AWAS!! Disini Ngomongin Setan!

by - 13:28



Gue heran dengan orang Indonesia yang terlalu percaya akan dunia mistis. Mereka percaya kalau setan itu ada. Mereka percaya ada kuntilanak, setan yang gentayangan pake daster putih. Mereka percaya ada setan kolor ijo, yang kemana-mana pake kolor ijo (YA IYAALAAH!). Mereka percaya ada tuyul, yang mitosnya suka nyuri uang. 

Tapi masalah mitos tentang setan, gue paling engga habis pikir dengan mitos Wewe gombel. Kata orang jaman dulu, Wewe Gombel ini muncul sewaktu maghrib untuk menculik anak-anak kecil yang masih berkeliaran di luar rumah. Ini aneh banget. Lagian ngapain Wewe gombel nyulik anak kecil? Minta tebusan? Tebusannya apa coba

Mungkin karena Wewe gombel ini tergolong setan kelas menengah kebawah ((MENENGAH KEBAWAH)), Mereka minta tebusannya gini:

            “Jika anak ibu ingin kembali, kami menginginkan imbalan. Kami ingin kuburan kami dipindahkan ke San Diego Hil, tepatnya di cluster Bugenvile!!. Dan ingat! Jangan sekali sekali menghubungin Pak Ustad atau lapor ke pesantren terdekat, jika nyawa anak ibu ingin selamat.”

Best Regards: Wewe Gombel.

Kacau abis

Kalau jaman dulu biasanya setan cuma muncul ditempat-tempat angker, jaman sekarang udah beda. Mereka sudah sering muncul di bioskop kesayangan kita. Ini lah jaman dimana setan-setan main film, gue aja kalah. Tapi gue sempet kasian dengan setan-setan ini. Mereka terlalu dieksploitasi untuk tidak menjadi dirinya sendiri. Ini bener-bener menyedihkan bagi dunia persetanan. 

Contohnya adalah film ‘Pocong Mandi goyang pinggul’. Gue sangat prihatin dengan pocong yang ada di film tersebut. Dua kata awal dari judul film itu aja udah bikin gue geleng-geleng kepala. Pocong Mandi. 

Sabar ya coong

Sejak kapan pocong bisa megang gayung?? SEJAK KAPAAAN??!! Terus gimana pocong sabunin badannya!!! Pocong ini setan, bukan sejenis mobil yang sabunannya pake mesin di Car Wash.
 
Mungkin satu-satunya cara pocong bisa mandi adalah......nyemplung. Nyemplung ke kolam, sungai, empang dan semacamnya. Itu pun dengan syarat, si pocong bisa berenang. Kalo engga bisa, pocongnya bakal tenggelem kemudian meninggal. Udah jadi pocong, masih mati juga lagi. Sabar ya cong.

Judulnya masih dilanjutkan dengan goyang pinggul. Jadi, Pocong mandi goyang pinggul. Sungguh keterlaluan ini sutradara. Gue udah gak bisa bayangin pocong disuruh mandi ditambah pake adegan goyang pinggul juga. Semoga tuhan bersama pocong-pocong yang teraniaya seperti ini. Amiin.
Melihat judul-judul film setan sekarang ini, bikin gue pengen cepet-cepet jadi sarjana. Ga nyambung sih, Cuma pengen minta didoain aja supaya cepet cepet sarjana.

Judul film setan di Indonesia tuh udah engga logis. Mungkin para setan juga merasakan hal yang sama kayak gue. Dan setan-setan akan berdoa ‘Ya Allah, kok gini amat ya jadi setan’

Ada judul film setan, “Kuntilanak kesurupan”. Gue jadi sempet berpikir bahwa didunia setan ini memiliki beberapa tingkatan level. Level pertama adalah setan newbie, baru jadi setan. Level 2, setan yang bisa masuk ketubuh manusia, bikin manusia kesurupan. Level 3, setan yang bisa bikin setan lainnya kesurupan. Level 4, setan yang bisa bikin setan yang bisa bikin setan lainnya kesurupan bisa kesurupan. Level 5, setan yang bisa bikin setan yang bisa bikin setan lainnya kesurupan bisa kesurupan bisa kesurupan. Terus aja gitu ampe level 99.

Harusnya film film setan ini bisa menjadi tontonan dan tuntunan bagi para penikmatnya, bukan hanya menampilkan adegan esek-eseknya aja. Supaya film-film setan ini lebih mendidik, maka judulnya juga harus terkesan pintar dan mendidik misalnya: Kolor Ijo anak sekolahan, Pocong miskin kuliah di Harvard. Gendurowo ber IPK 3,99. Hantu penasaran karena skripsinya engga di acc dosen pembimbing atau Jengglot penemu reaktor nuklir berbahan dasar air sisa masak Indomie.

Gue lumayan sering nonton film horor, terutama waktu gue punya pacar dulu ((WAKTU PUNYA PACAR)). Dia hobi nonton film horor, makanya mau jadi pacar gue. Katanya biar merasa miara anak jin. 

Tapi karena kebanyakan nonton film horor, cewek gue bisa berubah jadi horor ketika nanya

“Yang, sekarang aku gendutan gak sih?” 

Bagi gue ini adalah pertanyaan paling sulit. kalo Einstein masih hidup gue engga yakin dia bisa jawab pertanyaan ini dengan benar. Karena ini adalah pertanyaan horor, yang apapun jawabannya pasti salah.

Jawaban 1: bilang engga gendut
‘Engga kok, kamu engga gendut. Masih langsing dan cantik kayak biasanya’
‘BOHONG! Kamu bohong! Liat nih berat badan aku sekarang, 123 kwintal. Berat segini kamu bilang langsing? Masalah kayak gini aja kamu berani bohong sama aku. Semua cowok sama, tukang bohong. Apa jangan-jangan kamu selingkuh ya? Selingkuh ya!! Sekarang mending kita putus aja!

SADIIIIIS!!

Jawaban 2: Bilang emang gendut, tapi secara halus.
‘Iya kamu hari ini agak gendutan, tapi gendutan dikit kok’
‘Oh jadi secara gak langsung kamu bilang aku engga seksi kayak dulu lagi, gitu? Hah! Apa jangan-jangan kamu punya cewek yang lebih seksi dari aku? Apa jangan-jangan Kamu selingkuh ya? Selingkuh ya!! Sekarang mending kita putus aja!

SADIIIIS!!

Buat para cowok-cowok diluar sana, jika mendapatkan pertanyaan dari cewek seperti itu, Cuma ada 1 cara supaya kalian selamat:

PURA-PURA MATI!!

Walaupun begitu, mantan pacar gue ini paling takut kalo liat orang kesurupan. Iya laah, masa iya ada temen kita tiba-tiba kesurupan, kitanya kegirangan.

“HOREEE TEMEN KITA AKHIRNYA KESURUPAN!!” terus ada yang tiup terompet ama nyalain kembang api. Dilanjut nyalamin temen kita yang kesurupan itu, “Selamat ya udah kesurupan, engga nyangka bisa secepet ini lu kesurupan. Padahal kalian baru kemaren jadian” INI APAAA!!!

Gue heran kalau di tv tv, setiap ada yang kesurupan pasti kesurupan siluman macan, terus sambil kejang-kejang gerak kesana kemari, ditambah sambil mengaum-ngaum

‘AAAGGHHH PANAS!! PANAS! KALIAN AKAN MATI SEMUA! MATII!! AGGHHHH!! LUCIFER BERKUASA!!’

Untuk menenangkan orang yang sedang kesurupan, biasanya suka muncul tiba-tiba orang pinter. Mungkin saking pinternya, dia juga jadi staff pengajar di Primagama

Menurut gue, nenangin orang kesurupan gitu gak perlu pake orang pinter segala. Simple banget sebenarnya. Cukup dibutuhkan wanita kira-kira berumur 19-24 tahun. Kemudian wanita itu disuruh bisik-bisik ke telinga orang yang lagi kesurupan. Bisik bisiknya gini:

"SEKARANG AKU GENDUTAN GAK SIH?”

Setannya langsung pura-pura mati.

You May Also Like

50 comments

  1. Cewek maunya dimengerti doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI gak cuma mau dimengerti doang sih sebenernya
      hihihi :D
      bukan cewe kalo gak banyak maunya :D

      Delete
  2. Ahahahaha kalo ga mau ngertiin cewek, ngertiin cowok aja. Lebih gampang toh? Kwkwkw. OIa ini setannya kok bukannya serem tapi lucu ya ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wejangan langsung dari ceweknya

      yaa padahal ceritanya udah di serem-seremin, masih aja engga takut

      Delete
  3. Sumpah gue ngakak pas bagian ini "Jengglot penemu reaktor nuklir berbahan dasar air sisa masak Indomie" Gilaa pecah banget lu bang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas ketawanya :D
      meskipun ini cerita horor ya, masih aja bisa ketawa

      Delete
  4. kok gue baru tau ya Sasha Grey main film di Indonesia, goyang pinggul pula .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film tahun 2011, ketinggalan jaman lau

      Delete
  5. Cewek-ceweknya hot banget.. Wakakakakkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo engga hot gak ada yang nonton haha

      Delete
    2. Ooo gitu.. Seharusnya yang main tuh cabe-cabean.. :D

      Delete
  6. Ah, gue kudet di perfilman indonesia sih, jadi enggak tau sama film ini :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue aja baru tau kemaren-kemaren bro

      Delete
  7. "Pocong ini setan, bukan sejenis mobil yang sabunannya pake mesin di Car Wash."

    hahahahah otak lo beneran gesrek ya bang? hahahahha

    Kayaknya disini setan cuma dijadiin modus aja deh. Ujung-ujungnya curhat juga. Hahahaha
    Kasian si bro setan. Udah setan, dimodusin pula. Kalo gitu mending mati aja deh daripada jadi setan. (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otak gue bukan gesrek, tapi melenceng beberapa drajat.

      ih padahal ngomongin yang serem serem, masih aja di tuduh modus huuh haha

      Delete
  8. Beberapa jokes ada yang gue kenal nih, Don. Hahaha, Radit banget.
    Kereen, bisa dibikin kreatif lagi sama elunya. Gue jadi dapet pelajaran komedi lagi kan. :D
    Oke, yang Gendruwo IPK itu bangkek, gue ketawa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang influence para penulis komedi pasti radit haha.
      Aah gue aja masih perlu banyak belajar ini
      Makasih ketawanya haha

      Delete
  9. hantunya serem :v

    Kak dapat award nih dari blogku, coba check sini http://www.bahrul.com/2015/01/liebster-award.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, akhirnya cerita ini dibilang serem.

      Duh dapet lagi

      Delete
  10. Hahaha, pocongnya berenang, iya berenang, kan bisa mandi + goyang pinggul.
    Judul aneh, malah kasihan setannya.
    Setan pura-pura mati? Tidur, kalee. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana pocong bisa berenang, gimana?? Dia engga bisa gunain tangan dia buat renang, kecuali dia punya sirip di punggung.

      Delete
  11. hahaha. kocak. setan aja kalah serem sama cewek ya.
    keren ah gaya komedi lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek itu makhluk tuhan paling horor
      wah makasih yaa

      Delete
  12. HAHAHAH! senyum gue bro! :))
    emang jahat yang bikin pocong mandi ini. tapi, film horror indo memang terlalu banyak unsur buka-bukaannya. pusing, mau tegang di suasananya atau tegang di........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah aku di senyumin cowok

      tegang dimana hayoo

      Delete
  13. Wah gue juga pernah bahas tentang pertanyaan 'aku gendut ya?' di blog. :))
    hahaha pocong kuliah di harvard. Apa pula itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gendut ya itu isu paling penting dudunia perpacaran ya hah

      Pocongnya pinter

      Delete
  14. Anjiir. Apa pula setannya pura-pura mati??

    ReplyDelete
  15. Huahahha anjirrr itu setannya pura-pura mati. Kompor mbledug banget dah hahaa kocak

    ReplyDelete
  16. Itu kenapa wewe gombel jadi kayak ngirim email. -_-

    Eh, kalo pocong meninggal. Kira-kira, dia bakalan gentayangan, gak ya?

    Ya TUHAN. Kalo 123 Kuwintal, lu bukan mau nutupin, tapi lu mau ngebacok perasaan tu cewek. Lu pacaran sama weww gombel, berat amat?

    Jokenya pada kamfret semua. Gue kapan, ya. Bisa nulis beginian. (Serem, gak?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang juga bisa kok asal ada niat mah

      Delete
  17. Bingung nih mau komen apaan, gak paham sama dunia hantu soalnya nggak diajarin di sekolah

    Iya sih bingung pocong mandinya gimana ya, terus sabunan dan keramasnya gimana. Tapi kayaknya walau mandi tapi bajunya itu-itu mulu akan keliatan dekil

    Kuntilanak kesurupan, kesurupan apa? hantu kok kesurupan

    ReplyDelete
  18. absurd banget tulisannya, bikin gue pusing, tapi yang jelas jangan bohong sih, meskipun cewek gendut, bilang aja sejujurnya, tapi dengan bahasa yang lebih halus, "Kamu kurangin makannya ya? Enggak enak diliatin banyak orang?" "Apa!!!" "Cuma becanda, hehe.." Kok gue bisa buat kayak gini ya, entahlah, mungkin kebanyakan nonton sinetron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang cewek pengen kita jawab boong supaya nyenengin hatinya

      Delete
  19. Mas aldi, ini tulisannya ga absurd. Tapi keren dan sistematis. Penulis membuat penutup dengan cwek yg jadi pembhasan di tengah2 artikel. "Aku gemdutan ga sih" dan setannya pura2 mati. Hahaha ini kocak bnget.
    Seandainya ga ada pnutup itu mungkin tulisannya bakalan berkesan bertele-tele. Ini bahas setan ato bahas cewek. Tapi pnulis berhasil mnghubungkan semua substansi tulisan jadi kesatuan utuh.

    Hahahaha analisis asal-asalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah perfect! cuma lu yang ngerti banget maksud dari tulisan gue hehe tepuk tangaaan!

      Delete
  20. Haduh, nama filmnya emang bikin setan kita geleng-geleng kepala (bagi yang punya kelapa eh kepala ya), masa ia kayak lu bilang setan mandi, jalan aja mesti loncat-loncat, gimana mau mandi xD.

    Selain itu, yang kesurupan itu juga gila, masa yang biasanya bikin kesurupan malah kesurupan, kan enggak etis, jeruk makan jeruk dong :3

    Tapi, tips lu yang terakhirnya kayaknya bisa dicoba buat nanti kalau ada yang kesurupan :P

    ReplyDelete
  21. anu... begini, setelah baca ini, saya menyimpulkan bahwa kamu banyak riset dan senang dengan hal-hal bernafaskan komedi. asyik bacanya. tapi kamu bisa lebih keren kalau mengeksplore materi-materi komedi ini menjadi milik kamu sendiri yang khas. Hehehe. Tapi setelah saya cek lagi, ini tulisan lama ternyata. Dan saya menemukan tulisan kamu akhir-akhir ini udah keren dan punya ciri khas.

    ReplyDelete
  22. oh ya, penggabungan dua premis berbeda jadi bit di ending itu cerdas. :D

    ReplyDelete
  23. Satu kata yangmainstream yang udah diucapin sama komentar-komentar diatas mau gue ucapin lagi, "KOCAKK!! :D

    Gue suka banget sama tulisan lu ini bang. Gue berasa kayak lagi baca naskah stand up comedy. Gue suka banget sama jokes-jokes tentang mahasiswa(walaupun gue bukan mahasiswa) sama jokes yang ngomongin cewek. Ya, walaupun kalo ngomongin cewek itu udah kental sama personanya Radit. Tapi, lu modif itu dan jadi tambah keren bang! Kompor gas!!

    Oh, iya yang di ending yg tentang cewek ngebisikin setan, "sekarang aku gendutan nggak sih?" itu namanya call back bukan sih bang? Gue harus banyak belajar nih sama lu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul Call back kalo di dunia stand up, tapi ga tau namanya apa kalo di dunia penulisan. Selain call back, ditulisan itu gue pake teknik Rules of three juga

      Delete
  24. Bang lo pasti abis ikutan dunia lain nih.. Iya kan ? iya lah pasti deh. Ayo ngaku!! hahaha..

    Ayo gak usah bohong lagi deh. kalau bohong nanti aku kasih yang lebih horror lagi loh.. Gamau kan?

    Kayanya menghayati banget ceritanya. Atau jangan-jangan kamu yang meranin setannya yah bang? Ah aku mulai ngaco gini...

    bang aku gak gendutan kan ? hahaha

    ReplyDelete