Kartun Larva Inspirasi Indonesia

by - 23:17

Menjadi mahasiswa tingkat akhir membuat pola kehidupan gue sedikit berubah. Karena udah gak ada lagi mata kuliah yang diambil, alhasil gue jadi jarang buat pergi ke kampus. Paling ke kampus kalo ada hal-hal penting aja, misal ketemu dosen pembimbing atau ada temen gue yang seminar. Ini berakibat pada kebiasaan bangun pagi. Biasanya gue harus mandi pagi buat berangkat ke kampus, tapi sekarang boro-boro mandi, bangun tidur aja jam 7an. Sungguh gue memang bukan pemuda harapan bangsa. Soekarno pasti menangis di dalam kuburnya.

Kegiatan gue setelah bangun tidur biasanya, Beresin tempat tidur – buka jendela – mandi – sarapan – nonton TV. Maaf gue ralat, Beresin tempat tidur – buka jendela – mandi, kalo gak males. Tapi keseringan malesnya sih. Jadi mandinya diskip aja – sarapan – Nonton tv.

Duo Belatung bego
Dari sekian banyak acara pagi, gue pasti gak akan melewatkan acara favorit gue, Larva (Tayang Senin-jumat jam 08.45 wib di RCTI). Bagi yang belum tau, Larva ini adalah sebuah kartun jenis komedi slapstick tanpa dialog. Mirip-mirip Mr.Bean versi kartunnya gitu deh. Tapi yang gue gak habis pikir, kok kepikiran gitu bikin kartun temanya beginian. Umumnya pangsa pasar dari film kartun kan anak anak kecil yang suka sama hal-hal unyu dan fantasy. Namun kartun larva dengan sekonyong konyong menciptakan belatung goblok sebagai tokoh utamanya.

A: Kira-kira apa yang akan kita buat?
B: Kita buat film kartun!
A: Baik. Bagaimana jalan ceritanya? Apa ada super hero terbang menggunakan awan? Atau Putri kerajaan yang ditindas ibu tirinya? Atau Ada ancaman monster terhadap bumi kemudian sekelompok pemuda muncul untuk menyelamatkan bumi?
B: Tidak! Kita buat kartun dengan tokoh utamanya BELATUNG
A: Apa?
B: BELATUNG. BELATUNG YANG GOBLOK lebih tepatnya
A: .............
B: Terus Setting tempatnya kita bisa buat di SELOKAN.
A: LU GILA!

Sihir apa yang digunakan sang pencipta kartun Larva sehingga gue bela-belain nonton tv pagi hanya untuk melihat 2 belatung goblok lagi berantem di selokan? SIHIR APAA!

Yang jelas gue suka Larva karena ya lucu. Meskipun tergolong komedi slapstick (komedi verbal yang menggunakan fisik), tapi Storyboardnya patut diacungi jempol. Semua benda dan hal-hal gak penting yang ada di selokan bisi dibikin bahan komedi. Tutup botol lah, tetesan air lah, sedotan lah, permen karet lah. Ini kalo koruptor hidup di selokan, bakal dijadiin bahan komedian juga deh. Tapi cocok gak sih koruptor hidup di selokan? Cocok aja kayaknya. Kan sama sama sampah. Sampah negara. Asiik. Pesan moral. Tepuk tangan.

Awalnya pasti banyak yang ngira kalo kartun Larva ini buatan Amerika, soalnya grafiknya bagus dan gaya komedinya khas Amerika banget. Tapi ternyata, kartun Larva ini buatan orang-orang Korea. Lebih tepatnya Tuba Entertainment. Ternyata orang-orang Korea gak Cuma ahli dalam dunia per-boyband-an dan per-drama korea-an doang. Tapi mereka juga mampu membuat kartun berkualitas. Yang goblok tentunya.

Harusnya Indonesia gak kalah sama Korea. Tapi jangankan sama korea, sama Malaysia aja kita kalah telak. Malaysia punya Upin Upin dan Boboboi sebagai kartun andalannya. Setau gue, kartun yang berkualitas di Indonesia baru Adit dan Sopo Jarwo doang yang dulu tayangnya sore sore di MNC. Kalo mau Indonesia mencontoh Korea dalam pembuatan kartun berkualitas. Dan goblok tentunya.

Sama seperti kartun Lavra yang absurd abis, orang Indonesia juga bisa membuat tokoh absurd didalam kartunnya. Misal tokohnya itu Paku. Lalu settingnya di jembatan Suramadu. Kartun itu menceritakan perkumpulan paku paku yang ada di jembatan suramadu. Dan mereka memiliki musuh besar, yaitu tukang besi rongsokan. Dimana tukang besi rongsokan, sangat hobi untuk menculik paku paku dijembatan Suramadu. Untuk melindungi umat paku, maka muncul lah sosok “Hero” dalam melawan Tukang besi rongsokan. Hero itu disebut, PAKUMAN! Tentu di setiap kartun, super hero punya partner seperti Batman Robin dalam menghadapi musuh, maka partner yang cocok untuk PAKUMAN ini adalah PALUMAN! Jadi agar terkesan epic judul kartun ini adalah PAKUMAN AND PALUMAN VS TUKANG BESI RONGSOKAN.

Bisa juga orang Indonesia bikin kartun pahlawan super dari binatang semisal Spiderman atau superman. Mungkin binatang yang cocok untuk dijadikan super hero Indonesia adalah binatang yang Indonesia banget dan ada di setiap rumah rumah orang indonesa, jadi binatang yang cocok adalah KECOAK! Kekuatan super yang akan diberikan dalam diri kecoak ini adalah bisa terbang, jadi kita sebut judul kartunnya KECOAK TERBANG. Tapi judulnya kok gak epic dan gak Indonesia banget ya. Biar lebih Indonesia dan epic, dijudulnya harus dikasih embel embel Indonesianya. Maka judul yang cocok adalah KECOAK TERBANG TAPI TERBANGNYA NAIK GARUDA INDONESIA! Keren! Sekalian promosi juga. HIDUP INDONESIA. INI APAA SIH!

You May Also Like

53 comments

  1. Bahahaha. Jadi pengen nonton juga. Eh, tapi selain Adit dan Sopo Jarwo, ada juga Keluarga Somat. Yang ada Pak RT yang kalau ngomong selalu diawali, "Demi kesejeahteraan bersama..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yang di indosiar itu ya, tapi kan grafiknya kaku banget gitu

      Delete
    2. tapi katanya Keluarga Somat itu udh internasional lho ..
      udh di dubbing ke bahasa inggris

      Delete
  2. emang film larva ini buatan Indonesia yah??

    ReplyDelete
  3. Asli, gue nggak ngerti kartun Larva ini. Keseringan nonton Spongebob sih, jadi ga mau buka hati buat kartun lain.

    Di youtube dulu ada parodi Transformer berjudul "Pada Suatu Ketika" oke juga, tuh. Bikinan Indonesia, kan? Itu apa kabar, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gue tau itu, tp itu mah film pendek gitu

      Delete
  4. Wah baru tahu gue Larva buatan Korea. Hmmm.

    ReplyDelete
  5. Gue juga suka nonton Larva bang. Tapi gue baru tau kalo ternyata larva itu buatan Korea. Gue kira dia buatan Amerika, habisnya grafiknya keren banget sih..

    Itu ide lu tentang Pakuman boleh juga tuh. Gue mau usul dikit, jadi nanti musuhnya adalah Tukang Besi Rongsokan. Dia dimusuhi oleh pakuman dan paluman, karena sering menculik teman-teman mereka. Maka dari itu pakuman dan paluman berniat membunuh Tukang Rongsok itu dengan cara yang sadis. Eh, kenapa genrenya jadi sadis gini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset ini acara buat anak anak, kenapa pake pembunuhan segala haha

      Delete
  6. Korea bisa nyiptain kartun larva, mungkin waktu bikin kartun ini, orang korea lagi demam larva. (Mungkin)

    ReplyDelete
  7. Karena kalo nyiptain kartun superhero dan tema princess udah menstrim bang. Kupikir korea cuma produksi drama doang ternyata produksi kartun juga

    Kartun buatan Indonesia sebenarnya udah bagus sih, harusnya bisa lebih bagus lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dipoles jalan ceritanya biar lebih bagus lagi

      Delete
    2. grafiknya juga harus dibagusin

      Delete
  8. emang larva ini seru abis, gue juga suka nontonya. Ciee yang ada pesan moral :v
    Kalo menurut gue, orang Indonesia pasti bisa buat film yang lebih absurd daripada larva, tuh contohnya yang lu buat, kreatif, paku sama palu, sekalian aja cerita tentang kehidupan absurd seekor ikan, yang berada di kali ciliwung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ending ceritanya, si ikan bakal kbawa hanyut ke jakarta. terus nyari kerjaan disitu deh ya

      Delete
  9. Gue baru tau ada kartun beginian. Kayaknya sih seru ya. Dulu di RCTI ada film fantasy tentang semut yang kolosal gitu juga keren menurut gue. Lupa judulnya apa jhehehe

    ReplyDelete
  10. agak mirip sama Larva ini dulu ada kartun OWL di MNCTV yang seekor burung hantu tapi bego . . agak sadis sih kalo disuguhkan untuk anak2 . ,
    Terus gue demen nonton Happy Tree Friend noh. . sayangnya kok nggak pernah nongol di TV yess . . padahal seru noh kartunnya . . hahaa . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya gue tau tuh, absurd juga ceritanya.

      Gila anak kecil disuruh nonton Happy tree friend haha langsung jadi psikopat

      Delete
  11. Emang dah, kayaknya pangsa komedi emang suka yang komedi slaptick gitu ya, buktinya Larva ini banyak yang suka, apa emang seharusnya kita harus tertawa di atas penderitaan orang lain ya :'). Tapi emang lucu sih Larva ini, gue juga suka xD

    Masalah animasi, sebenarnya kalau orang-orangnya sih Indonesia udah bisa bikin animasi yang grafiknya ajib, contohnya aja, film Animasi Tin Tin itu ada scene yang dibuat oleh orang Indonesia. Dan sekarang, Indonesia sudah mulai bangkit animasinya dengan hadirnya Sopo dan Jarwo, semoga aja kartun ini terus berkembang dan gak berhenti begitu aja. Jangan cuma sinetron dan variety show gak mutu aja yang dibanyakin :P

    Oh iya, itu ada komen Happy Tree Friend, gila, kalau sampai itu tayang di Indonesia, bakal ngamuk dah ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue aja nonton Happy Tree Friend ngilu banget ahaha

      Delete
  12. hahaha usulnya boleh juga tuh kalau indonaesia buat kartun yang judulnya paku atau kecoa,hehehe
    kalau larva belum pernah nonton :((

    ReplyDelete
  13. Hahaha.... kartun larva, kartun go blog macem apa itu, hanya orang yang go blog aja, yang mau nonton kartun ini. hehehe.

    emang sih dari kartun ke go blogkan dua belatung ini bisa bikin ngakak, awalnya gue males juga dan gak punya niatan nonton kartun ini, tapi ketika gue liburan di jogja tepatnya gue numpang tidur di kamar kost temen gue, dan tau sendiri anak kost itu rata-rata gk punya TV, dan ketika itu gue dan ketiga temen gue, lagi kesepian butuh banget hiburan, dan dari pada bengong aja ngebangke di kamar kosan, temen gue menyuguhkan kumpulan video kartun larva dari laptopnya, dan kartun lava ini membuat kita semua berhasil terhibur sampa ngakak guling-gulingan di lantai, dengan aksi ke goblokan dua belatung tentunya. dan semenjak itu juga gue resmi menjadi orang go blog, yang tersisir ngakak menonton kartun larva, yang ge blok tentung. hahaha

    kartun kecoak belo juga tuh, biar gak kalah sama kartun larva yang go blog, settingnya juga harus anti menstrim juga nih, kalau gak di kamar mandi, di tong sampah. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih fans garis keras kartun Larva juga nih. Tos dulu deh. TOOOOS!

      Iya ayo kita buat kartun kecoak yang tinggal di jamban haha

      Delete
  14. bahahahaha, tadi pagi gue juga nonton larva :")
    memanfaatkan libur un SMP nih.
    gimana kalau larva versi iindonesia binatangnnya jadi... tomcat, atau komodo.
    atau siluman tomcat....... larva mah apa atuh. di kasih api sama naga indosiar juga hangus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga tuh tomcat, tp gue belum pernah liat sih tomcat bentuknya kaya gimna

      Delete
  15. emang film tanpa dialog itu justru malah bikin lucu sih, seperti mr bean, chaplin, dsb. tapi untuk film larva ini meskipun gue udah gede, gue masih juga seneng kok nontonnya. yaa, seneng aja lucu-lucu gimanaa gitu. lumayan lahh nonton ini pagi-pagi daripada nonton gosip.

    haha, iyaa jugaa yaa. padahal latar belakannya simpel banget. cuman belatung di selokan yang berantem. kayaknya ide lo yang paku di Suramadu itu boleh juga bro, haha. tapi untuk yang kecoak kayaknya jangan deh, soalnya makhluk tersebut selalu bikin orang lari kalo terbang hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kan antimainstream kalo ada super hero dari kecoak

      Delete
  16. Wakakakaa. Aku juga suka kartun Larvaaaa. Malah aku bisa nari kayak tarian di lagu pembukanya itu tuh. "Larva~ Larva~ Larva~" ._.

    Anjir. Kecoaaak! Wakakka. Boleh tuh jadiin film kartun. Kecoaknya dibikin unyuu. Pake pita-pita atau baju renda-renda gitu. Sip. :3

    ReplyDelete
  17. Keluarga somat di indo juga lumayan jeh... Walaupun nggak alus banget kartunnya... Tapi yaa lumayan :)

    Larva buatannya orang korea swlatan kalau nggak salah. Mungkin saat buat itu hanya iseng jeh karena dia gagal masuk ajang pencarian bakat boyband disono. Jadi gitu...

    Kalau koruptor di selokan? Nggak pas jeh... Ntar selokan jadi mampet terus banjir. Masih terlalu baik jika koruptor diletakkan di selokan. Septictank gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanjir parah banget nih di spitank haha

      Keluarga somat mah kaku banget gambarnya

      Delete
  18. Itu ide PAKUMAN kayaknya bakal laris di pasaran kalo direalisasikan :D

    ReplyDelete
  19. Hahahaha, tae banget emang Larva. XD
    Gue nggak kepikiran buat dijadiin tulisan.

    Ohiya, setiap lu bilang, 'Goblok tentunya' itu gue ngakak. Pecah, Don. :))
    Call back yang kece. :D

    ReplyDelete
  20. Aku jugak sukak ini kartun.
    iya jugasih ntah apa kerennya dua belatung ini, tapi sukses menyihir mataku buat selalu nonton hahaha

    ReplyDelete
  21. Menurut gue komedi yang kreatif itu timbul dari hal-hal yang sederhana dan tidak jauh dari kita..

    ReplyDelete
  22. Hai Dijeh gue biasanya silent reader nih.tapi mau komen ah sekarang,salam kenal :)
    postingan yang ini kocak banget bikin gue ngakak jadi lupa deh sama tugas kantor :)
    apalagi yang pakuman vs paluman wkwkw, kalo soal larva sih udah tau dari lama kalo itu dari Korea tapi idenya out of the box ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo silent reader yang akhirnya mengungkapkan jati dirimu. Salam kenaaaal juga :)

      Makasih udah ketawa, btw kemaren ada yang baca blog gue terus lupa ama tugas kantor terus di pecat gitu ama bosnya. Hati hati yaa

      Delete
  23. Bahahah.. Aku paling sukak nonton Larva.. Biasanya sampek ngakak-ngakak kayak orang gila ._.

    ReplyDelete
  24. aku juga suka kartun itu. Apalagi episode yang belatungnya lagi masuk angin terus ingusnya kemana mana. Itu lucuuuu....iya, coba aja kamu bikin yang versi kecoak terbang..ato biar makin seru bkin kartun kecoak terbang yang dikejar kejar anak kost. Itu pasti seru bangetttt!!!

    ReplyDelete
  25. Selain spongebob dan tom & jerry, larva jadi kartun favorit haha

    ReplyDelete
  26. banyak yang baru tahu larva ini made in korea ya. Padahal mah kartun-kartun yang lagi tayang di tv udah mulai banyak yang buatan korea. apalagi di channel RTV tuh.

    kalau aku sih gak terlalu suka ama larva. meskipun harus di akui kalau ceritanya kadang kadang suka unik juga hehe

    btw kemaren aku liat iklan happy tree friend di tv apa gitu haha

    ReplyDelete
  27. saya suka ni, bikin ngakak....tapi sering ketinggalan nonton.
    selain ini ada juga oscar oasis, shaun the sheep

    kalau indonesia saya sukanya keluarga somat. walau kaku tapi ceritanya good
    menggambarkan keseharian sebuah keluarga dan masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete