Selain Wonderwall, Nih 10 Lagu Oasis Yang Layak Kamu Denger

by - 19:28

Rasanya gue gak bisa menahan hasrat untuk menulis salah satu band terbaik yang pernah ada didunia kedalam blog ini. Meskipun jadinya tulisan ini akan terkesan segmented karena mungkin hanya penggemar Oasis yang tau. Inget ya ini bukan merk minuman air mineral, atau serial kartun, melainkan ini adalah band British terbaik setelah era The Beatles menurut gue.


Tahun 90an menjadi kejayaannya Oasis. Gimana engga, sejak kematian vokalis Nirvana, Kurt Cobain arah musik dunia berganti haluan yang tadinya beraliran Grunge ala Nirvana menjadi Britpop yang dikomandoi oleh Oasis. Tahun 90an emang masa jayanya lagu lagu britpop, tak terkecuali dengan Indonesia yang terkena “British Invasion”. Band band britpop mulai bermunculan seperti Suede, Blur, The Verve, Pulp, Placebo, Supergrass dll. Dari banyaknya band Britpop, Cuma Blur yang bisa menyaingi kedigdayaan Oasis di kancah musik. Bahkan sampai ada istilah “The Battle of Britpop” untuk menggambarkan persaingan yang sengit antara kedua band itu. Kalau dibola sih ibaratkan Madrid vs Barca gitu deh.

Sayang pada tahun 2009, Oasis bubar gitu aja. Alasannya Noel Gallagher udah gak tahan sama kelakuan adiknya, Liam yang gak bisa diatur. Ya tau sendiri lah, Oasis tanpa Noel kayak Mobil Ferrari yang dibawa ama anak SMP begajulan gak punya SIM. Meskipun udah bubar, masih banyak kok lagu lagu Oasis yang layak untuk didenger sampai sekarang. Selain lagunya enak, lirik didalam lagunya juga punya pesan mendalam. Ini lah 10 lagu Oasis yang patut masuk daftar playlist kamu

#10 DON’T GO AWAY
Lagu dari album Be here now nya Oasis ini syahdu banget memang. Suaranya Liam yang serak serak becek dan lirik ciptaan Noel yang oke punya membuat lagu yang isinya galau abis ini makin galau kalau didenger waktu patah hati


#9 SLIDE AWAY
Lagu yang lebih energik dari Don’t go away. Katanya lagu ini adalah lagu Oasis yang paling disukai sama Paul McCartney. Apa? kamu gak tau siapa Paul McCartney?. Lagu ini dibuat Oleh Noel untuk pacarnya waktu itu yang akhirnya putus. Duh kasian Noel, masa tega sih ada cewek yang mau mutusin orang kayak Noel.


#8 WHERE DID IT ALL GO WRONG?
Di lagu ini, Noel gak Cuma nulis liriknya tapi nyanyiin juga. Katanya Noel, suara Liam gak cocok bawain lagu ini, ”Liam just couldn't get that one. The melody shifts quite a lot... Liam hasn't got that dynamism in his voice”. Terserah Noel aja deh ya, yang penting kan lagunya asik didenger.


#7 STOP CRYING YOR HEART OUT
Kali ini Noel kembali ke kodratnya sebagai penulis lagu dan backing Vokal, sementara adiknya, Liam, jadi lead vokal lagi. Waktu pertama kali diluncurkan, lagu ini langsung duduk diposisi dua tangga lagu di Inggris, posisi satu di Italia dan masuk 20 besar di Norwegia, Finlandia, dan Denmark. Inti lagu ini tentang kenangan masa lalu gitu deh. Lagu yang dinyanyiin rakyat Inggris ketika mereka kalah dari Brazil di Piala dunia 2002. Lagunya emang ngena banget sih.


#6 LITTLE BY LITTLE
Mungkin ini salah satu lagu religinya Oasis. Mungkin juga Noel waktu bikin lagu ini pas bulan Ramadhan kali ya. Gak tau deh. Ya pokoknya asik liriknya.


#5 MORNING GLORY
Dulu para personil Oasis suka banget nge-drugs, biasalah anak Band. Yang pada akhirnya terciptalah lagu keren ini. Tapi kamu jangan ikut ikutan ngedrugs kayak mereka juga ya.


#4 LIVE FOREVER
Banyak yang menilai Wonderwall adalah lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Noel. Tapi Noel malah menganggap lagu Live forever lah yang terbaik, seperti yang ia ucapkan ketika banyak orang yang kagum dengan lagu Wonderwall, Noel kesal “Persetan dengan lagu itu, Kamu pernah dengar lagu Live Forever?”


#3 DON’T LOOK BACK IN ANGER
Salah satu lagu Oasis yang paling memorable banget deh. Lagu ini diawali oleh nada piano yang sama dengan yang ada di lagu Imaginenya John Lennon. Lagunya asik, Oasis banget deh. Tipe lagu yang sekali denger langsung suka.


#2 STAND BY ME
Lagu ini katanya di Buat Noel waktu dia lagi keracunan makanan gitu. Wah keren ya, lagi kereacunan aja Noel masih bisa nulis lagu yang keren banget. Lagu ini juga dipake untuk mengenang Putri Diana yang mengalami kecelakaan 3 minggu sebelum lagu ini di release.


#1 WHATEVER
Lagu yang paling gue suka dari Oasis. Selain Wonderwall tentunya. Ditambah alunan biola, membuat lagu ini menjadi komplit. Liriknya juga dalem banget. Tentang kamu harus jadi diri sendiri gitu. I’m Free to be whatever I. What ever I Choose and i’ll sing the blues if i want. Ada satu kejadian yang unik dari lagu ini. Ceritanya Liam lagi bawain lagu ini disebuah konser, tapi karena salah salah nada terus sama suara gitarnya Noel, Liam ngambek. Pundung gitu. Terus akhirnya Noel yang nyanyi, dan ternyata keren abis. Nih videonya (Keliatan banget songongnya si Liam):


Itu sih beberapa lagu Oasis yang layak kamu denger selain lagu Wonderwall yang mahadahsyat. Oh iya kabarnya, setelah sekian lama bubar, tahun depan Oasis mau reunian gitu. Wah asik dong. Menurut kamu, setuju gak kalau Oasis reuni?


A. Setuju lah, Oasis gitu loh!
B. Setuju, asal si Liam jaga sikap
C. Ga peduli. Zyan Malik balik ke One Direction baru setuju
D. Oasis siapa sih?
E. BUBARIN KUFAKU!!


You May Also Like

39 comments

  1. Ujung-ujungnya Kufaku. Hahahaha. Roaming, Don. Belum pernah denger lagu Oasis. Tapi minum pernah.

    ReplyDelete
  2. E. Bubarin Kufaku.. Hehe
    Penggemar Oasis sejati nih. Keren, sob. Entar ah dengerin lagu-lagunya oasis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga sejati juga sih hehe cuma suka aja

      Delete
  3. Aku hanya pernah tau aja sih, tapi kalau dengerin langsng sepertinya ada lah 1 aja lagu yang aku paham. Ini lagi jaman Putri Diana ya.. Kalau tahun depan mereka reunian.. udah pada tua banget ya? Masih lengkap? Ya setuju banget lah, kalau diadain reuni. Kan siapa tahu merrka eksis lagi, pada tua-tua tapi ya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi masih pada ganteng kok, kayak gue lah ahak ahak

      Delete
  4. gua nggak tahu lagu-lagunya Oasis, lagunya jadul. Pertanyaan terakhirnya bikin bingung, antara pilih D atau E. Tadinya gua kira Oasis itu nama merk minuman. Gua udah dengeri salah satu lagunya, emang lagunya jadul banget, dan gua nggak suka lagu lawas, tapi tergantung juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe tulisan ini memang segmented banget sih, jd banyak yg ga paham

      Delete
  5. Sebelum baca postingan ini, gue sama sekali nggak tau tentang band oasis. Gue taunya OASIS itu minuman dalam kemasan gelas yang biasanya ada di besek-besek bareng nasi, ayam bakar, tempe, jeruk, d.l.l.

    Gue juga kurang suka sih sama lagu-lagu zaman dulu. Secara gue anak muda kekinian. Yoi. Gue taunya band kayak Maroon 5, Coldplay, The Script, dan yang masih baru 5 Second Of Summer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gue juga suka tuh lagu dari band yang lu sebutin itu

      Delete
    2. tapi coba aja bro denger waktu liam ama coldplay nyanyi bareng kagu live forever

      Delete
    3. tapi coba aja bro denger waktu liam ama coldplay nyanyi bareng kagu live forever

      Delete
    4. tapi coba aja bro denger waktu liam ama coldplay nyanyi bareng kagu live forever

      Delete
  6. Pernah liat namanya di daftar musik punya kakak. Tapi enggak pernah dengerin lagunya. Hehe. Nanti deh nyoba dengerin.
    Eh reunian? Boleh banget lho. Pernah baca postingan bapak-bapak yang ngefans banget sama salah satu band. Dan err aku lupa apa nama bandnya. Karena dia wartawan, dia bisa nyelinap sampai ke kamar hotelnya. Tapi karena para penggemarnya tua-tua juga (sorry) jadi nggak terlalu ramai dan histeris seperti konser Suju. Tetapi pengalamannya itu seru. jadi walaupun udah bapak-bapak dia tetep jingkrak2. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah mungkin dia fans sejati band itu kali ya, ampe segitunya

      Delete
  7. Pernah denger nama bandnya tapi belum pernah denger lagunya . . Maafin gue yang hanya sebatas SagitaMania dan pecinta aliran koplo jeh . . :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gue juga suka kok dangdut pantura ama koplo. Hidup dangdut pantura!!

      Delete
  8. Hehehe, yg sering nongkrong macam kafe, atau semacam tempat2 nongkrong yg di iringin musik, pasti tau Oasis. Kenapa gw bilang gitu, karna lagu wonderwall itu lagu "wajib" di kafe2. Bahkan lagu bercinta klasik semacam champagne supernova pun ga dimasukin ke list, gw rada kecewa.

    Liam vocalis paling brutal, liat ngelive nya, dan gaya nya liam di curi sama ariel peterpan/noah.

    Lagu oasis terbaik versi gue itu listen up. Dan pernah dibahas sama fanatik Oasis di blog nya. Oasis it's not a band, it's a generation. Gonna Live Forever! Btw ane masih muda 22tahun, bukan karna suka Oasis jadi tua, karna musik itu selera!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Don't look back in anger juga sering banget loh dibawain saat acara live music di kafe gitu

      Delete
  9. belum pernah denger lagu oasis.
    tapi pernah denger band ini, dan sepertinya memang bener - bener keren.

    aku suka yg stand by me seelah lihat video - video di atas..
    eh, boleh juga tu oasis reuni. biar aku bisa ngerti langsung kiprahnya di dunia permusikan :P

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. ga begitu suka oasis sih
    meskipun lagunya emang enak.
    saya lebih suka lagu2 indie yang genre nya aneh2 :D

    soal setuju nggaknya oasis reuni
    setuju aja sih...soalnya penggemarnya banyak dan lagi biar musisi2 sekarang bisa berkiblat pada kualitas dan kuantitas bermusik nya oasis

    ReplyDelete
  12. HIDUP OASIS!! Saya salah satu yang sering dengerin lagu-lagunya mereka. Yang paling suka itu "Some Might Say", pasti tau dong!!? Saya juga suka banget Bon Jovi. Salam kenal dari blog sebelah....

    ReplyDelete
  13. Stand By Me, Little by little, dont look back in anger, stop crying your heart out,sama morning glory lagu oasis yang paling keren dan paling sering gue denger selain wonderwall. Tapi ada satu lagi nih lagu oasis yang menurut gue juga bagus, judulnya 'Do you know what i mean.' :)

    ReplyDelete
  14. Wah, I'm outta time? Let there be love, Supersonic? I hope I think I know, Champagne Supernova? Susah sih kalo dikerucutin, i feel you bra, eh bro. :D

    ReplyDelete
  15. Saya ga tau Oasis, saya taunya mah Dmasiv, hehehe, sarkasme. Bukan bermaksud offensive, tapi bagi yang gak kenal band2 macam Oasis, DT, DP, dll maka nikmat kehidupan musik kalian kurang lengkap:)

    ReplyDelete
  16. saya langsung download little by little, whatever! tp stand by me, don't look back in anger&don't go away are 3best for me! Hehehe

    ReplyDelete
  17. Wah pada gak tau Oasis padahal sering Dimainin di cafe2, ajang pencarian bakat juga gak jarang yg nyanyiin lagu Oasis.
    Don't Go Away, Let There be Love,Wonderwall (y)

    ReplyDelete
  18. gan kalo di lagu don't look back in anger yg nyanyi siapa ? liam atau noel ?

    ReplyDelete
  19. OASIS itu ibarat Peterpannya Indonesia, Makna-makna lagunya cukup susah dimengerti, tapi orang yang bawain lagu tersebut bisa enjoy nyanyi dan dengerin tanpa terlalu peduli makna ali dari lagu tersebut.

    ReplyDelete
  20. kalau saya paling suka DON’T GO AWAY karena lagu itu adalah pertama kali saya denger oasis pas baru bangun tidur, jaman RADIO lg hits rasanya heummm nyaman habis itu biasanya lagu duran-duran ordinary wotld di terusin gery moore yg still got the blues dulu pas SMP sekrng saya umur 33thn

    ReplyDelete
  21. Berpikir keras ketika mengetahui banyak orang tidak mengenal Oasis!
    Mungkin lirik di lagu Live Forever mewakili ini semua "We see things they'll never see" .

    ReplyDelete
  22. ya kalo yang baca blog ini anak kecil pertamakali denger kata OASIS paling langsung kebayang kadal di padang pasir, tapi kalo gue, langsung bayangin noel sama liam main lagi, kangen liat show oasis, btw gue baru umur 22 dan menurut gue musik oasis itu sepanjang zaman banget, mau gue sampek punya anak 11 lagu oasis tetep enak di dengar.hahahah

    ReplyDelete
  23. tau oasis dari kecil, soalnya tetangga punya bnyak poster nya, tp mulai tau lagu-lagu nya zaman SMA (2005 ketinggalan bgt :v)

    ReplyDelete
  24. Kayaknya yg nulis team noel nih...sorry bang ane team liam hehehe btw ane masih umur 19 tpi suka musik pada era itu kayak the blur,nirvana,sonic youth sama dinosaur jr

    ReplyDelete
  25. Kalo reuni aku setuju banget, tapi keliatannya kagak mungkin deh ): . Oasis memang keren . Liam suaranya khas . by the way aku masih 19 tahun gan . hehe

    ReplyDelete
  26. You need a little time to wake up
    You need a little time to wake up wake up 🤘

    ReplyDelete