Ya Ampun! Logat Orang Bhutan

by - 08:58

Indonesia terkenal dengan berbagai macam budaya dan bahasa. Tak kurang ada 750 bahasa yang ada di Indonesia. Dan tiap bahasa itu punya ciri khas masing-masing. Misalnya Bahasa batak yang terkenal dengan logat kerasnya. Atau bahasa Sunda yang logatnya sopan banget. Atau juga bahasa betawi yang ceplas ceplos gitu. Meskipun punya berbagai macam bahasa, namun tetap Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Wih. Tepuk tangan. Ada pesan moralnya.


Di jaman globalisasi sekarang ini, fasih berbahasa daerah sendiri aja engga cukup. Kamu dituntut untuk bisa berbahasa Inggris juga, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional. Ya gak mungkin juga pas kamu travelling ke Amsterdam terus mau beli keju ngomongnya “Punten kang, kejuna di ical sabarahaan?”. Inget ini di Amsterdam, bukan di terminal leuwi panjang. Lagian di terminal Leuwi panjang, mana ada yang jual keju.

Berhubung dibeberapa daerah Indonesia sangat kental dengan logat bahasanya, kadang kalo mereka ngomong pake bahasa Inggris, logat daerahya masih kebawa bawa. Ya gapap sih, yang penting kan bisa berbahasa Inggris.

Soal logat bahasa Inggris yang kacau, mungkin gak ada yang bisa ngalahin orang Cina atau Jepang ngomong Inggris. Bener-bener gak ngerti apa yang mereka omongin. Tapi ada juga negara yang punya logat Inggris yang kocak abis, yaitu Bhutan. Gak percaya? Coba cek video orang Bhutan lagi bacain passport di wikipedia pake bahasa Inggris ini (Volumenya gedein!):


Gimana, kacau abis kan?

You May Also Like

22 comments

  1. Asyik. Blogger favorit saya rajin posting. Ah, tapi belum bisa dengerin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah padahal point dari tulisan ini kan di videonya

      Delete
  2. Jadi, walaupun bahasa batak punya 'keras', bahasa Sunda punya 'sopan banget' dan bahasa betawi punya 'ceplas ceplos' tetap aja kalau ketiga orang ini berada dalam satu tempat yang sama, ujung-ujungnya bahasa yang paling mudah digunakan dan bisa dipahami adalah Bahasa Indonesia, bahasa persatuan :D

    Eh, ngemeng-ngemeng gue kagak punya kuota buat liat (atau denger) logatnya orang Bhutan ini, bisa lu jelasin aja gak sekocak apa logatnya? Apa kayak orang Sunda yang kayak orang Batak, atau orang Betawi yang coba ngomong Sunda, atau gimana?

    ReplyDelete
  3. keren infonya, ternyata Indonesia punya banyak bahasa yang beragam, memang orang betawi kebiasaan ngomongnya ceplas ceplos, kalo orang sunda sopan, kalo orang batak keras, kalo orang padang apa?

    Berbahasa Inggris memang penting, saya nggak terlalu bisa bahasa daerah, jadi kalo bahasa Inggris, nggak ada kebawa logat daerah. Orang jepang juga kalo ngomong bahasa Inggris jadi aneh, tergantung bagaimana kita berusaha untuk fasih berbicara bahasa Inggris :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya orang Jepang mah dah kaya keselek sake kalo lagi ngomong inggris

      Delete
  4. Dor!!!!!!!!!!!! Itu ledakan tawa pas gue denger dia nyebutin Passportnya pake nada akhiran. "Eeeeeeee."

    Kaya bahasa emang, sebagai penyatu kita untuk bisa saling mengenal satu sama lain lebih dekat. Andai saja, gak ada banyak bahasa di Indonesia. Ke mana-mana males nebak. "Eh, itu orang jawa bukan, sih?"

    "Kan kita jawa semua."

    Misalnya gitu. Tapi, karena ada perbedaan bahasa, bentuk wajah dan logat. Membuat kita sering mener-nerka bersuku apakah orang itu.

    Misalnya kumis melintir, mata rada besar, idung pesek. Muka simteris jajar genjang. "Gue nebak ini alien. Bukan orang."

    Gue sih. Kalo keluar negeri sering pake bahasa Indonesia. Bodoh amat, mereka gak ngertipun. Kalo beli2 sesuatu. baru pake bahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiiiih sering keluar negeri. kapan kapan bawain oleh oleh dong

      Delete
  5. Aku juga lancar bahasa daerah, lancar banget malah. Masalahnya bahasa daerahku bahasa Jawa aja setiap daerah di Jateng logatnya beda-beda, jadi antar daerah malah kadang ada yang enggak tau mereka ngomong apa. Padahal sama-sama bahasa Jawa, tapi beda logat.

    Andai aja belajar ngomong bahasa Inggris kayak belajar ngomong bahasa Indonesia atau bahasa daerah sendiri. Bisa lancar walaupun belajar otodidak. Tapi belajar bahasa Inggris ini lumayan susah, sekalinya bisa bahasa Inggris pas dateng kesana malah enggak ngerti mereka ngomong apa. Karena di sana juga ada logat bahasa yang berbeda-beda.

    Kayak logatnya si Bhutan ini. Parah banget, ngerti dikit sih apa yang di omongin, tapi artikulasinya itu lho, bikin ngekek. Jadi nggak usah pada malu kalo bahasa Inggrisnya ada yang medok ataupun kecampur sama bahasa daerah masing-masing. Soalnya ada yang lebih malu-maluin. Hahahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw parah banget emang. Ampe segitunya artikulasi inggrisnya

      Delete
  6. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Hanjirrr..... Ngakak gue :v
    Dibagian awal tinggi dan lama lama turun nadanya... Haha terus pelan dan sampe nggak kedengaran di akhir kalimat :v

    Haha

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. hai kedai jelly gamat gold g. panggilannya apa nich?

      Delete
  9. Gue baru tau ada ragam bahasa kayak gini.

    ReplyDelete
  10. DONI TAEEEEE.. NGABISIN KUOTA GUE!

    Ini orang kayak lagu di radio. Yang kalo lagu mau habis lama-lama suaranya makin nggak kedengeran.
    WAKAKAKA. TAPI KOCAK JUGA, SIH. Kacau! XD

    ReplyDelete
  11. Yaaah kekecilan nggak bisa dibacaaaa...tapi dia bacanya kayak orng mabuk baca puisi gitu ya, kocak abis. Emang bhutan di daerah mana sih ya? Maklum, geograpinya kurang...tapi dia emng bneran mabuk ga sih ya? Sempet abis cari2 orng bhutan baca passport, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhutan itu dimana hayo tebaaak
      Di youtube ada tuh omongan orang bhutan itu di remix jadi keren

      Delete
    2. Bhutan itu negara di pegunungan himalaya, ibukotanya Thimphu (thimbhu)

      Delete