Selamat Datang Bulan Ramadhan

by - 00:04

Alhamdulillah akhirnya kita dipertemukan kembali dibulan suci penuh rahmat ini. Karena sesungguhnya tidak ada bulan yang lebih mulia selain bulan Ramadhan. Dan barang siapa yang bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan niscaya Allah mengharamkan jasadnya dari neraka. Asik. Ada ceramahnya. Tepuk tangaan!

Tapi engga selamanya bulan Ramadhan itu selalu menyenangkan bagi gue, banyak hal hal gak enak yang sedih aja gitu kalau dibayangin. Contohnya 3 tahun lalu, tepatnya ketika gue masih jadi mahasiswa baru. Kampus gue punya kebijakan, setiap mahasiswa baru diwajibkan untuk tinggal di asrama. Bagi gue yang main ke Mall aja langsung ngerasa homesick, tinggal diasrama adalah mimpi buruk. Apa apa pasti sendiri. Beda dengan dirumah. Baju dicucin, makan dimasakin, sakit diobatin, Jodoh dicariin (Yakale, gue juga mau kalau gitu).

Di asrama, semua keperluan bener-bener gue yang siapin sendiri. Terlebih ketika bulan puasa tiba, gak ada lagi namanya bedug maghrib tiba tiba didepan mata gue berjejer makanan enak. Gak ada lagi bangun sahur tiba tiba gue nyium aroma ayam goreng. Gak ada! Gue masih inget banget waktu itu mau buka puasa, gue harus jalan puluhan Kilo meter buat beli makanan. Biar lebih epic mungkin Itu tinggal dikasih backsound Lagunya Ebiet G Ade aja sambil gue jalan “Perjalanan ini....terasa sangat menyakitkan.....di tanah kering rerumputan oooooo”.

Sahur di asrama juga berasa beda banget. Karena males jalan jam 3 subuh buat nyari makan, biasanya gue beli makan jam 9 malem buat dijadiin makan sahur. Kampretnya, gue gak punya Magic Jar atau semacamnya buat ngangetin nasi, otomatis makanan nasi ama ayam goreng gue kayak abis ditaro dikulkas pas dimakan. Dingin banget. Kayak sikap kamu ke aku. Eh gimana!

Untungnya gue punya Anshori dan Ian, teman sekamar asrama. Jadi gue engga menderita sendirian menghadapi bulan puasa. Tapi kadang, keberadaan 2 temen gue itu engga membantu sama sekali, malah makin jadi parah. Pernah waktu itu gue sama Ian mau buka puasa

“Sor pulang kuliah, beliin kita makanan ya buat buka puasa” Gue SMS Anshori. Waktu itu Anshori lagi kuliah sore, dan kebetulan kelasnya deketan sama warung makan
“Oke jeh, lu ama Ian mau dibeliin apa?” Bales Anshori
“Menu biasa aja lah”
“Sip” Jawab Anshori singkat

Beberapa menit sebelum bedug Maghrib, akhirnya Anshori pulang. Gue dan Ian seneng. Saking senengnya ngeliat kedatangan Anshori, kalau perlu ketika Anshori buka pintu, gue dan Ian akan langsung ngasih kalung bunga dilehernya

“Mana sor makanannya, bentar lagi buka nih” Sergah Ian yang kelaparan
“ATAGFIRULLAH, GUE LUPA BELI.....” Bales Anshori.

Iya betul, Anshori lupa beli makan buat buka puasa. Kampret banget. Tau gitu, gue ama Ian gak bakal ngalungin bunga dilehernya Anshori, tapi ngalungin bom waktu disekujur badannya.

Selain puasa di Asrama, puasa ketika punya pacar juga punya sisi positif dan negatif. Postifnya mungkin kayak ada yang ngucapin “Met buka eeaa” “Met Suhur eeaa” “Met Teraweh eaa” dan met met lainnya. Gak enaknya adalah cewek yang lagi kelaperan itu sungguh sungguh menyeramkan. Contohnya adalah ketika gue punya pacar dulu. Iya DULUUU BANGEEET. Belanda aja belum dateng ke Indonesia kali.

“Kita mau nonton sehabis buka, apa nonton sebelum buka puasa?” Si pacar ngasih penawaran ke gue
Gue sih tau, apapaun jawaban yang gue berikan akan salah dan tidak akan dipedulikan oleh dia
“Hmm Enaknya sih buka puasa dulu, baru deh kita nonton” Balas gue
“Enakan nonton dulu kali, jadi buka puasanya bisa leluasa” jawab si pacar

See? Dunia engga adil men! Cowok selalu diabaikan.

“Ya udah iya iya, kita nonton aja dulu kali ya hehe”
“Kamu mau nonton film Action atau Komedi?”
“Please stop memberikan pertanyaan berupa pilihan kalau jawaban gue gak pernah dianggap!” Ucap gue dalam hati

Akhirnya kami pun menonton film Action, padahal gue udah bilang ke dia buat nonton film komedi. Selesai nonton, kami pergi ke tempat makan buat buka puasa. Dan Jeng! Semua tempat makan penuh. Gak ada celah sedikit pun untuk duduk, kalau pun ada gue harus nunggu dulu. Yang pasti bakal lama

“Penuh nih gimana dong?” Kata gue ke si pacar
“Yaah, tau gitu kita nyari tempat makan buat buka dulu tadi baru deh nonton yang jam malem”
“Tadi kan aku udah belang gitu hehe”
“Kamu tadi engga ngasih tau alesan kalau bakal jadi gini”
“Kamunya aja gak mau nerima pendapat aku”
“Jadi menurut kamu, aku yang salah?”
“Bukannya git.....”
“Udah ah, aku buka puasa di rumah aja!”
“Lah?”
“AKU BUKA PUASA DIRUMAH AJA. BETE!”
“YA UDAH DEH”
“YA UDAH ANTERIN”
“YA UDAH NAIK CEPET!”
“YA UDAH HATI-HATI BAWA MOTORNYA”
“YA UDAH MAKASIH”
“YA UDAH SAMA SAMA!”

Memang agak ngenes sih beberapa cerita di Bulan Ramadhan yang pernah gue alami. Tapi gue lebih ngenes memperhatikan anak jaman sekarang. Anak jaman sekarang lebih memilih membawa Power Bank kemana-mana dibandingkan bawa kitab suci kemana mana. Seakan akan mereka lebih takut batre handphone nya menipis, dibanding kadar keimanan yang terkikis. Padahal Rasulullah SAW pernah berkata,  “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya”. 

***

Karena udah memasuki bulan suci Ramadhan, gue juga mau minta maaf ke kalian kalau ada salah salah kata baik sengaja atau pun gak sengaja dalam blog ini . Maafin Zac Efron yaaa 

Doni Jaelani dan segenap keluarga besar di Buckingham mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1436 H


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy".


You May Also Like

47 comments

  1. Gue ngakak yang bagian adegan lo sama pacar itu Jeh. Hahahaha

    Udah ah gaka ada komenan lagi, kasihan juga ya elu :D

    ReplyDelete
  2. Ohh jadi lo pernah pacaran jeh . . terus sekalinya pacaran digituin sama pacar lo . . Gue harus terharu apa tertawa nih . . ??

    di bulan puasa, postingannya ada hadist2nya . . keren . . next post lampirin ayat 2 juz ya . .??
    Sekalian ngaji bareng di blog lu . . :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti rencananya mau bikin Give away special Ramadhan, hadiahnya umroh gitu

      Delete
  3. Asik nih, bagian awalnya ada ceramah.
    Ga kebayang kalo gue disuruh tinggal di asrama. Kacau banget pasti. Dari kecil biasa tinggal di kerajaan Inggris gini, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi tobat

      Oh iya, jadi asisten rumah tangga keluarga gue yaa

      Delete
  4. Wahahaha. Adegan ribut sama pacarnya kayak pembuka film Cinta Brontosaurus. YA UDAH MAKASIH!

    ReplyDelete
  5. Yoi kan. Pembuka dan penutup postingan isinya ceramah. Tepuk tangan!

    Gue juga pernah tuh ngerasain pengen buka puasa bersama di mall. Eh, tempatnya penuh semua. Semua lantai yang ada tempat makannya udah kita telusuri, tapi tetep nggak ada space sedikit pun.

    Berarti pelajaran yang bisa diambil dari postingan ini adalah : Biasakanlah berbuka puasa di rumah sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. pinter deh bisa ngambil hikmah dari tulisan gue

      Delete
  6. Ngapain keluarga Buckingham dibawa-bawa... elo siapa?! *Ngalungin bom waktu ke leher sendiri*

    Itu si Anshor emang ngeselin banget, gue juga punya sahabat yang pelupa kayak gitu. Sama namanya sendiri aja sampai lupa. "Gue siapa?" sambil garuk-garuk pinggang.

    Apaan. Gue malah ngelirik ke tweet lo, kasihan Zac Effron gak ada yg ngucapin met sahur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gimna ceritanya bisa lupa nama sendiri!!

      Iya kasihan :(

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Eh selama ini bang dijeh masih ada keturunan bangsawan ya, siapanya pangeran charles? sepupunya apa supirnya?

    Yah itu si Anshor nyebelin ya padahal udah ditunggu makanannya, orangnya sih biarin. Tapi lupa pasti rasanya saat itu pingin ngelempar meja ke mukanya tapi nggak jadi soalnya masih dalam keadaan ramadhan. Bener kan?

    Subhanallah ya postingannya bang zac efron kali ini ada ceramahnya, penuh dengan faedah jadi tambah ngefans nih (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tukang pijetnya mas

      Iya kita cuma bisa sabar aja waktu itu

      Alhamdulillah yaa

      Delete
  9. Pengalamannya ko ngenes semua... masak nggak ada happy-nya??

    Banyak pelajaran yang dapet diambil. kecuali pengalaman ngenes lo. mungkin orang yang baca tulisan lo bakal langsung tobat yak... hhhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis temanya ngenes nih

      Iya tulisan gue emang bertujuan bikin orang tobat

      Delete
  10. Eh, jeh. Elu bisa punya pacar juga rupanya. hahaha. Gue sempet ngira, malah gak ada yang mau sama lu, jeh2. Yang tabah, ya jeh. idup lu emang lagi jauh sama jodoh. :D

    Meskipun lu sempet gak makan gara-gara Ansori yang lupa beliin. Mungkin, ini pelajaran buat lu, jeh. Supaya cepet punya pacar. Soalnya, biar ada yang ngingetin lu, jeh. Oke, jeh.

    Tapi, setelah lu punya pacar, emang keadaanya beda banget, ya jeh. Kitanya selalu salah.

    YAUDAH, JOMBLO AJA!!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenernya pacar gue yang disebut dicerita itu batang pohon

      Hidup jomlo!!

      Delete
  11. Hloh itu fotonya gimana itu? :D pengalamannya sungguh ngenes saat bersama pacar. mendingan nggak usah pacaran lagi, fokus ke Ramadhan

    ReplyDelete
  12. lhoh, kalo sehabis buka puasa trus nonton gitu jadinya ga tarawih dong? minimal ga jamaah tarawih?


    cewek mah gitu orangnya, suka2 mereka terus, jarang mau dengerin saran *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting ibadah wajib dikerjain

      Iya cewek mah gitu orangnya, masa pipis aja jongkok. apa apaan

      Delete
  13. Aku juga pernah kayak gini bang don, buka puasa sama pacar. tapi itu dulu ya,
    dulu sebelum portugis datang kemari.

    Niatnya jalan-jalan sambil nyari tempat makan, kenyataannya jalan-jalan nungguin orang makan.
    Kita dua kelaperan. Aku ngamuk, pacar juga ikut ngamuk. Tiba2 badan kami berubah ijo, celana koyak-koyak, bulu hidung menyapu lantai

    ReplyDelete
  14. mohon maaf lahir batin gan

    saya nggak pernah asrama tapi pernah tinggal di rumah sewa karena kerjaan. emang susah kalau mau sahur, kalau buka enak... saya kerja di tempat jual makanan soalnya.

    ahaha
    untunglah dulu pacarku pengertian. dia sendiri yang nyaranin. nontonya yang jam 2
    jadi jam 4 keluar keliling dan jam 5 udah di tempat makan buat buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak amat kalo gitu tinggal makan ya

      Oh punya pacar juga, cieee

      Delete
  15. Adegan marahan ama pacar mirip di film Raditya Dika #justsaying

    Btw kamu kuliah dimana pake wajib masuk asrama? Mirip tentara aja :p

    Nah, bener tuh karena bulan puasa, makanya hampir seluruh warga makannya di jam yang sama dan ini yang menyebabkan tempat-tempat makan penuh. Nanti kalo kamu udah punya pacar lagi (saat Indonesia juara Piala Dunia) buka puasanya di rumah aja, bareng orang tuanya. Aseekkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPB kan wajib asrama gitu

      Yaampu saat indonesia juara dunia, keburu kiamat nih bumi

      Delete
  16. ni tulisan paragraf pertamanya pencerahan hati banget dah :v . masih enakan di pesantren kali dari pada di asrama kuliah lu, di pesantren enak makanan disiapkan walaupun ala kadarnya. lah lu, mau makan aja kudu jalan puluhan kilo meter. bisa sih ngandalin temen, tapi resikonya kalo lupa bisa berabeeee dah tu perut. cukup hati aja yang kosong, perut jangan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kan ada diparagraf pertama, peragraf bawahnya mah gak dianjurkan untuk dibaca

      Iya pesantren mah bisa nambah pahala juga yaa

      Delete
  17. meski ngenes, postingan ini ada varokahnya, mana ada hadis-hadisnya gitu, ehem, moga gak cuma di bulan puasa doang ye,,
    gue pernah ngerasain puasa jauh dari rumah, paling ngenes pas sahur gak ada yang bangunin, tau-tau udah adzan subuh :|
    gue setuju ama komen yang lain kalau percakapan ya udah, ya udah nya ngingetin sama filmnya raditnya dika :|
    YA UDAH GITU AJA

    ReplyDelete
  18. mohon maaf lahir dan batin ya mas

    ReplyDelete
  19. Baca tulisan ini juga dapet pahala kan, Jeh? Berasa ada ceramah-ceramahnya gitu. :D

    Itu dialog sama pacar kayak film Radit yang Cinta Brontosaurus terus dibikin kreatif. Hahahaha, ngakak. Njir.

    Oiya, maafin gue juga kalo ada salah-salah komentar di blog ini. :)

    ReplyDelete
  20. namanya juga bulan puasa, pasti kalo menjelang buka puasa pada penuh.. tapi masih mending..
    daripada gue mau ke tempat makan pas sampe malah tutup.. *curcol

    Don, kalo liat tulisan Dijehtheory sekilas kaya liat tulisannya Dijahyellow. Ada hubungan apa hayo?

    Mohon maaf lahir dan batin ya Don *kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian amat haha

      Ya kamu orang ke 647268474635241 yang bilang gitu kok

      Maafin gue juga ya *kejar

      Delete
  21. ramadhan selalu menyisakan kisah2 yang menarik yak...
    semoga zac efron selalu diberi berkah dan semoga cepat tobat ya. jangan pernah tergoda hawa nafsunya... kuatkan iman.... dengar terus kufaku band..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kufaku band bikin iman kita kuat. All hail Kufaku!!

      Delete
  22. Mohon maaf lahir dan batin :)
    Alhamdulillah ya masih diberi kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
  23. Hazeekk, Zac Efron sekarang udah jadi ustadz nih? Wakakakk.. Ada ceramahnya gitu diawal sm di akhir postingan, keren dah!

    Emangtuh, cewek kok gitu banget yah?:( *lohh gue kan cewek juga* Yaudah deh, atas nama cewek, saya mohon maap lahir dan batin yah..

    Satu lagi, salam buat keluarga besar di Buckingham yaah :'D

    ReplyDelete
  24. Hahahaha. Tjiieeeee batu menhir bisa punya pacar jugaaa. :))

    Tulisannya berasa kayak nonton mamah dedeh, ada ceramah-ceramahnya. :D

    Ngenes amat berantem sama pacarnya. Hahahaha.
    Sebelum Zac Efron minta maaf, udah dimaafkan kok bang. :))
    Mohon maaf juga, yaaa. Semoga puasanya berkah.

    ReplyDelete
  25. Hahaha, tinggal di asrama ternyata 11 12 sama tgal di kost, kita lah yg menentukan nasib kita sendiri..tapi kasian juga kalo ga ada magic jar. Udah makan malem male, mana dingin, mana jomblo..duhh, pasti nelangsa banget. Kamu yg sabar ya, untung itu udah berlalu...

    Ahh, mungkin kmu aja yg salah pilih pacar, krena ga semua pacar kayak gitu...kayaknya sih..ya udahlah, mending pas puasa mah jomblo aja dulu biar khusyuk..kan berantem jga bkin pahalanya batal, udah belum tentu nikah udah bkin batal ajakan sayaaaang wehehehe

    ReplyDelete
  26. beberapa kali baca postinganmu, aku mau tanya, Zac Efrron siapa sih?
    haha, kudet dah gue.. :v

    Ya ampun itu ngenes banget. temenmu tuh terlalu deeeehh.
    Kalo soal cewek, emang begitu. Suka banget kasih pilihan, padahal apapun jawaban cowok nggak dianggap. Wekeke.
    makanya kalo aku diajakin jalan , mereka pasti minta aku buat milih.
    Tapi kadang-kadang enak sih liat cowok dibully, dikasih pilihan yang membuat mereka dilema. Makan buah simalakama. Hihihi

    ReplyDelete