Tips-Tips Bertahan Hidup di Asrama

by - 19:22


Tulisan gue kali ini khusus didedikasikan buat adek adek gemesh angkatan 50 yang sebentar lagi bakal resmi jadi mahasiswa baru di IPB, ciee cieee.


“Tahun pertama di IPB wajib tinggal di asrama? malesin banget deh!” Aha gue tau pasti hal itu kan yang terlitantas pertama kali di pikiran lu tentang wajib asrama di IPB. Apalagi buat anak-anak Bogor yang rumahnya deket sama kampus, pasti malesin banget. Iya gue tau itu karena gue juga anak Bogor  yang kepeleset aja langusng nyampe depan kampus. Makanya gue kalo jalan suka hati-hati, takutnya kepeleset  terus tau tau ada di depan kampus, kan ga lucu. Jadi jangan kaget kalo nanti pas di asrama banyak anak Bogor atau jabotabek yang sering cabut.



 Memang awal-awal tinggal di asrama itu ga enak banget, sama ga enaknya kaya udah PDKT satu tahun ama gebetan tapi tetep aja di tolak, iya sori curhat dikit. Tapi karena gue kakak tingkat yang baik dan tidak sombong, gue bakal ngasih tips-tips nih buat adek adek gemesh angkatan 50 biar bisa bertahan hidup di peradaban asrama IPB. Cekidot guys!



1. Pelajari ciri khas  setiap kota di Indonesia

Tips ini penting banget buat SKSD sama temen sekamar.  karena 3 hal pertama yang bakal pasti lu tanyain ama temen sekamar baru adalah, “Nama siapa?” “Asal dari mana?” dan “Jurusan apa?”. Buat basa basi, kita bisa bahas panjang lebar tentang kota si temen baru tersebut. Contohnya kaya gue, waktu itu temen sekamar gue asal lampung. Jadi gue bahas panjang lebar tentang Gajah lampung. Ada temen kamar gue asal Gresik, gue bahas panjang lebar tentang semen Gresik. Ada  lagi temen kamar gue keturunan Cina, gue bahas panjang lebar tentang HP SAM*SUNG keluaran terbaru, lumayan dapet info beli hp murah. Pokoknya lu harus tau ciri khas setiap kota di Indonesia supaya gampang SKSD.



2. Sedia Bay*gon

Tenang aja di Asrama jarang ada nyamuk ko. Tapi ko harus sedia Bayg*on? Nyamuk sih emang jarang ada, tapi ada satu binatang paling nyebelin di asrama, iya KUTU KASUR!!!  Oh iya Awal masuk asrama jangan harap lu dapet kasur yang enak, jangan hareeep!! Jangan harep juga lu dapet bantal guling ama sepre gratis, itu semua harus beli dulu. Dan kerennya, jangan kaget pas di daerah IPB banyak yang jualan guling, sepre, bantal, gayung, ember. Pokoknya kalo ada yang jualan kaya gitu lu wajib beli, wajib!


Balik lagi ke masalah kutu kasur itu. Hal pertama yang harus lu lakuin saat di kamar adalah, cek kasur. Tanda-tandan kasur yang ada kutunya itu banyak bercak hitam di setiap pojokan kasur. Kata temen gue sih bercak hitam di kasur itu adalah eek nya si kutu. Jadi kalo bahasa kita, pojokan kasur itu bisa di sebut jambannya kutu. Nah salah satu cara menghilangkan kutu kasur itu adalah...semprot pake Bay*gon, semprooot! Semprot sampe matiiii *Dendam banget ama kutu asrama* ! Di Jamin kutu bakal dadah, tidur pun akan indah



3. Makan murah rasa meriah (Not Recommended)

Tips yang ketiga ini tidak untuk di tiru untuk adek adek gemesh angkatan 50, tapi gue cumen mau berbagi pengalaman aja bagaimana bisa mendapatkan makanan yang murah dengan rasa yang meriah. Biasanya setiap gedung asrama disediain satu kantin dan di kantin itu sistemnya prasmanan jadi kita ngambil dulu laukknya baru deh bayar makanannya. Dan Disini triknya, pertama tama kita ambil lauknya contohnya adalah Telor ceplok, terus kita timbun pake nasi yang banyak dan otomatis telor ceplok itu seakaan lenyap dari piring kita dan tak kan terlihat saat kita memperlihatkan ke si penjaga kantin, sehingga kita bisa membayar makanan dengan harga murah. Fenomena ini biasa gue sebut “The Illusions of Telor Ceplok” .



4. Nebengers

Jarak asrama khususnya asrama cowo dengan gedung kuliah itu lumayan jauh. Jarak nya bisa ampe 100KM kalo lu pergi ke gedung kuliah via tol cipularang  Lu ga mau kan harus setiap hari jalan kaki pulang pergi dari asrama-kampus kampus-asrama. Itu yang tadinya udah mandi kembang pas ampe kampus jadi mandi keringet. Nah tips ini sangat penting untuk menanggulangi masalah malesnya jalan kaki kalo mau kuliah. Inti dari tips ini adalah lu harus deket ama anak yang punya kendaraan, contohnya adalah motor. Dengan deket ama temen yang punya motor, otomatis lu bisa tebengin setiap hari. Lumayan kan ngehemat keringet. Mending Keringetnya di pake buat ngejar gebetan yang udah nolak padahal PDKT nya udah ampe setaun, aduh sory curhat lagi. Biasanya sih orang yang punya motor tuh orang Bogor atau orang jabotabek. Biasanya juga selain punya motor, anak Jabotabek itu ganteng-ganteng dan cantik-cantik, aduh sory jadi jujur.



5. Uuups! Ga sengaja

Cucian numpuk? Males nyuci? Ga mau ke Laundry? Gara-gara ga punya duit? Nah ini tips yang pas buat jawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Ini tips curang seperti tips yang ketiga, tapi kalo lagi iseng boleh lah dicoba. Kalo cucian lu numpuk dan males nyucinya, hal pertama yang harus lu lakukan adalah cari ember cucian temen! Satuin cucian lu ama cucian temen lu yang mau di cuci itu di ember, dan secara tak sadar dia bakal dengan tidak sengaja nyuciin cucian lu.



 Gue pernah ngelakuin itu, sebelum berangkat kuliah gue sempetin nyatuin kolor-kolor kotor gue di ember cucian temen. Dan secara supranatural sewaktu pulang kuliah, kolor-kolor gue udah terpajang di hanger jemuran, Fantastis!!. Trick ini gue namain “uuups! Ga Sengaja masukin kolor ke ember lu”.



Ya cukup lima dulu aja tips-tips cara bertahan hidup di asrama versi gue. Intinya asrama itu adalah tempat yang bakal lu kangenin sepanjang kuliah di IPB, dimana di asrama lu bisa kenal orang dari jurusan berbeda, kota berbeda, muka berbeda dan tentunya jodoh yang berbeda pula. Pesen dari gue buat adek adek gemesh angkatan 50, “Asrama tidak sama dengan asmara. Asmara manis di awal pahit di akhir, Asrama pahit di awal dan akan selalu manis sampai akhir”. 



Yodah karena tulisannya udah kelar, gue mau pamitan dulu. Good Bye All, Good bye Ell, Good Bye Dul, Good Bye keluarga Ahmad Dhani.





You May Also Like

6 comments

  1. kak klu ada kepentingan mendesak pas ada acara di asrama kita boleh pulang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulang sih pulang aja asal ga ketauan

      Delete
  2. Bangs*at banget yang nomer 3 sama 5!!!! Hahahahahaa mirip kutu kasur lu Dijeh, minta di semprot bay*gon!! :)))

    ReplyDelete
  3. Gue juga kuliah di IPB tapi IPB d3, alhamdulillahnya gue engga perlu ada asrama-asramaan segala. Jadi ga perlu ketemu sama kutu kasur. :D

    ReplyDelete
  4. thx tipsnya sungguh bermanfaat sekali ya!


    Perfect watch for him under 149 ribu

    https://shopee.co.id/PERFECT+WATCH++FOR+HIM+-+Under+149+RB-col.24208?smtt=1.3459

    ReplyDelete