis agar followers bertambah. Tapi niat itu gue urungkan karena mengadakan kuis sama aja kaya ngasih PHP gitu kalo jawabannya salah. Udah di PHP-in gebetan masa iya mau di PHP-in kuis juga? Kan suram banget. Akhirnya gue mempunyai sebuah solusi, yaitu memberikan tweet-tweet yang bermanfaat. Dengan tweet yang keren, otomatis banyak yang Retweet dan otomatis pula akun gue bisa dikenal orang, cerdas! Dari situlah gue kembali bergairah untuk mengelola fansbase lagi, dan followers pun mulai meningkat, sekrang sih followersnya udah sekitar 1000an. Jadi pesan moral untuk para admin pemula: jangan pernah menyerah dan selalu memberikan tweet-tweet yang menarik dan berkualitas #SuperBerkaliKali


Oia untuk kalian tau, gue ini adalah anak kuliahan di salah satu univ negeri di Bogor. You know lah apaan itu. Karena kesibukan gue dengan kuliah, gue jadi jarang untuk mengelola akun @Fakta_LFC. Itu terbukti dengan tweet gue yang masih berkisar 5000an, padahal akun ini udah berdiri 1 tahun. Bandingkan dengan akun tetangga yang tweetnya udah nyampe 10000an lebih. Selain kesibukan gue, mungkin karena di @Fakta_LFC gue merupakan admin tunggal. Jadi ga ada yang bantuin gue. Gue sempet ngangkat seseorang menjadi admin untuk membantu gue, tapi ternyata mengelola berdua itu tidak seseru saat mengelola akun fansbase sendiri. Ga bisa bebas, dan ga ada geregetnya. Jadi maklumlah akun @Fakta_LFC ini jarang ngetweet, solanya adminnya mau jadi calon sarjana #amiiiiiin


Mengelola akun fansbase Liverpool juga harus mempunyai kontrol emosi yang baik. Knapa? Lu tau lah prestasi Liverpool kaya gimana. Kalo ga bisa mengontorl emosi dengan baik apalagi saat Liverpool kalah lalu ada akun fansbase klub sebelah yang datang dari antah berantah terus ngejek-ngejek, itu kitanya jangan terpancing. Diam kan saja, mereka itu hanya mencari perhatian. Gue juga pernah mengalami hal seperti itu, iya gue pernah di serang oleh akun klub sebelah yang logonya setan ancol ato setan pelabuhan gitu ya. Dan akun tersebut followersnya 50 ribuan. Kebayang dong itu gue di serang oleh 50 ribuan orang gitu, di kata-katain lah, di panggil pake nama hewan lah. Sakit hati banget, tapi harus sabar. Terus jugai kalo gue ngetweet typo dikit, ya followers tuh ngerti lah admin-admin juga manusia jadi bisa salah. Kalo salah ya benarkan dengan bahasa yang baik, bukan dengan bahasa ga sopan.


Selain hal-hal duka seperti di atas, banyak juga hal-hal suka yang gue dapatkan. Seprti bisa di follow ama cewe-cwe cantik haha. Itu bonus yang tak terduga, lumayan kan ava nya buat cuci mata di tengah sibuknya gue dalam mencari informasi fakta tentang Liverpool. terus kalo gue lagi bikin game hashtag gitu, ada aja followers yang jawabnya kocak dan bikin gue ngakak :D. Lalu gue juga bisa kenal para kopites dari ujung Indonesia seperti Aceh samapi Indonsia timur. Atau bahkan ada juga dari luar negeri. Keren!
Ya semoga akun @Fakta_LFC ini selalu bisa memuaskan hasrat kalian dalam mendapatkan informasi fakta-fakta menarik tentang Liverpool. Dan gue sebagai admin akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kalian. Followers you are my Flower ;D !! Sekali lagi terimakasih untuk kalian yang sudah rela memfollow @Fakta_LFC :D. Dan terima kasih juga untuk semua akun fansbase Liverpool yang selalu bersama-sama memberikan berita tentang tim kebanggaan kita, Keep solid guys. Pokoknya terima kasih untuk semuanya. Oia @Fakta_LFC juga punya moto “KEEP KECE AND YNWA”.


Dan terakhir sama-sama kita teriak “HAPPY ANNIVERSARY @Fakta_LFC” :’)

You May Also Like

0 comments