OK Go dan 12 Video Clip Kreatifnya

by - 13:49

Gue paling engga suka band yang kalu bikin video clip cuma ala kadarnya. Meskipun jualan utama sebuah band adalah suara, namun gak dapat dihindari lagi video clip juga menjadi faktor penting. Apalagi di jaman Youtube kayak sekarang. Semuanya harus ada efek visual yang bisa menggambarkan isi lagunya. Beberapa band yang selalu niat untuk membuat video clip menurut gue adalah Thirty Second to Mars. Gue selalu suka dengan konsep-konsep yang mereka kasih didalam video klip. Tapi konon kabarnya, Jared Letto vokalisnya 30 Second to Mars itu anggota illuminati gitu jadi dia banyak menyisipkan hal hal yang berhubungan sama Illuminati di video klipnya. Masih katanya loh ya.

KREATIF!
Tapi dari semua band yang pernah gue tau, engga ada yang bisa menandingi kreatifitas OK Go dalam membuat sebuah video clip. Bagi yang sering main di youtube pasti udah gak asing sama mereka. OK go sendiri adalah band beraliran Rock alternative dari Chicago yang digawangi oleh Damian Kulash pada Vocal dan lead gitar, Tim Nordwind di Bass,  Dan Kanopka di drum dan Andy Ross di Keyboar/gitar/vokal. Kabarnya asal usul nama band ini diambil dari Damian Kulash dan Tim Nordiwnd yang kebetulan ketemu di sekolah seni waktu umur 11 tahun dan sering ngomong ”OK...Go!”. Yes, simpel abis. Tapi nama band ini tentu gak sesimpel video clip yang mereka buat. Dan ini nih daftar video clip keren dari OK Go

#1 I WON’T LET YOU GO
Ini merupakan video clip terbaru dari OK Go di album Hungry Ghots. Setting videonya diambil di negara Jepang dan pengambilan gambarnya lewat Drone gitu. Teknologi canggih, cewek cewek kawai jepang, Payung payung cantik, Mozaik keren, pengambilan gambar yang mantap dan lagu yang Easy Listening semuanya satu padu di video klip maha amazing ini.


#2 NEEDING/GETTING
Kayaknya mereka ini gak kehabisan akal untuk menciptakan konsep konsep yang out of the box disetiap video clipnya. Apa yang bisa kamu bayangkan dari 4 personil OK Go sedang mengendarai mobil dijalanan pasir yang disisi jalannya terdapat piano dan berbagai alat yang bisa menghasilkan musik? Cuma ada di video klip ini.


#3 HERE IT GOES AGAIN
Video klip ini lah yang melambungkan nama OK Go dikancah permusikan dan per-youtube-an. Video klip ini juga mendapatkan Grammy Award sebagai Best Music Video tahun 2007. Padahal nih isi video klipnya Cuma personil OK Go yang lagi naik Treadmills. Tapi bukan OK Go namanya kalau bikin video klip yang biasa aja.


#4 LAST LEAF
Sebelum stop motion seterkenal kaya sekarang, OK Go sudah memulainya beberapa tahun yang lalu lewat video clip Last Leaf. Stop motionnya juga bukan stop motion sembarangan, tapi mereka bikin stop motion dari bagian roti yang gosong. Mustahil? Liat aja sendiri.


#5 THE WRITING’S ON THE WALL
Bagi kamu yang suka banget sama ilusi optik, video clip ini cocok banget deh buat ditonton. Gimana engga, isi video clip ini adalah kumpulan ilusi ilusi mata yang bikin kamu geleng geleng kepala. Ending dari video ini juga keren abis.


#6 A MILLION WAY
Ya dari yang sebelum sebelumnya, video ini mungkin yang paling simple. Cuma personil OK Go yang nari kayak Boy band. Eits boyband? Boyband mana yang bisa nari seindah, seunik dan selucu OK Go di video clip ini. Engga ada!


#7 WHITE KNUCKLE
Konsep unik juga ada di video clip White Knuckle. Yang membeda dari video clip OK Go lain, disini mereka mengikut sertakan Anjing dalam koreografinya. GILA! Ngajarin manusia buat bisa koreografi aja susah, gimana ngajarin binatang coba. Tapi bukan OK Go dong kalau gak bisa. Hasilnya lahir lah video klip White Knuckle


#8 All IS NOT LOST
Di awalnya kamu pasti bakal mikir “Ini video clip apaan sih!” Tapi dibagian pertengahan baru deh keliatan betapa keren dan cerdasnya mereka bikin video clip, tentunya dengan kosep yang berbeda dari video clip OK Go yang lain. Kosepnya kayak gimana? Mending liat aja sendiri deh


#9 WTF?
Semua video clipnya OK Go emang punya ide yang Out Of The Box, gak terkecuali di video clip WTF?. Mungkin seabis nonton video clip ini, kamu juga bakal bilang WHAT THE FAK! Kreatif maksimal!

#10 END LOVE
Gue gak tau kenapa di video clip ini, para personilnya OK Go mirip Teletubies. Tapi video clipnya gak secemen apa yang dilakukan Teletubies di lapangan golf. Bayangin aja isi video clip ini tuh kegiatan mereka nari ditaman 2 hari 2 malem tanpa henti tapi dikemas jadi berdurasi 4 menit 30 detik. Penasaran?


#11 I’M NOT THROUGH
Lagi lagi konsep yang gila dari OK Go. Isinya Cuma orang yang melakukan aktivitas sehari hari dari mulai bangun tidur, mandi, gosok gigi, masak, main band namun diambil lewat sudut pandang yang luar biasa.

#12 THIS TOO SHALL PASS
Save the best for the last. Gue engga tau apa yang ada diotak mereka ketika ingin membuat video clip ini. Dalam 4 menit kamu bisa menyaksikan domino berjatuhan, Bola billiard, speaker, corong minyak, buku buku, ban ngegelinding, kipas angin, gitar yang bisa mainin musik lewat gelas, piano jatuh, trolli belanja, kursi berjatuhan, bendera-bendera, mesin tik, TV yang hancur, globe, orang dilempar ke kardus, gentong bir, manekin loncat, payung-payung berhamburan, pesawat kertas berterbangan dan benda benda aneh lainnya. Kalau kamu bilang bikin video clip ini cuma niat, kayaknya salah deh. INI MAH GILA NAMANYA!


Itu lah video clip dari OK Go. Keren keren kan ya. Kalau kamu gak mau nonton salah satu dari video clip mereka karena sayang kuota, berarti kamu engga sayang otak kamu yang butuh hiburan berkelas. Lagian nih kalau udah liat satu video clip dari OK Go, bakal nagih deh buat liat video clip video clip OK Go lainnya.

Btw Video Clip OK Go mana yang paling kamu suka?

You May Also Like

40 comments

  1. hehehe.. aku kok gatau semua ya? Aku ini kudet banget sepertinya.
    Meurutku video klip yang selama ini kutonton itu kreatif sih. Aku lebih memprsoalkan lagu ciptaan beberapa band/musisi yang kurang apik. Terkesan maksa. Suaranya juga nggak khas, dibuat2 gitu deh. Perkara mereka bikin video klip, aku enjoy2 aja.. :D

    video klip yang bagus dan niat menurutku sih band korea ya. Hahaha entah editingnya itu pakai teknik apa, bisa kece bgt. sesuai dengan karakter lagunya. Kalau unyu ya dibikin soft, dan begitu seterusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh coba deh liat dulu video clipnya This Too Shall Pass ;)

      Delete
  2. Oke, don, nanti saya cari tuh OK Go di youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya udah ada video youtubenya di postingannya ya

      Delete
  3. Rata2 kalo di manca video clipnya niat2 sih . jadi gak heran kalo Ok Go bikin VC nya juga niat . .
    Ok Go ya . . ntar aja waffer , . masih minim kuota . . :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini gak cuma niat doang, tapi kreatif juga

      Delete
  4. Bener nih, selain suara, video clip juga pasti bakal dinilai juga sama penikmat musik. Kalo suara bagus tapi video clip jelek, rasanya gimana gitu. Gak sempurna.

    Bener-bener niat dah tuh OK GO kalo bikin video clip. Salut sama band yang kayak gitu. :)

    ReplyDelete
  5. gue baru tahu ada band OK GO kudet sekarng mah gue soal musik2 gitu. gue kira tadinya ok go ini adalah boy band hahaha

    tapi band rock alternative, gue nggak bisa denger lagunya nih soalnya PCnya nggak ada speakernya,.. haha tapi gue lihat video klip barunya yang berjudul I WON’T LET YOU GO itu bagus tuh. kreatif banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe awalnya juga gue engga tau kok *Yaiyalah

      Kasian banget ya gak punya speaker, lebaran jangan beli baju tp beli speaker yaa. Iya emang I WON'T LET YOU GO emang keren abis. Lagunya juga enak

      Delete
  6. Oke. Nanti ditonton kalo ada wifi-nya. ._.

    Hahaha. Ya udah maapin, ya. Kan yang penting nanti ditonton. Penasaran juga soalnya. Hehehe. Tapi kok kayaknya nggak ada yang ganteng ya, Bang? .-.

    ReplyDelete
  7. Dari semua video klip diatas, yang gue tau cuma i won't let you go. Kalo nggak salah gue pertama kali liat di acara Breakout NET. Dan apa yang terjadi? Gue dibikin geleng-geleng kepala. Gila, ini band niat banget ya bikin video clipnya. Sungguh orang-orang yang berdedikasi tinggi terhadap bidang yang dia geluti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lu udah geleng geleng kepala pas liat I won't let you go, gue engga tau deh apa ekspresi lu kalau liat video clip yang Needing/Getting ama Wrtinging's on the wall

      Delete
  8. Konsep yang unik, berbeda dengan band lainnya. Cukup kreatif lah mereka, tapi sebelumnya gak pernah denger band ini, apa gue aja yang kudet yak?

    nanti menuju tkp dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesia, mereka emang gak gitu terkenal

      Delete
  9. saya kudet kayaknya

    nggak tahu sama bandnya
    tapi kayaknya pernah denger lagunya yang 30second to mars

    kalau diliat dari videonya
    paling suka yang ilusi optik

    ReplyDelete
  10. tjakep nih, gue baru tau ada band dengan tingkat keniatan garap videoklip se tinggi ini. bisa jadi tontonan buat nunggu buka puasa tuh video clipnya.

    ReplyDelete
  11. kayaknya mesti bruuan lihat nih. BTW lebih keren mana sama five second of summer.
    pengetahuan musik elu lumayan juga mas, gak kayak aku.
    aku taunya cuman laruku, one ok rock, ost anime sama JKT dan AKB, miris ya huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini deh kayaknya haha

      Wah Jejepangan banget ya selera musik lu

      Delete
  12. Baru tau ada band kayak gini :v serasa jadi orang tua :v
    Gag buat buffer, ntar coba buffer wktu sahur (kalo bangun) sapa tau aja cocok sama selera gua

    ReplyDelete
  13. Anzrittt ini keren! kenapa gue gatau band ini ya?

    Ini kreatif banget produsernyaa, yaampun .. gue lebih menikmati videonya dari pada lagunya ahahaha
    Serasa gitu gak sih bang Don?._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibeberpaa video clip, produsernya si Damian kulash sendiri (Vocalis ok go)

      Delete
  14. gue sama sekali nggak tau sama band OK GO apalagi sama semua lagu-lagunya. jujur aja ya, selera musik barat gue rendah banget, dan gue sama sekali nggak tau sama grup band barat dan musiknya kalau belum muncul di TV :D sumpah jelek banget selera gue.

    tapi gue setuju banget, nggak cuman suara, tapi video klip juga menentukan kualitas dari band tersebut, dan yang kreatif banget itu yang video klip stop motion LAST LEAF, apalagi pakai roti gosong, gilak itu kreatif banget

    ReplyDelete
  15. Seperti kata guru kesenian gue waktu SMA, seni itu abstrak...

    Gak ada patokan atau standar sebuah karya seni itu jelek atau bagus. Lukisan abstrak yang coret2an ga jelas aja bisa terjual ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Kalo saya sih tergantung persepsi masing2 sih. Mungkin menurut si A itu gak kreatif dan menarik tapi menurut si B itu kreatif dan menarik. Nah, makanya seni itu abstrak.

    Tapi harus diakui OK Go ini emang niat banget, dan mereka emang punya visi dan konsep yang jelas dan konsisten di setiap video klip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seni emang gak punya patokan bagaimana menilai sesuatu bagus atau jelek

      Passion mereka emang bikin video clip yang out of the box kayaknya

      Delete
  16. Baca deskripsinya gue jadi penasaran banget, sumpah... tapi behubung ada banyak gue mikir2 kuota internet gue.. dan begitu gue baca sampe bawah.. masya allah jalan pikiran gue ternyata bisa ketebak...

    Iya gue butuh hiburan, ada saatnya nanti gue pasti nonton video klip Ok Go ini.. saat dimana gue nemu wifi atau internet gratisan di sekolah...

    Gue penasaran~

    ReplyDelete
  17. Gue pertama tau yang nomor 1 itu. :D Terus sama yang nomor 3, keren aja treadmil dibikin kreatif gitu. :D


    WADEFAK!


    Habis nonton yang WTF. Hahaha.

    ReplyDelete
  18. Rata-rata pidionya kreatif ya don. Keknya band OK GO ini keren juga, bisa menghasilkan karya sekreatif itu.

    Gue sendiri gak kepikiran lho. Tapi, begitulan seni.

    Selain ngeband, rupanya mereka menampilkan hal-hal kreatif yang apik. Salut buat karya mereka.

    ReplyDelete
  19. Gue cuman tau yang naik mobil itu keren banget. Gue malah baru tau itu nama Bandnya ok go. Haha

    ReplyDelete
  20. Nah gue tau nih OK Go sejak muncul video klip mereka yang Here It Goes Again. Itu keren banget,..apalagi pas tiap personil pindah-pindah tempat tapi rapi. Gila ga kepeleset

    ReplyDelete
  21. kriatif amat yak.... ini orang kalau niat bikin video ya kayak ok go begitu dah. meskipun sebelumnya gue belum pernah nonton, tapi karena postingan ini gue jadi tau. mungkin kalau dibandingin sama kufaku, perbedaannya cukup jauh ya...

    ReplyDelete
  22. Pas sahur akh nntonnya biar masuknya paket Midnight :D

    ReplyDelete