Mendadak Jerman

by - 19:18

Gue menulis postingan ini dengan keadaan badan dan otak yang  pegel-pegel. Rasanya kaya gue jadi kasur yang di pukulin emak emak buat ngilangin debu. Sakit sekujur badan meen.

Jadi Sebelum nulis ini, gue abis jengukin ibu nya temen gue yang sakit. Rumah sakitnya di bekasi. Dari Bogor ke sana perlu waktu 3 hari 2 malem kalo gue jalan kaki. Untungnya gue mengenal apa itu namanya kereta commuter line. Perjalanan bisa disingkat jadi cumen 2,5 jam. Tapi tetep aja bagi gue yang cupu banget akan perjalanan jauh, 2,5 jam bisa bikin badan gue tepar.

Selain badan yang tepar. Otak gue juga kena kram mendadak di perjalanan gara-gara temen-temen gue.

Iya gue pergi ke bekasi engga seorang diri. layaknya biksu Tong yang nyari kitab suci ke barat, gue juga ditemani beberapa makhluk lain. Ada Dian, temen gue asal padang yang nyasar ke Bogor jadi penjual rendang. Ada Faisal, ketua kelas gue yang cita-citanya punya istri 4. Terakhir ada juple, mahasiswi yang punya keinginan go internasional ke Jerman.  Dan dia kemana-mana bawa semacam buku percakapan bahasa Jerman gitu. Keren. Hampir sepanjang perjalanan zuple kesurupan bule jerman. Apa-apa diartiiin ke bahasa jerman. Ini engga keren.

Disinilah malapetaka otak gue dimulai. Gue dan 2 temen gue yang lain Cuma bisa dengerin juple ngomongin bahasa Jerman dengan logat sunda Bandung.

Yang juple omongin: Wie geht es ihren? (Gimana kabar loe?)

Yang gue denger: wey gehhet ehsdgsyu ihrnsn (Kuping gue berdarah)

Yang Juple omongin: Wie alt sind sie? (Berapa umur loe?)

Yang gue denger: Wiebdy ahdvjasdy egydgskf (Kuping gue pendarahan hebat)

Dengan tampang fakir asmara, gue cuma tau arti kalimat Ich liebe dich dalam bahasa Jerman. Seengga nya kalo gue ke Jerman, bisa buat nembak cewe-cewe jerman. Lumayan lah, modal penting banget untuk kaum jomblo.

Pengalaman gue akan bahasa asing emang ga patut untuk dibanggakan. Bahasa asing pertama yang gue pelajari apalagi kalo bukan Bahasa Inggris. Ampe sekarang gue ga pernah jago ngomong Inggris. Padahal anak kecil di Inggris udah fasih banget ngomong Inggris. YAEALAH!.

Bahasa asing kedua yang gue pelajari adalah bahasa Jepang. Waktu SMA gue emang dapet mata pelajaran Bahasa Jepang. Ujian Hiraga katakana mah gue lulus...lewat remidial. Tapi beneran, di kelas gue tergolong anak yang pinter bahasa jepang. Makanya kalo gue nonton film Mario Ozawa, ga pernah pake subtitle. Gue emang jago banget. Tepuk tangaan!

Balik ke juple yang kesurupan bule jerman. Di kereta, gue dian sama faizal jaga jarak ama juple. Gue ga mau penumpang lain tau kalo juple itu temen gue, kalo tau bisa-bisa dikira gue komplotan pencopet modus baru. Modusnya, si Juple ngomong bahasa jerman engga jelas, kemudian penumpang lain pada merhatiin dia sambil kebingungan dan ketakutan kalo dia kesurupan Mesut Oezil. Di saat kebingunan itu lah, gue dan temen-temen gue secara cepat ngambil barang berharga para penumpang.

Untungnya kereta udah nyampe Tebet dan ga ada penumpang yang nyadar kalo juple temen gue. Gue buru-buru turun disusul temen gue yang lain. Juple di tinggal paling belakang.

Perjalanan kali itu di lanjut naik angkot. Gue pikir kalo di angkot si Juple ini ga bakal ngoceh bahasa Jerman lagi karena Jarak supir angkot ama penumpang itu deket banget, beda ama kereta. Gue takutnya kalo abang supirnya juga kesel dengerin si Juple ngomong Jerman, kita ber empat bisa diturunin langsung di makamnya Hitler.

Awalnya pas naek angkot semuanya hening dan damai. Juple juga belum kesurupan bule jermannya. Sampai suatu ketika ada penumpang lain yang ngeliat si Juple nenteng-nenteng buku percakapan bahasa jerman.

Penumpang tak dikenal  : Mbak, lagi belajar bahasa Jerman? Itu nenteng-nenteng buku percakapan bahasa jerman  

Juple                                : Iya mbak saya emang lagi belajar bahasa jerman hehe

Penumpang tak dikenal: Wah saya lulusin UI jurusan bahasa Jerman lho mbak. Sekarang saya kerja jadi guru  bahasa Jerman

Kemudian mbak mbak ga dikenal ini memamerkan keahlian bahasa Jermannya. Bener sih jago dan fasih banget. Lebih enak di denger dari pada si juple yang ngomong.

Entah apa tujuan tuhan mempertemukan juple, gue, temen gue dan mbak mbak guru bahasa Jerman, di angkot yang maha panas ini. Seketika Juple sangat antusias dan banyak nanya tentang tata cara bahasa jerman. Mau ga mau gue juga ikutan belajar bahasa Jerman. Jadi lah kita les dadakan di angkot. Gue berasa lagi naek angkot tujuan Frankfrut-Berlin

Selain juple, gue juga banyak nanya ke mbaknya. Karena gue cumen tau kalimat Ich liebe dich doang, jadi gue pengen tau kalo “Bapak kamu petani yah, soalnya kamu telah memupuk hati aku tiap hari” itu bahasa jermannya apa. Tapi pertanyaan itu gue urungkan, takutnya si mbaknya malah kelepek kelepek di gtuin.

Pokoknya setelah turun dari angkot, bukan juple doang yang kesurupuan Bule jerman. Gue juga jadi ketularan Bule Jerman. Kosakata bahasa Jerman gue juga nambah meskipun masih cetek. Semisal Guten Morgen, Guten Tag, Guten abend, Guten Natch.

Pesen yang penting dari si mbaknya kalo mau jago bahasa jerman, jangan pernah jaim ama muka. Karena pelafalan kata jerman itu, perlu mimik muka yang unik supaya dimengerti ama orang Jermannya.



Dunke Mbak....

You May Also Like

8 comments

  1. Replies
    1. Ich heiße dijeh si ganteng nan rupawan

      Delete
  2. asem lah.. kalau lihat maria ozawa udah fasih, kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan fasih lagi, udah hafal gerakannya #eh

      Delete
  3. Hahaha anjirrr hoki amat bisa pas nemu gitu. Hoki di temen lo sih, di Faisal mah enggak. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini yang dinamakan takdir tuhan

      Delete
  4. Bahasa Jerman. Gue taunya Mercy doang. Hehehe

    ReplyDelete