Yang Harus Kamu Tau Tentang Bogor

by - 23:29

Menurut beberapa jurnal yang gue baca, sekarang Bogor menjadi salah satu tempat favorit untuk berurbanisasi. Banyak warga-warga daerah yang dateng ke Bogor dengan berbagai alasan seperti mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan, ketemuan ama pacarnya (Cie yang LDRan ama orang Bogor)

Data terakhir, kurang lebih ada 21 ribu pendatang yang tinggal di kabupaten Bogor. Kebayangkan, sekarang sumpeknya Bogor udah kaya antrian penonton One Direction di GBK. Sebagai orang Bogor yang baiknya udah tingkat Mbak Hana sabar aja dijahatin Mas Bram, gue akan memberikan pengetahuan kepada kamu yang pengen dateng ke Bogor tentang hal-hal apa aja yang harus kamu tau tentang kota gue tercinta ini:


Kebun raya bogor
Ini adalah landmarknya kota Bogor. Ketika Paris punya Menara Eiffel, London punya Bigben, Roma punya Collosium, maka Bogor punya Kebun Raya. Kebun Raya Bogor (KRB) adalah kebun terbesar se-Asia tenggara. Selayaknya kebun pada umumnya, isi kebun raya ini didominasi oleh pepohonan. Tapi gue sempet heran sama sekolah sekolah yang study tour ke KRB, padahal kan isinya cuma pohon. Apa didaerah mereka gak ada pohon atau mereka gak tau apa itu pohon
“Bapak guru, itu apa?”
“Orang Bogor menyebutnya pohon, nak. Kalo Yang warna hijau namanya daun”
 
Yang tinggi itu namanya pohon yaa

Angkot keren
Kalo kamu naik angkot, dalamnya ada TV, Kacanya dipake gorden, ada botol Jacks Daniel diatas dashboard supir dan tertempel stiker stiker komunitas, selamat kamu sudah ada di Bogor. Saking kerennya, angkot di Bogor engga cuma dipake nyari penumpang, biasanya waktu tengah malem angkot angkot keren ini pada ngumpul di balai binarum, ngapain? Adu nge-drift! Ya NGE-DRIFT! Para supir angkot seolah kesurupan Sean Boswell di film Tokyo Drift. Nanti jangan heran kalo kamu lagi naik angkot di Bogor akan serasa disupirin Dominic Torreto.
 
Kosan kamu aja kalah



Ngasih makan rusa
Di depan Istana Bogor, ada sebuah halaman luas yang diisi oleh binatang Rusa. Setiap gue lewat situ, gue sering memperhatikan hal menarik yaitu dimana orang-orang ngasih makan rusa tersebut melalui celah pager Istana. Engga aneh emang, tapi yang bikin gue apaan-sih-ini adalah mereka harus beli makanan rusanya dulu di amang amang yang ada dideket rusanya. Dan biasanya didaerah situ juga suka banyak pengemis. Kan mending uangnya dipake sedekah dibanding ngasi makan rusa. Toh Rusanya juga udah dikasih makan sama pihak istana.





Bendungan katulampa
Ini adalah tempat favorit untuk dijadikan kambing hitam ketika Jakarta banjir. Kayaknya semua orang Jakarta bakal nyalahin bendungan katulampa, “Banjir gede, pasti gara gara bendungan katulampa dibuka” “Jakarta macet, pasti gara-gara bendungan katulampa” “Kamu sekarang cuek, pasti gara-gara bendungan katulampa”. Tapi sayang meskipun terkenal, banyak orang Bogor yang gak tau dimana letak bendungan katulampa. Padahal kalo jeli, pemerintah bisa menjadikan Bendungan Katulampa sebagai tempat wisata. Kapan lagi bisa ngerasain suasana di Niagara Falls versi air susu bendera cokelat.


Tawuran
Anak-anak di Bogor juga hobi tawuran. Biasanya tawuran dilaksanakan kalo ada event olah raga, misalnya event basket DBL. Apalagi kalo udah pertandingan SMA 7 lawan SMA 6, kemungkinan beres main bakal ada tawuran diluar GOR. Karena gue juga dulu sekolah di SMA 7, maka kehidupan gue gak terlepas dari namanya tawuran. Meskipun waktu itu tugas gue cuma bantu doa bareng rohis sekolah agar anak-anak yang berjihad melawan SMA 6 diberikan keselamatan. Tapi sekarang udah jarang ada tawuran tawuran lagi. Bisa jadi karena semakin maraknya teknologi, tawurannya pindah lewat COC.

Tawruan yang berasal dari sini

Toko terang
Toko paling terkenal seantero Bogor ketika jamannya main Tamiya. Semua yang berhubungan sama Tamiya bakal ada di Toko ini. Masa dimana colokan dipake buat ngecas batre Alkaline dari pada batre smartphone
Surganya pecinta tamiya

Jambu dua
Ini bukanlah buah biasa, melaikan ini adalah sebuah mall. Mirip mirip glodok versi orang Bogornya lah. Mau beli barang-barang elektronik murah dan berkualitas, sangat dianjurkan untuk datang kesini.

Nyari gebetan
Bagi kamu yang dateng ke Bogor Cuma buat nyari jodoh, gue akan merekomendasikan beberapa tempat yang dijadikan sarang ngumpulnya orang orang kece Bogor

1) Botani Squere. Satu satunya Mall yang bisa dibanggakan oleh orang Bogor. Tapi jangan sekali-kali untuk menyingkat nama mall ini seperti Cilandak Town Squere jadi Citos, Depok Tows Squere jadi detos, maka Botani Squere jadi....Boker. “kemana Bro?” “Ke Boker” Ga asik. Tapi disini lah tempatnya cewek-cewek g4ulz Bogor belanja

2) Taman Kencana. Belakangan tempat ini jadi pusat wisata kuliner, banyak berbagai jenis makanan dijual disini. Ibarat ada gula ada semut, ada makanan maka akan banyak orang. Makanya Taman kencana atau orang Bogor nyebutnya Taken menjadi tempat tongkrongan ter-asik seantero Bogor. Kalo mau nyari cewek cantik disini, kamu jalan merem terus nabrak aja pasti nemu cewek cantik. 

3) Rumah gue. Buat cewek-cewek luar Bogor yang ingin mencari gebetan, sangat dianjurkan untuk datang ke tempat ini.

Jadi kamu udah tau kan hal-hal yang ada di Bogor, yuk #VisitBogor2015





You May Also Like

49 comments

  1. Hahaha, itu air terjun susu cokelat, tae benerrr!
    Nggg, Boker. Bener juga, kagak enak amat kalo disingkat. Gue baru sekali doang ke Boker, itu juga karena kopdar sama anak Jamban Blogger se-Jabodetabek. Kalo nggak, ya kagak pernah.

    Oiya, Don, mitos yang KBR kalo ngajak pacar bakalan putus, itu beneran nggak, sih? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih, kalo lu masuk KBR sambil bawa selingkuhan mah pasti bakal putus

      Delete
  2. Aku belom pernah ke Bogor.. Kasian. :(

    Angkotnya sebelas dua belas sama yang di Padang.. Bedanya, ada tambahan botol Jack'D di mana-mana.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main lah, banyak yang asik asik disini

      Oh padang juga agkotnya keren-keren ya

      Delete
    2. In Shaa Allah.. Pengen ke Puncak euy! :P

      Yap. Begitu lah..

      Delete
  3. Bener tuh di bagian ketemuan sama pacar di Bogor karena LDR-an, haha.

    Itu angkotnya dimana yg kayak gitu? Kemarin gue ke sana. Naik angkot dari stasiun ke Kebun Raya tapi angkotnya biasa aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee pacarnya anak Bogor

      Biasanya angkot Cisarua yang deket puncak bang Renggo.

      Delete
  4. Haseek nih Bogor. The City of Angel, kalo kata pacar gue mah. -_-

    Tapi emang ngangenin sih nih kota. Gue ga ngapel 2 minggu aja udah berasa kayak 14 hari.

    ReplyDelete
  5. Aaa~ Bogor! Lihat foto Kebun Raya adem bgt. Yg ijo2 emang selalu bikin adem. Sayangnya nggak ada review tentang talaga warna puncak Bogor. Request boleh ya?? kapan-kapan2 bikin ulasan tentang Talaga Warna ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh telaga warna....itu semacam telaga yang berwarna gitu

      Delete
  6. Wahahaha gue baru tau ada angkot begituan disana. Kadang sedih ya ngeliat angkot lebih keren dari kehidupan percintaan gue #guengomongapaan

    Cari gebetan ke rumah lo itu rumah lo jadi markas cewe cewe seksi gitu atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sorry gue salah nulis, maksudnya cewek cari gebetan ke rumah lo, maklum gue bw sambil analisis jurnal nasional :D

      Delete
    2. Somboooong

      Iya tuh kalo ada cewek yang mau ke bogor, mampir aja dulu ke rumah gue

      Delete
  7. Melalui postingan ini gue mengenal bogor lebih jauh. Gue tau bogor lebih dalam. Kayaknya Bogor cocok deh sama gue. Fix, gue mau ngajak Bogor ta'aruf. *abaikan..

    Tentang angkot Bogor gue udah sedikit mengetahui dari materi stand upnya dzawin kalo nggak salah. Tau dzawin nggak lu bro? Itu lho, komika asal Bogor. Tapi, gue nggak tau kalo angkotnya sebagus itu. Fuck, keren banget! Beda banget sama angkot di kota gue, Bekasi. Udah kotor, bau ketek supirnya, sempit, beda banget pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bogor udah punya gue. Pergi sana jauh jauh wahai kamu makhluk dari planet namec

      Oh Dzawin, tau lah. selain Dzawin masih banyak kok komika keren Bogor kaya Jui, dede kendor, Bakriyadi haha

      Tapi keren kok angkot di bekasi, rutenya antar planet gitu ya

      Delete
  8. Salam kenal ya..

    Yang aku tau dari Bogor itu istana tempat presiden tinggal, sama angkotnya. Eh di Bogor angkotnya keren-keren ya ada tvnya, bangkunya juga empuk nggak kayak angkot disini. Ngomongin study tour mungkin pohon dan daun di tempat mereka beda dari yg ada di bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya baru kali ini nih Presiden tinggal di istana Bogor

      Iya sih bagi orang Bogor, KRB udah gak aneh,. malah jadi aneh kalo ada yang jauh jauh cuma dateng ke KRB hehe

      Delete
  9. Dan yang aku pikirkan sama, orang-orang luar kota Bogor yang datang ke KRB cuma datang buat nonton pohon-pohon yang berjejeran, dikotaku juga ada makhluk hidup yang di sebut 'pohon' -__-

    Sumpah itu angkotnya gahol banget, udah angkotnya gahol, dalemnya gahol, dan supirnya bisa di gaholi. Ngebayangin kalau angkot ini bakal keluar di F&F 8.

    Ngasih makan rusa... Kayaknya ada keasikan tersendiri kalau ngasih makan rusa sendiri daripada ngelihat rusa di kasih makan oleh petugas. Yah semacam kepuasan setelah nonton film sendiri daripada di ceritain temen. *gaknyambung

    Bogor ini keren ternyata, selain banyak anak-anak gahol yang pada tawuran, di masa lalunya ada sebuah tempat berkumpulnya anak-anak pecinta Tamiya, dan lagi, ada bendungan susu coklat bendera, tinggal di kasih es batu balok yang besar, warga Bogor bisa mampir buat melepaskan dahaga di sana.

    Kayaknya mesti jalan-jalan ke Bogor nih, tapi nggak tau kapan bisa kesana, kali aja disana ketemu calon mantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jngan kaget kalo Fast Furious 8 syutingnya di Bogor nanti, Dominic Torettonya nyupir angkot.

      Iya emang sih ada keasikan sendiri, tp gimana ya menurut gue.....aneh aja gitu

      Yoih main lah ke kota hujan ini, disini pawang ujan aja kudu bawa payung kalo pergi kemana mana

      Delete
  10. “Kamu sekarang cuek, pasti gara-gara bendungan katulampa”.

    Apa hubungannya, woy? :D

    Eh, tapi kalau emang dia cuek karena itu, tolong tutup lagi tuh bendungannya.

    Saya pernah ke Bogor. Pas nyari angkot di Baranangsiang, kok gak ada angkot canggih kayak di atas ya? Mungkin saya kurang hoki waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke Cisarua atau cicurug gitu, ada pasti angkot yang kerennya ngalahin kos kosan anak kuliahan

      Delete
  11. Oh Bogor, tidak... gue punya pengalaman buruk yang berujung beruntun ketika gue study tour ke kota ini. Tapi memang patut diacungi jempol bogor adalah tempat yang paling asik dan sejuk untuk dijadikan tempat wisata.

    itu angkot keren banget, tapi ongkosnya tetep standar kan ?

    bendungan katulampa adalah musuh bebuyutannya orang jakarta tuh hahaha

    bro kalau gue ke bogor,ajak gue ke BOKER ya bro, mau cari mojang bogor. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa kali diceritain pengalaman buruknya :p

      Kecuali lu naikin gajah sih ya ongkosnya beda

      Haha iya gara-gara bikin banjir, padahal kalo ga ada bendungan katulampa, bisa banjir tiap hari kali itu Jakarta

      Hahah ayo kita cari sama-sama *Jodoh hunter*

      Delete
  12. jadi ingat astri terus bara, balebak, dll hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gladiator, GWW, Gym, AHN, Lapangan Rektorat.....lah ini mah IPB!

      Delete
    2. Dulu sering ke Jambu 2 ama Boker, tapi lebih seringan ke Jambu dua soalnya boker mihil2

      Delete
  13. Angkotnya super sekali bro, gila bisa buat nobar tuh bro, hahaha
    Di follback yah bro, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang bioskop di Bogor dipindahin ke situ tuh

      Delete
  14. Huwaaaaa itu angkot bener-bener ngalahin kosan akuuuuu. -___-"
    Rasanya jadi pengin begal angkot-angkot di Bogor. :(

    Gilaaaak. Kode keras tuh yang "Nyari gebetan" nomer 3. :)))
    Ngodein siapeee, Kak Dijeh? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, angkot di Bogor kalo di jalan raya di kawal Tank Baja

      Biasa, Pevita Pearce...

      Delete
  15. Bogor keliatannya adem gitu, ya. Maksud gue KRB nya :)

    ReplyDelete
  16. Niagara Falls versi susu coklat... kamperrr... xD

    Eh itu, angkotnya beneran mewah kek gitu, Don? O_o

    ReplyDelete
  17. Emang, sekarang bogor udah sumpek banget. Apalagi kalau sabtu-minggu, gue mendingan tidur di rumah daripada keluar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah gue juga seringnya gitu sih, bukan karena diluar macet, tp karena ga ada pasangan buat diajak main :(

      Delete
  18. wah jadi penge ke bogor apalagi bisa naik angkot Fast Furious gitu.. bahaha...

    bisa nyari gebetan juga ternyata yah :v

    btw lo dpat Liebster Award bang selamat yah dan maaf kalo ngerepotin..

    cek di sini yah http://turyonoari.blogspot.com/2015/04/liebster-award-pertama-gue.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan bogor emang hebat. Siapa dulu dong warganya, GUEE!

      Wah dapet lagi, dibales ga ya wkwk

      Delete
  19. Gue belum pernah ke Bogor nih. Asik juga kayanya.. Ada Air terjun niagara susu coklat XD

    ReplyDelete
  20. Oh bogor begini ya, belum sempet mampir ke bogor -__-

    ReplyDelete
  21. rusanya nggak dikasih makan sama istana, makanya rusanya kurus, eh nggak tahu deng, itu di monas, rusanya sama sekali nggak di kasih makan, kasihan sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di bogor sih dikasih makan kok. Kasian ya rusa di Monas, padahal itu kan dulunya rusa yang ada di Bogor

      Delete
  22. yeayyy Bogor!! Gue juga pernah dong ke trademarknya Bogorr..walopun gue liat pohon sama ijo ijo namanya daun doang tapi gue senang karena pohonnya ada banyak aneka, ada kolamnya, ada patungnya, ada tamannya ada orang pacarannya. macem macem...gue juga pingin deh ke niagara falls ala Bogor. mayan..kalau kurang sehat tinggal ambil segelas susu coklatnya biar sehat selalu..hahahaha

    bagussss!! Aku suka postingan kamuh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat pernah ke Kebun raya *tepuk tangan*

      Iya, dicampur ama pisang goreng juga tuh susu coklatnya

      Oh suka postingannya, kalo orangnya gimana? EH LIAT TUGU MONAS PINDAH KE PADANG

      Delete
  23. Ih, jadi tambah pengen ke bogor nih.
    culik aku ke sana kak :(
    itu bener angkotnya gitu ya? keren banget deh ngalahin angkot disini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Nyiapin mobil jeep*

      Iya, siapa dulu dong supirnya....supir angkot. Ini apa sih ahaha

      Delete