Menulis Ala Dijeh

by - 12:20

Nulisnya di Blog dong neng
Belakangan ini gue jadi sangat rajin untuk menulis di blog. Ini mungkin karena satu-satunya pelampiasan ketika gue stuck mengerjakan skripsi adalah nulis di blog. Biasanya bikin tulisan di blog cuma butuh 1-2 jam, tapi waktu yang sama bisa gue pakai untuk mengerjain 2 paragraf di skripsi. Ini sih kalo bikin skripsi kaya nulis di blog, udah beres kali skripsi gue. Kalo perlu skripsi satu kampus gue kerjain juga.

Dan gue juga punya cara sendiri untuk menulis tulisan tulisan gak penting di blog kecintaan umat manusia ini. Berikut adalah tips menulis ala Dijeh Theory:

#1 Matangkan Ide
Ini adalah hal yang paling paling dasar. Kalau engga punya ide, mau nulis apa coba. Kebanyakan ide ide ditulisan di blog ini didapatkan ketika gue lagi naik motor. Entah kenapa, kalau lagi naik motor, imajinasi gue mendadak jadi sangat luas. Jadinya banyak hal hal engga penting yang hinggap diotak. Misal waktu di motor gue dengerin lagu Sugarnya Maroon 5, tiba tiba gue keinget sama video clipnya. Lalu gue gak sengaja liat nikahan orang di Pinggir jalan. Jadilah tiba tiba gue punya gagasan untuk menulis apa jadinya kalo video clip sugar itu dibuat diIndonesia. Selain itu juga, gue  jadi semakin peka terhadap keadaan sekitar. Karena banyak tulisan gue yang berasal dari hasil Observasi keadaan disekitar, contohnya adalah tulisan Tipe tipeorang di Path. Tapi intinya kalo pengen cepet dapat ide nulis, tinggal cari aja apa keresahaan dalam hidup kamu. Ya masa sih selama hidup di dunia, gak punya keresahan.

Udah mateng nih

#2 Mind Mapping
Step selanjutnya ketika gue menulis adalah kembangan ide dengan cara Mind Mapping. Tujuannya sih biar tulisannya gak kemana-mana dan punya tujuan jelas gitu. Contohnya tulisan awas disiningomongin setan. Topik utamanya kan setan, kira kira apa aja sih yang berhubungan ama setan? Mind mappingnya bisa Jenis-jenis setan, mitos tentang setan, film setan di Indonesia, Judul fim setan yang aburd, orang kesurupan setan, kelakuan cewek yang lebih serem dari setan. Setelah mengembangkan cerita, tinggal seberapa pinter gue untuk mengolah sub sub topik tersebut.



#3 Set up – Punchline
Karena tulisan di blog gue tergolong tulisan komedi (eh emang lucu ya?) makanya wajib banget untuk memperhatikan Set up dan Punchline. Ini sih bagian paling susahnya. Gimana bikin cerita yang bisa patah patahin logika pembacanya. Tapi asal sering baca tulisan tulisan komedi atau nonton acara stand up gitu, kamu bakal cepet bisa bikin set up – punchline yang bagus. Oh iya, gue juga sering baca tulisan tulisan orang lain yang kesannya pengen ngelucu banget gitu, menurut gue tulisan komedi bukan tulisan yang berusaha melucu tapi tulisan yang dibuat dari sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan. Kalau udah bisa bikin cerita dari sudut pandang berbeda, insyallah bakal lucu sendiri.


#4 Kasih Ending yang Oke
Untuk menutup cerita dengan manis, gue harus bisa bikin ending yang asik. Karena ending ini penting banget. Kalo kamu pernah nonton Film Hello Ghots, pasti bakal mikir filmya sampah banget. Tapi “sampah” itu bisa dibuat “permata” dengan endingnya yang bener bener keren abis. Kalau untuk tulisan komedi, ending harusnya di isi dengan Super super Punchline. Jadi kalo gue punya punchline yang kayaknya oke banget, biasanya bakal gue taro di ending cerita. Contohnya ada ditulisan Pelajaran dari tukang parkir atau Awas disini ngomongin setan


#5 Baca ulang
Ini adalah finishing touch. Gila aja sih kalau udah bikin tulisan tapi ga dibaca ulang. Ini penting banget untuk ngoreksi ada kesalahan kesalahan penulisan atau kalimat yang gak enak untuk dibaca.


Well itu lah cara gue menghasilkan tulisan tulisan gak penting di blog kesayangan orang khilaf. Terus bagaimana cara menulis ala kamu? Bisa tulis di komen box ya

You May Also Like

38 comments

  1. Tipsnya sangat bermanfaat nih, apalagi yg punchline sama ending... soalnya artikelku juga kadang2 msh terasa "hambar" mungkin kurang bumbu atau kurang matang idenya, hehe... dan kayaknya aku juga msh harus banyak belajar untuk membuat artikel yang lucu dan menarik seperti artikel2 yg ada di blog ini... pemilik blog ini saya sarankan ikut stand up comedy aja siapa tau menang (kalo menang jgn lupa hadiahnya bagi2 ya... hehe...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kalo ikut stand up, takut diketawain ama penontonnya huuft

      Delete
  2. Saya juga gitu gan, sering dapat ide ketika naik motor. Pengennya sih sesampainya di rumah di tulis, eh nyampe rumah malah lupa. Padahal itu idenya keren banget, ujung-ujungnya malah ilang.
    Ngomong-ngomong gunanya mind maping itu buat apa ?? Apa supaya satu artikel dengan yang lainnya saling berkesinambungan ?? Btw, cara menulis ala Dijeh ini, keren poll.. te o pe be ge te..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tulisannya berkembang dan gak ngalor ngidul sih

      Delete
  3. paling susah di mind mapping gan, biasanya walau udah di mapping tapi tetep aja keluar jalur dan sagat berbeda hasilnya dari ide awal.

    dan itu, baru tahu ane soal set up dan punchline
    wah jdi bermanfaat juga nih buat saya tulisan ini...:)

    ReplyDelete
  4. Kok keren banget sih tips-nya. Sebenernya sih udah paham dari masing-masing poin, tapi aku nggak nyesel deh bacanya. Saking lamanya nggak baca tips menulis karena ngentengin, pas baca ini jadi keinget lagi, oh iya ya, harusnya begini, oh begitu.

    Nice! Aku suka!

    ReplyDelete
  5. saik banget tipsnya, keren. Pake punchline sama set up, gue belum pernah, punchline yang biasa dipake buat standup comedy. Mind mapping kayaknya keren tuh, dibikin bercabang-cabang, tinggal bagaimana memainkan kreatifitas aja. Ending penting sekali, ending yang baik dan menakjubkan, bisa membuat pembaca terkesan. Baca ulang juga menjadi hal yang penting, kita bisa memposisikan diri sebagai pembaca. Keren tipsnya, sangat bermanfaat untuk saya dan pembaca lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya nih tumben banget ya tulisan gue dibilang bermanfaat

      Delete
  6. Bener Don yang penting dalam nulis buat gue ada 2. Ada ide, ada kopi, kelar urusan. Sisanya biarkan insting nulis yang bekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik, gue mah mending dengerin musik dari pada minum kopi

      Delete
  7. Bener Don yang penting dalam nulis buat gue ada 2. Ada ide, ada kopi, kelar urusan. Sisanya biarkan insting nulis yang bekerja.

    ReplyDelete
  8. Kalo gue sih dapet ide kebanyakan pas ngetwit atau pas lagi mandi. Soal punchline, gue ga tau menahu. Tulisan gue ga lucu, malah kesannya garing. Mind mapping beneran penting tuh bos, biar ga ke mana-mana kayak mantan kamu tuh sebelum mutusin kamu. Ke aman-mana...selingkuh sana-sini #kabur ah

    ReplyDelete
  9. tipsnya oke juga buat dipraktekin, gue sih dapet idenya kalau lagi mandi sama tidur, kadang lagi tidur tuh udah kebayang gue bakal bikin kalimat kaya gini. cuma gak setiap waktu ide tuh datangnya, kalau kata orang ide itu mahal emang bener, suka datang dan pergi gitu aja sih.

    kalau komedi, gue gak bisa, mau ngelucu malah garing, jadi ya nulisnya gak pake bumbu-bumbu yang ngelucu, kadang suka nemu tulisan yang mau ngelucu dengan muter-muter dulu,, kadang itu ngebosenin sih, jadinya garing.
    kalau baca ulang, itu hukumnya wajib!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya gue juga gitu tuh, udah kebayang mau bikin kalimatnya apa aja

      Delete
  10. sering banget dapet ide pas naek motor. mungkin kalau saya berangkat ngantor naik delman, bakal dapet ide pas naik delman.

    oh ya, kalau saya, baca ulang gak cuma benerin kalimat yang keliru, tapi juga nyelipin punchline yang sekiranya bisa nyelip-nyelip dikit mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih bagus bagus, jadi nambah keren dong kalo ditambah punchline

      Delete
  11. tips2nya bagus nih bang, sangat membantu sekali..
    kalo gue juga sering nemu ide pas naik motor dan anehnya ide gue juga kadang muncul pas boker. ngak tau kenapa, mungkin pas saat naik motor n boker gue berkonsentrasi dan terkadang ide itu muncull..
    yang gue jarang dan hampir ngak pernah itu mind mapping..
    kalo nulis komedi kayagnya gue bakal kerepotan deh, gue orangnya garing dan ngak bisa ngelucu. dr pada gue d ketawain gara2 ngak bisa ngelucu mending ngak deh..
    trimakasih yaa bang tips2nya, sangat bermanfaat bagi gue...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gue juga kadang dapat ide nulis pas boker. Memang the power of boker

      Delete
  12. baru pertama kali mampir sini. keren2 tulisannya. salam kenal. follow ah.

    tokcer banget nih tipsnya. paling susah sih bagi gue, nemu ide dan nyusun setup punchline. kasih tips dong? kalau nonton stand up udah sering, ntar malah dikira njiplak.

    ReplyDelete
  13. wah bagus nih bang tipsnya, gue juga dulu sering banget nulis-nulis komedi, tapi sekarang gue malah kebanyak nulis pengalam gue selama sekolah, ya bisa bilang untuk nulis-nulis parodi lagi, gue lagi kekurang ide-ide, terkadang ide udah ada, tapi ngembangin idenya untuk di jadiin tulisan komedi, gue kurang mantep disitu. kayanya gue herus belajar banyak dari lo dan bacain tulisan-tulisan lo, biar gue bisa nulis-nulis parodi lagi.

    oh gue salut bang sama lo, tulisan lo itu emang mirip kaya materi-materi stand up comedy. :)

    ReplyDelete
  14. jujur sebagai manusia akhir jaman. kadang aku bisa mendapatkan ide pas sambil boker.
    ntah kenapa imajinasiku melayang-layang saat eek mulai jatuh ke wc "cemplung... cemplung"
    jijik ya? jijik. ya maaf, hahah

    ReplyDelete
  15. Wah, kamu sistematis banget ya Jeh. Bener, jurstu yang berusaha ngelucu di blognya malah jadi nggak lucu. Contonya kayak. "Aku habis makan ayam panggang tapi nggak digoreng hahahaah" itu jadi nggak lucu, emang harus pakai teknik juga sih. Kamu berapa lama untuk selesaikan 1 post?

    Kalau aku biasanya nemu punchline baru di baca ulang ke 3. soalnya draf 1 sama 2 berantakan banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 post paling 2 jam juga beres kalo lagi mood

      Delete
  16. Ishhh . . nggak kepikiran kalo nulis di blog harus nyusun mind mapping dulu ... hahaa ..
    udah cukuplah untuk tugas kampus aja buat nyusun mind mapping ., ngeblog mah jangan ..!! hahaa . .

    ReplyDelete
  17. entah kenapa terkadang gue juga banyak banget ide yang terlintas ketika naik motor. tapi sayang kalo pas naik motor gue nggak bisa nyatat ide-ide tersebut. ujung-ujungnya kalo udah nyampe rumah pasti lupa.

    teknik runtutan menulis lo udah keren banget, patut ditiru nih. poin yang terakhir itu juga penting banget, soalnya terkadang blogger melewatkan poin tersebut. kalo nggak dibaca ulang pasti ntar banyak yang typo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya jangan kebanyakan makan MSG, biar ga cepet lupa

      Delete
  18. Wah bisa jadi blogger profesional nih. Keren. :)

    ReplyDelete
  19. Hallo kak dijeh! aku udah lama baca tulisan tulisan kakak dan suka semua. Dan tips menulis ini bener bgt apalagi yg mind mapping sm set up!

    btw kaakk ga kepikiran nulis buku.gitu? :D menurutku kakak sama kocaknya sm raditya dika?

    ReplyDelete
  20. hahahaa, mistis emang sepeda motor ini. gue juga sering kepikiran ide buat ngeblog waktu lagi nyetir motor ke sekolah. tapi, gue nggak sambil dengerin lagu..
    kalau mind maping sih, gue udah bosen banget karena disekolah sering dikasih tugas begituan -___-

    mantaplah dijeh...

    ReplyDelete
  21. Gue sebenernya juga nggak bisa nulis lucu. Gue cuma berbagi curhatan aja. Tentunya, gue ceritakan dengan cara yang berbeda. Tapi tetep, fokus ke alur cerita. Bukan ke bagian yang lucu. Tapi, ada aja gitu yang bilang lucu. Gue sendiri ngerasa garing. Huft. :(

    Soal mind mapping itu, sulit banget. Gue selalu punya imajinasi yang liar. Ujung-ujungnya ya keluar jalur.

    Kalo menulis ala Yoga, sih, cuma jujur dari hati. Tulis aja dengan cara natural. Jangan dipaksain supaya lucu. Lagian, pembaca nggak selalu nuntut untuk lucu, kok. :))

    Oiya, tulisan kali ini keren banget. Semakin kreatif lu dalam berkarya. Teruskan, Don. Saran aja : EYD penting juga dalam tulisan. :D
    Nggak nyangka, lagi skripsi bisa dibawa enjoy nulis blog. Bener juga. Kayaknya nulis di blog gampang banget daripada skripsi. Jangan skripsi, deh. Tugas kuliah berbentuk makalah aja. Gue males nulisnya. Beda sama blog, lebih ikhlas nulisnya. Hehehe. Maaf komen panjang.


    Overall, kompor gas! Eaakk. Semangat skripsinya. :))

    ReplyDelete