Basa Basi Yang Basi Khas Orang Indonesia

by - 13:58


Keramahan orang Indonesia memang sudah termahsyur kemana-mana. Hal pertama yang terpikirkan oleh bule bule jika kamu sebut nama Indonesia pasti orangnya ramah-ramah. Gimana engga, orang Indonesia ini murah senyum dan gampang akrab sama orang yang gak dikenal. Mungkin ini disebabkan oleh faktor orang-orang Indonesia yang jago banget dalam berbasa basi. Kayaknya kamu engga afdol jadi orang Indonesia kalo engga bisa berbasa basi. Dan berikut ini adalah basa basi khas orang Indonesia yang sebenernua engga penting. Eh namanya juga basa basi, mana ada yang penting sih.

#1 Eh, lagi ngapain?
Kondisi: Kamu ada disuatu tempat, misalnya Kolam berenang. Tiba-tiba entah dari mana ternyata disitu ada temen kamu juga. Kemudian kalian papasan di pinggir kolam renang, secara reflek temen kamu itu nanya “Eh, lagi ngapain?”
Arti Seharusnya: Lagi ngapain disini
Arti sebenarnya: Eh kok lu ada disini. Gue kaget. Mau sok sok gak liat, eh tapi mata kita papasan tadi. Yodah gue nanya gak penting aja deh. Gue juga tau sih lo lagi berenang disini bukan lagi neliti pergerakan planet Merkurius terhadap orbit bumi

#2 Anggap aja rumah sendiri
Kondisi: Kamu diajak main ke rumah teman kamu. Setelah parkirin motor di halaman depan, tiba tiba temen kamu yang punya rumah itu bilang “Anggap aja rumah sendiri”
Arti Seharusnya: Anggep ini rumah lo. Lo mau jungkir balik di ruang tamu, mau bikin gravity di tembok dapur, mau kencing di gelas porselin yang impor dari Cina, bebas. Anggap rumah lo deh.
Arti Sebenarnya: Gue pengen di cap ramah aja sama lo nih. Tapi ya tau diri aje ye, biarpun gue bilang anggep aja rumah sendiri, lo harus sopan di rumah gue.

#3 Mau minum apa nih?
Kondisi: Kamu lagi duduk di ruang tamu. Kemudian temen kamu yang punya rumah datang dan bilang “Mau minum apa nih?”
Arti seharusnya: Wah enak, gue bebas nih mau minum apa aja. Minta Vodka yang impor langsung dari Russia ada?
Arti Sebenarnya: Lo tau diri aja ya, udah dateng ke rumah orang masa minta yang macem-macem. Kalo lo tau diri, minta air putih udah paling maksimal tuh.

#4 Kemana aja, Sombong deh gak pernah ngasih kabar
Kondisi: Suatu hari kamu lagi reuni sama temen SMA. Lagi asik asiknya ngobrol sama gank kamu, tiba tiba dari belakang ada lagi temen lama kamu terus dia bilang “Kemana aja lo, sombong deh gak pernah ngasih kabar”
Arti seharusnya: Ya lo sombong aja gitu gak pernah ngasih kabar ke gue. Padahal dulu kan kita deket banget
Arti Sebenarnya: gue males sih ngehubungin lo duluan, padahal gue punya kok nomer hp lo, Twitter lo, Line lo ama Path lo. Tapi biar ga di judge sombong, ketika gue ketemu lo gue buru buru aja langsung ngejudge lo sombong duluan. Gitu. main cantik kan gue.

#5 Pacar kamu engga marah?
Kondisi: Kamu lagi chat sama temen yang baru kamu kenal didunia maya. Lagi seru-serunya chat tiba-tiba dia nanya “Pacar kamu engga marah?”
Arti seharusnya: Eh kita chat seru gini, apa pacar lo ga marah atau gak cemburu gitu?
Arti Sebenarnya: Lo udah punya pacar belom? Malu kali ah kalo gue nanya to the point gitu. Harga diri gue mau dikemanain.

#6 Langgeng ya, nanti jangan lupa ngundang-ngundang juga
Kondisi: Kamu lagi buka akun path. Ternyata temen deket kamu update status Anniversary sama pacarnya plus pake foto gitu. ya, kamu komentarin dong “Langgeng ya, nanti jangan lupa ngundang-ngundang juga”
Arti Seharusnya: Gue doain langgeng sampe pernikahan
Arti Sebenarnya: Mau gue cuekin update-annya, tapi itu temen gue. Lagian itu kan path, jadi pasti tau siapa aja yang udah liat update-annya. Duh gue bingung, yodah deh gue komentarin “Langgeng ya, nanti jangan lupa ngundang-ngundang juga”. Padahal sih gue males doain lo gitu, ya lo kan masih SMP. Ngapain sih pacar-pacaran. Kalo bukan temen deket, gue laporin juga deh ke Kak Seto.

#7 Makan, makan?
Kondisi: Kamu lagi ngumpul-ngumpul unyu ama gank kuliah kamu. Tiba-tiba ada temen kamu yang ngeluarin makanan dari dalam tasnya. Makanannya enak lagi. Lalu dia bilang “Makan, makan?”
Arti Seharusnya: Nih gue tawarin makanan enak, pasti mau kan lo. Secara tiap hari Cuma makan indomie di kosan
Arti Sebenarnya: Gue laper banget. Tapi karena lagi ngumpul gini, gak enak kalo ga nawarin. Eits tapi lo ngerti kan pertanyaan formalitas? Kalo ngerti, gue mau makan dulu yaa. Nyamnyamnyam.


Itu adalah beberapa kalimat basa basi khas Orang Indonesia, kamu punya kalimat basa basi lain? 


You May Also Like

41 comments

  1. Haha.... org indonesia emang paling jago dah basa - basi. Dan satu lagi bro... org indonesia itu juga paling jago ngeles... mungkin dah bawaan dari lahir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia ngeles mulu kaya anak sekolahan

      Delete
  2. hahaha basa basinya orang indonesia gitu-gitu aja ya gak ada yang baru apa :D

    ReplyDelete
  3. wkwk, absurd tulisannya, orang Indonesia emang paling jago basa-basi, tapi gue nggak terlalu jago basa-basi. Mau kemana? Itu juga bisa, terus Lagi ngapain? Atau Gimana kabarnya? Udah makan belom? Makan aja yang banyak? Dan masih banyak lagi. Orang Indonesia jago ngeles juga, bisa dibilang gue jago kalo soal ngeles, masalahnya gue punya seribu satu alasan buat ngeles :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeles, kaya yang dibengkel bengkel gitu yaa

      Delete
  4. hahahahahaa... iya bener semu itu ya? Tapi itu kdang2 sih, ada juga kalanya ngomon begitu bukan basa basi heehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tergantung kondisinya juga kan

      Delete
  5. bener banget nih gan, basa-basi yang ada di Indonesia yang sering banget ane denger.

    yg nomor 7 biasanya ane jawab..."Sisain aja lauknya...nasinya makan aja."
    :v

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Wahaha ini juga nih basa basi banget

      Delete
  7. Asyik nih postingannya. Kocak, Jeh. Tema basa-basi bisa dibikin lucu begini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kalo lucu gini suka takut di copas dagelan :(

      Delete
  8. Hahaha, emang deh orang Indonesia itu paling suka basa-basi, dan teknik basa-basi ini menurut gue paling sering dipraktekkin pas lagi ngutang, tepatnya bagi orang yang mau ngutang. Gue yakin awalnya orang yang mau utang itu adalah orang yang jarang ke rumah, sekalinya ke rumah ramah banget, nanyain kabar segala macam, basa-basi lah pokoknya, dan setelah setengah jam atau bahkan sejam begitu, akhirnya dia baru bilang mau ngutang. Nah, di sini mulai ketahuan dah belangnya, dia kagak ramah lagi, mulai maksa-maksa, apalagi kalau kagak dikasih, bisa-bisa nyumpah tu orang :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penglaman kalo lu ngutang gitu ya haha

      Delete
  9. Haha paling males kalo gak ada angin gak ada kentut tahu tahu ada yang ngomong nomor 4. Biasanya gue jawab: "Lah lo kan juga gak pernah ngabarin, kenapa gue doang yang sombong?" -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tiba tiba nuduh orang sombong duluan gitu

      Delete
  10. Yang paling sering gue alamin mah yang terakhir. Saat lagi rame-rame nongkrong di kantin, tiba-tiba temen gue ada yang mesen ketoprak. Saat dia mau makan di sendokan pertama, dia bilang, "Makan bro makan!" Langsung aja gue jawab, "Kebetulan gue belum sarapan. Gue bagi yaa.." Eh, gue malah dikatain, "Kalo laper ya beli kampret! Dasar miskin!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kampret basa basi kaya gitu haha

      Delete
  11. orang indoenisa emang jago banget berbasa-basi, dan kayanya untuk mengecek kita orang indonesia bukan, berbasa-basi perlu di masukin ke ujian nasional deh. :D

    basa-basi "pacar kamu gak marah ?" emang bener-banget tuh, juga sering ngelakuin ini kalu baru deket sama cewe, sekaligus ngecek dia udah punya pacar apa belum. hehehe

    ReplyDelete
  12. ada lagi bang satu " Kapan Nysusl?" hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah basa basi Pedrosa ama Rossi ya haha

      Delete
  13. Suwer, deh. Lahir batin gue kenak pas baca tulisan menyesatkan ini. :D

    Soalnya, gue jarang banget basa-basi. Seringnya tiba-tiba udah basi aja.

    Buat gue, terlalu muter-muter, kadang buat orang bertanya-tanya dan pada akhirnya dia bosen ngeliat ocehan kita yang udah ngalor ngidul banget.

    Kalo udah pengen cerita. Gue langsung bilang aja : "Jadi gini. Sekarang kita harus gimana? Ketimbang kek gini "Eh, menurut lu, kalo gini gimana, ya. Atau lu deh, yg ngasi pendapat. Gimana kalo kita gini. Eh, lu ajalah. Gue nurut aja."

    Gue mah, gitu orangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik pangeran wortel anaknya to the point, padahl di blognya pasti diawali ama paragraf basa basi wkwkw

      Delete
  14. Pernah beberapa kali ditanyain yang poin ke-5. Tapi ya atuhlah, aku kan gak punya pacar yang bakalan marah. Jadi aku bilang aja gini: "Ada sih yang marah, Bapak-ku :)."

    ReplyDelete
  15. "Sendirian aja? Eh kok pacarnya nggak ikut?"

    Faaakkk... Yang jomblo mah tahan hati aja ditanyain gini.

    "Makin cantik/ganteng aja lo"

    Dan basa basi lainnya....
    Indonesia memang orang yg ramah dan suka basa basi. Makanya indonesia orangnya lebih suka ngomong daripada lebih suka bekerja. Haks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaha gue sering tuh ditanyain gitu. tp itu mah bukan basa basi tapi ngata ngatain secara halus

      Delete
  16. Udah lama nggak ketemuan, eh pas kebetulan ketemu kebetulan juga lagi pake baju bagus. Langsung dibilang "Wuih sukses lo ya sekarang". Padahal yaelah baju doang hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya padahal kebetulan aja bajunya lagi rapi

      Delete
  17. haha bener banget nih tulisan. pengalaman ya? hayo ngaku? hihi aku juga pernah tuh, yg makan trutama, hahaha. bukannya pelit, tp klo lagi laper emang bawaanya pengen dimakan sendiri. tapi Alhamdulillah sih, udah belajar banyak dari temen2, jadi "berbagi" itu positif bgt. seru juga makan bareng2 ketimbang dimakan sendiri.

    ReplyDelete
  18. Paling sebel sama yang "Sombong deh gak pernah ngasih kabar". Aku sering digituin, sering banget malah. Dan parahnya aku enggak pernah deket sama yang bilang aku sombong itu. Parah banget dia, kadang lama nggak ketemu, pas papasan dia bilang "sombong banget ya sekarang, nggak pernah sms", ya masalahnya yang bilang aku sombong itu mantan wali kelas waktu SMP, ngapain mau sms itu guru -_-

    ReplyDelete
  19. Taaaeee. Bener semua ini. Apalagi yang nawarin makan. Pernah gue iseng, gue ambil semangkok mi instan yang temen gue tawarin. Die malah marah-marah.
    Kalo gitu nggak usah nawarin, ya? Huft. :(

    Kalo lagi ketemu temen di kampus pas semester akhir, yang kayak gini termasuk basa-basi?
    "Eh, skripsi lu udah sampe mana?"

    *kabur*

    ReplyDelete
  20. Sering banget dapet ucapan 'langgeng ya.. jangan lupa ngundang-ngundang' tiap kali aku bikin postingan tentang Febri..

    Sabodo teuing ah. Yang penting punya pacal! Buahahah :D

    ReplyDelete
  21. Ya ampun bener banget tuh. Entah kenapa ya, dari dulu aku paling benci ditanya "Lagi Apa?"
    That is stupid Question. Pertanyaan bodoh. Apalagi kalo dia abis tanya itu, kemudian 10 menit lagi tanya itu lagi...

    Emangnya gue bocah apa? :v

    Tetapi mengenai keramahan-tamahan orang Indonesia itu, bukan cuma sekedar basa-basi loh. Tetapi budaya juga. Misalnya ngopi.
    Kalo ngopi, tiba-tiba kita nimbrung obrolan orang lain sudah biasa. Tetapi beda sama di luar. terutama orang Amerika. Yang rasa tingkat individualistisnya tinggi.

    Kita beruntung loh~
    Setidaknya kalo kita berada di daerah baru, dengan orang-orang yang baru terus kita senyum ke orang, pasti di balas senyum juga. Coba praktekin di Amerika. mungkin dikira orang gila. :v

    ReplyDelete
  22. Nomor 4 sering gue alami.. Sombong lu, sombong lu. Ah alesannya cem biji :(
    Ilustrasinya ngepas :))

    ReplyDelete
  23. wkwkkkwkw ya bener banget bang dijeh.. kalo difikir2 lucu juga yaa.. basa basi ala org indonesia tuh begitu. xD kalo yg pacar kamu engga marah sama yg anggap aja rumah sendiri itu paling sering nemuin yg kayak gitu xD

    ReplyDelete