Kepada Orang Yang Belum Lulus Kuliah

by - 14:27

Postingan ini dideikasikan untuk orang-orang yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Dan terinspirasi atau parodi dari puisi yang dibuat oleh Raditya Dika. Bagi yang belum tau, bisa cek di video berikut:



Kepada orang yang belum lulus kuliah. Persilahkan dirimu bersedih. Para orang punya pandangan aneh terhadap mahasiswa yang belum lulus kuliah. Seakan-akan belum lulus kuliah adalah hal yang tabu, seakan akan kamu harus cepat-cepat wisuda, segera mencari pekerjaan diluar sana. Tapi tidak! Seperti hujan di tepi senja, kamu harus membiarkan setiap proses yang ada.

Setiap kematian butuh peratapan, begitupun dengan perkuliahan yang menyakitkan. Maka lakukanlah apa yang orang belum lulus kuliah lakukan. Pergi ke perpus mencari buku yang belum pernah kamu baca, duduk ditaman ditemani tugas-tugas akhir, makan dikantin bersama orang-orang yang asing bagi kamu. Pesan satu teh karena kopi mungkin terlalu pahit untuk diminum saat ini. Menangislah seakan ini adalah proses terakhir yang kamu lakukan dikampus. Menangislah seakan kamu lupa caranya berharap.

Kepada orang yang belum lulus kuliah. Setelah kamu bosan dimarahi dosen pembimbing. Ini lah saatnya kamu mengangkat dirimu kembali. Mulai dengan hal yang mudah. Kamu bisa mulai mencoba mengambil laptop dan mengetik beberapa paragraf, ambil secangkir susu sambil mendengarkan alunan musik yang bisa memacu semangat mu. Lalu diantara alunan musik yang kamu dengar dan dihadapan laptop yang kamu tatap, bisikan kepada dirimu sendiri. “Aku pantas untuk menjadi sarjana”.

Kepada orang yang belum lulus kuliah. Selalu ada teman untuk menemani kamu. Pergilah bertemu teman mu. Tertawalah sampai lupa waktu. Tanyakan tentang kesulitan-kesulitan mengerjakan skripsi. Sampai kamu yakin kamu bisa menyelesaikannya.

Teman yang belum tau mungkin akan menghampiri kamu dan bertanya “Kapan lulus?”, yang kamu balas dengan senyum tipis, entah bagaimana menjawabnya. Tapi percayalah satu hal, semua ini akan berlalu. Sama seperti hal lain di dunia ini, semua hal buruk pasti akan beranjak pergi, hujan pasti akan terganti langit biru, gelap pasti terganti terang dan luka pasti terganti dengan senyuman tipis dibibirmu.

Kepada orang yang belum lulus kuliah, bersabarlah. Karena disetiap gelap ada cahaya kecil, karena disetiap sakit ada pembelajaran, karena kamu pantas untuk menjadi Sarjana.

***

Kalo ada yang minat, boleh loh puisi ini dibuat versi audio dan visualnya :) 


You May Also Like

36 comments

  1. Karena setelah lulus, ada pertanyaan selanjutnya, yaitu UDA KERJA DI MANA? yang kemudian diiringi pertanyaan KAPAN KAWIN? :'D

    Tenang aja. Selagi terus berusaha en berjuang, aku yakin segalanya akan indah pada waktu wisuda. :3

    Beby,
    Fresh graduated setelah 5.5 taun kuliah.

    ReplyDelete
  2. keren sih, kata-katanya diganti dengan baik sekali. Kayaknya bisa sih saya buat versi audio sama visualnya, tapi nanti saya takutnya banyak yang nonton, nanti video Raditya Dika kalah viewersnya, hehe... #mimpi

    ReplyDelete
  3. Kreatif kreatif . .
    Gue baca post lu . . sambil mbayangin video yang dibuat sama Radit . . Tapi versi orang yang sering ditolak sama pembimbing skripsi . . :D
    Kenapa nggak lu aja yang bikin versi videonya . .??

    ReplyDelete
  4. Untuk puisi yang dibuat radit itu gue udah pernah liat. Tapi, ngeliat puisi itu dibikinin parodi sama lu tentang mahasiswa yang belum lulus kuliah, gue jadi ngebayangin jadi gimana ya puisi ini kalo divideoin. Apa nanti nggak usah pake efek animasi. Tapi pake mahasiswa yang mukanya tua buat jadi model video dari puisi ini wkwk :D

    ReplyDelete
  5. Kepada orang yang belum lulus kuliah, tolong dibaca postingan ini :3

    Haduh, jleb amet ya parodinya, gak bisa bayangin dah gimana videonya, gimana kalau elu aja yang bikin videonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gue mah tampang bahagia, gak pantes ama puisinya haha

      Delete
  6. Shaduh banget nih puisinya, gue yang belum kuliah aja,bener ngenbayangin bagaimana tar kalau udah kuliah nanti, dan ada diposisi yang kaya gini.

    kayanya kalau dibuat vidoenya kaya punya bang radit bagus juga tuh. gue tunggu deh kalau ada videonya kabarin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menikmati dunia perkuliahan yaa nanti

      Delete
  7. Kepada Sarjana yang sudah lulus Kuliah. Bersedihlah kalau kamu memang belum bekerja. Bersedihlah saat kau kesulitan mencari pekerjaan. Jadilah orang yang hebat. Jadilah Sarjana yang bisa membuka perusahaan sendiri.

    Kepada yang sudah kuliah nkmati dan baca nih baca nih postingan. Semua momen - momen yang belum terjadi pasti akan terjadi. Yang belum skripsi bersiaplah. persiapkan mental dan tenagamu.
    hahaha. Opo to iki.

    keren puisinya bang. boleh nih dibikin audio visualnya. :D

    ReplyDelete
  8. Tjakep men!
    Kepada mahasiswa abadi, tersenyumlah kamu seakan-akan kamu tak bisa tersenyum lagi.
    Jangan sesali kehidupan sesatmu, hanya tuhan dan dosenlah yang tahu.
    Oh... mahasiswa abadi, kapanlah engkau tamat dari kuliah.
    Kasian emak dan ayah yang udah menantimu dengan toga dikemudian hari.

    Gimana. cocok gak dijadiin puisi yang judulnya "Mahasiswa abadi" ?
    HAHAHAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga MAHASISWA ABADI. Serem banget kata katanya haha

      Delete
  9. Doniiiii~ aku suka banget sama ini, ahahaha
    Semangat yak ngerjain skripsinya, aku masih nyendat di bab 3, haha. hari selasa baru aku lanjut insyaAllah. duh, tawaran kalimat paling bawah, nggak bikin aku pengen bikin audio visualnya, tapi komiknya. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru bab daftar ini, udah nyerah haha
      Semangat skripsiannya

      Delete
  10. Intinya nda usa berkecil hati
    lulus itu semua ada jadwalnya

    Btw ap kbr pa firdaus?

    ReplyDelete
  11. Intinya mah setiap orang pantas untuk jadi sarjana :)

    ReplyDelete
  12. Keren don!! Video raditnya keren dan puisi atau postingan lo jga ga kalah kerennn..menggeser makna abis putus cinta dengan cpet cpet pingin sarjana. hampir sama tapi nggak maksa, bahasanya alus dan bermakna..behehehe..kayaknya gue bru sekali ini liat header mas mas ga pake baju nongkrong di keyboard. Mungkin ini kunjungan pertama gue. salam kenal don!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, salam kenal juga. Selamat bersenang-senang di blog saya ;)

      Delete
  13. Wkwkwk anjas. Kreatif lu don....

    Mahasiswa abadi. Duduklah di kantin kampus. Pesanlah minuman yang bisa membuat semangatmu terpacu untuk menyelesaikan skripsi.

    Jangan tatap mereka, gerombolan anak mahasiswa baru yang belum tahu pedihnya skripsi dicoret oleh pembimbing. Hiraukan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (GEROMBOLAN ANAK MAHASISWA BARU) Seakan akan mereka biri-biri disebut segerombolan haha

      Delete
  14. Dilema anak kuliahan. Gue belom kuliah, yes!

    Btw, gue baru aktif nge-blog lagi. Ternyata lo udah ganti header blog hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu gambar gue 23948 tahun lagi

      Delete
  15. Kepada yang belum lulus kuliah, LULUSLAH. DAN DAPET KERJA. NIKAH. MATI. TAMAT.

    ReplyDelete
  16. Keren Bang Dijeeeh~
    Nggak nyangka bisa bikin kalimat begitu. :p
    Huahahaha. Bagus-bagus. Semoga ada yang bersedia bikin audio dan visualnya. :)

    ReplyDelete
  17. Duh, pas banget nih. Gue lagi ngerjain skripsi.
    Sebenernya postingan ini membangkitkan semangat biar cepet lulus. Tapi kenapa yang bikin cowok...

    ReplyDelete