Tipe-Tipe Orang di Acara Buka Bersama

by - 20:49

Buka bersama atau sering juga disebut bukber merupakan sebuah tradisi penting di bulan puasa kayak sekarang. Mulai dari buka bersama temen kuliah, buka bersama temen SMA, buka bersama temen SD yang nomer absennya bilangan prima, buka bersama temen SMP yang duduknya deket jendela dan macam macam lagi. Ya pokoknya banyak deh. Tapi buka bersama keluarga dirumah itungannya bukber juga bukan sih?


Tujuan utama dari buka bersama selain berbuka bersama (Ya iyalah) adalah meningkatkan kembali tali silaturahmi dengan teman teman lama kita. Kadang bisa jadi ajang reuninan gitu deh. Karena jadi ajang reuninan, jadi banyak tipe tipe orang berbeda yang dateng di acara bukber. Setelah melakukan riset yang cukup panjang, yaitu selama 1 menit 27 detik. Gue dapat menyimpulkan tipe tipe orang yang selalu ada di acara buka bersama. Berikut tipe tipenya:

#1 SON GOKU WANNA BE
Tipe ini adalah tipe orang paling penting dalam sebuah bukber, karena dia lah penggagas acara. Mirip Son Goku, bedanya Son goku ngumpulin bola Dragon Ball, tipe ini ngumpulin orang-orang buat diajak bukber. Makanya tipe ini rela mengorbankan pulsanya untuk menghubungi teman teman lainnya. Kalau gak ada tipe ini, jangan harap bakal ada acara buka bersama deh.

#2 NGASIH SARAN GUY
Biasanya setelah terkumpul orang-orang yang mau diajak buka bersama, langkah selanjutnya adalah menentukan waktu dan tempat acara dilaksanakan. Tipe orang kedua ini lah sekarang yang berperan. Tipe ini akan memberikan berbagai saran waktu yang tepat untuk acaranya. Jadi semua orang bisa dateng. Dan dia juga akan meberikan saran tempat yang asik buat dijadikan tempat bukber. Biasanya tipe ini, tipe orang gaul gitu deh. Tau banget tempat tempat makan yang asik. Tapi ya gitu, cuma ngasih saran doang.

#3 THE ACTION GUY
Tempat udah oke, waktu udah fix. Maka muncul lah tipe orang ketiga. Beda dengan tipe Ngasih Saran Guy yang Cuma ngasih saran doang. Tipe The Action Guy adalah orang yang kerja dilapangan. Misalnya kalau tempat bukbernya perlu dibooking, maka tipe ini lah yang gerak. Atau sebelum bukber harus ada DP buat booking tempat, tipe ini juga lah yang punya peran penting waktu nagihin uang ke orang-orang yang pengen ikut bukber.

Kerja Lapangan
#4 SI YES, MEN!
Tipe ini adalah tipe yang ngikut arus aja dalam sebuah diskusi bukber. Biasanya dalam sebuah diskusi tipe ini punya jawaban yang hampir sama apa pun pertanyaanya. Oke, sip, yes, atur lah dan semacamnya. Pokoknya kalau diajak bukber, tempatnya dimana, waktunya kapan tipe ini cuma ngikut ngikut aja.


#5 THE INSYALLAH GUY
Tipe ini sih yang agak nyebelin. Kalau ada yang nanya “Besok ikut bukber gak?” jawabnya “Insyallah ya”. Tau sendiri dong Insyallah orang indonesia kayak gimana. Orang tipe ini biasanya emang males ikut bukber tapi karena gak enak buat ngomong to the point, jadinya bilang Insyallah aja.


#6 THE BELLA SOPHIE WANNA BE
Kamu tau Bella Sophie? Itu loh artis yang doyan pamer di Instagram. Tipe ini mirip mirip Bella Sophie gitu deh. Pas kumpul bukber tipe ini gak ketinggalan bakal check in tempat di Path, upload foto di Instagram, Ngetwit di Twitter. Selain itu, tipe ini akan datang ke acara bukber dengan dandanan kayak mau ketemu Pangerin Harry di Bukchinham.

Mau buka bersama bu haji?

#7 THE ABIS PULANG UMROH GUY
Pasti aja ada nih temen lama kita yang dulu dikenal bandel banget, tapi pas bulan puasa berubah jadi alim dan sholeh. Ampe ampe pas bukber aja pake baju koko ama celana bahan. Harus dicontoh nih tipe orang kayak gini. Bulan Ramadan punya dampak yang positif bagi dirinya. Tapi jangan mentang mentang karena bulan Ramadan jadi alim, harusnya di bulan bulan berikutnya juga tetep alim.

Pulang Umroh

#8 SI HOST INSERT
Tipe ini sih biasanya cewek. Tau sendiri kan temen yang udah lama gak ketemu, sekalinya ketemu di acara bukber pasti bakal banyak pembahasannya. Ujung ujungnya bakal bikin gosip kayak host insert gitu deh. Padahal kan lagi bulan puasa, gak baik ngomongin orang. Eh bulan bulan lainnya juga emang gak baik kalau ngomongin orang. Untunya kalau gue ketemu temen, biasanya ngebahas anjloknya nilai saham di Wall street belakangan ini.



#9 THE EVERYBODY’S CHANGING GUY
Acara bukber bareng temen lama misal temen SD adalah waktu yang tepat menilai seberapa jauh perubahan temen lama kamu di jaman dulu dengan jaman sekarang. Ada yang waktu dulunya biasa aja, sekarang jadi makin cakep. Ada yang dulunya cupu banget tapi pas ikut bukber tampilannya gaul abis, bajunya ada tulisan woles gitu. Bener apa yang dikata Keane “Everybody’s changing and I don’t feel the same”


#10 SI NGAGETIN GUY
Tipe terakhir adalah tipe yang waktu bukber bukannya bawa kendaran tapi bawa istri plus anaknya yang imut imut. Bikin kaget banget! Padahal dulunya kita gak yakin kalau ada yang mau ama dia. Tau tau udah nikah aja. Wah dunia memang susah ditebak nih. 

Tau tau udah nikah ama punya anak, Ngagetin!

You May Also Like

45 comments

  1. Anjir, yang terakhir tau-tau bawa istri sama anak. XD

    Kalo gue mah gabungan dari tipe saran, yes dan insya Allah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih untung, dari pada bawa cucu ahahk

      Wah banyak juga ya tipe lu

      Delete
  2. kayanya sih, si yes girl. Hahahagaha.. tapi suka ngasih saran dan juga tepatin janji. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus bagus, yang penting nepatin janji

      Delete
  3. tiap tahun selalu aja type si ngagetin guy. bawa suami. padahal niatnya bukber bareng, sekalian reuni, sekalian mau ngegebet. :|

    gue mah type si yes no yes no oh my god aja. :x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok tipe lu unik ya, kayak sering denger di video video gitu

      Delete
  4. Kalau saya tipe yang nanya, "ada bukber, gak?" Terus dijawab temen-temen, "gak ada." Besoknya, saya liat upload foto temen-temen bukber tanpa saya. Pedih, Jendral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lu tipe yang engga dianggap hahak

      Delete
  5. Gue biasanya bagian THE ACTION GUY, Lumayan ada lebihnya kalo bagian keuangan, tapi udah males kalo berurusan sama yang THE INSYALLAH GUY, udah boking 24 yang dateng sampe 30 jadi makan'a telat gara" kurang makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee kerja lapangan nih yee

      Hahah jangan kasih makan kalau gitu

      Delete
  6. Baca di bagian Bella Sophie gibah ga ya? Duh..
    Gue termasuk tipe no. 4 kayaknya. Iyess

    ReplyDelete
  7. Gue kayaknya tipe Yes Man deh. Soalnya kalo diajak kemana-mana, gue mah ikut aja. Males kalo disuruh ngurus-ngurusin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIsuruh ke neraka ngikut gak? ahahak

      Delete
  8. Aku di tipe empat, benci banget ama yg tipe lima ahaha. biasanya aku bilang insyaallah nya orang kafir. *eh sara sara sara hahahaha

    ReplyDelete
  9. gue masuk tipe Yes baby
    mau bukber hayukk, mau sahur bareng hayukk... gak jadi bukber pun hayukk

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. kalo saya pilih tipe INSYALLAH GUY

    ReplyDelete
  12. saya tipe yag yes man sama insyaallah guy


    kalau diajak ya ikut kalau nggak bisa ya insyaallah
    ckcckckc

    temen SD ane banyak yg ngagetin loh
    pada makin cantik semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, makin cantik dan makin gaul

      Delete
  13. Tipe orang di acara buka bersama. Seru juga, ni.

    1. Son Goku : Gue kira son goku itu, muslim. Rupanya perumpamannya boleh jugalah. Nyambung gitu.

    2. Ngasi Saran : Hehehe, ini yang sering terjadi sama gue don. Padahal penggagas idenya itu orang lain, tapi entah kenapa harus ada gue buat ngusulin tempat, waktu, mantan yg diundang. Yang terakhir salah tulis.

    3. Action : Ini yang paling bete kalo lagi buber. Siapa yang buat ide, siapa yang harus kerja ngerjain persiapan buat makanan yang lain. Hadehhh, kadang merasa sakit di mana-mana. Tapi, ya harus ikhlas jadi orang tipe ini.

    4. Si yes : Tipikal orang yg gak mau ngasi pendapat, males mikir, sukanya tinggal makan. Inilah tipe orang si yes.

    5. Tipe InsyaAllah : Halah, ini kebanyakan terlalu sulit buat jujur. Jadi, mengatasnamakan semu dalam janji. Seakan-akan orang berfikir akan ikutan, tapi nyatanya dia gak akan pergi.

    6. Tipe bella sophie : Iya, don. Banyak kalo ini. Hampir para cewek maupun cowok kek gini. Maklumlah, biasanya bukber jadi ajang buat reunian.

    7. Tipe abis pulang umroh : Sok alim ini, kadang gue ngerasa risih. Gue mah, kalo pengen baik, baik sekalian. Jangan nunggu bulan puasa aja, pas selesai puasa bandel lagi. Manfaatnya gak ada coy...

    8. Tipe Host Insert : INi mah, emang kebiasaan cewek don. Gak bukberpun mereka gitu.

    9. Tipe Everybody's changing : Iya, apa yang udah berubah dari temen-temen kita. gue sering juga nanya gimana perkembangan hidup mereka, seberapa jauh mereka berubah dari ingus yang susah dilap, sekarang udah ngelapin ingus pacalnya.

    10. Tipe ngangetin : INI belum pernah don, malah kalo pernah. Mungkin gue bakalan diem panjang selama bukber ngeliatin orang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokil nih pangeran di komenin satu satu, gue jadi bingung kan balesnya gimana ahahahk

      Delete
  14. Aku tipe yang mana ya, coba tebak hayo..

    Aku jarang diajakin bukber, juga banyak malesnya. Maklum orang mageran gitu, lagian ketemu paling cuma makan terus haha-hihi, poto-poto habis itu pulang. Dah gitu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu mah tipe gak diajak bukber kalau gitu aaak

      Delete
  15. the action guy is realy needed. tanpa dia,mungkin gak bakal jalan. beberapa waktu lalu gue baru liat berita bukber terbesar di dunia yang dihelat di sepanjang jalan mesir. the action guy nya adalah.. mahasiswa mesir. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya? gue baru denger tuh yang buka bersama di mesir

      Delete
  16. Aku pernah kebagian lapangan, gk enak cuy, maunya kan kebagian makanan...

    ReplyDelete
  17. Wahahanjir, kreatif nih :D ternyata banyak juga ya tipe-tipe orang di acara buber yang absurd :p

    ReplyDelete
  18. Emang sih bulan puasa pasti banyak acara buka bersama sama temen SD, SMP, SMA, Kuliah, sampe buka bareng sama kantor kalau udah kerja. Tapi kenapa ga pernah ada yang ngadain acara buka bareng sama mantan yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipraktekan dulu? siapa tau jadi clbk ahak ahak

      Delete
  19. Biasanya tipe Son Goku juga sekaligus ngrangkap jadi tipe action sih . . dia yang nggagas dia juga yang harus mreparin semua persiapan . . dan itu gue banget . . ckckck

    Kalo udah sampe punya anak atau suami/istri juga nggak bakal gue ajak nihh . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mau jadi si ngagetin. tp emang ada yang mau ama lu nih? ahak ahak

      Delete
  20. Gue tipe yang ngasih saran sih. Tapi saran doang. Abis itu gak dateng. Hahaha pernah begitu soalnya. Ah emang cemen banget gue yak -_-

    Yang terakhir gilak bener. Nikah sama janda kali ya?

    ReplyDelete
  21. Gue mah yang selalu kebagian ngasih saran plus yang ngebookingin. Cape bener dah. Tapi yang dateng tipe Insha Allah guy semua. Kampret. Mana gue yang nalangin dulu. Tapi seru, sih. But yang baru pulang umroh guy itu ngga banget ahahahaha gue sebel ama orang kayak gitu. Pas adzan, kita udah laper doanya panjang banget, mana disuruh sholat dulu dia yang ngimamin. Sholatnya lama. Hbs sholat semua pada ngamuk. Makanan keburu dingin. Huft banget lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah patut di contoh nih, mau gerak gitu

      Hahah bagus atuh, ada nuansa pesantrennya jadinya

      Delete
  22. Aku seringnya iyes mulu. Ngikut aja. Males ribet. :P

    ReplyDelete