Gado-Gado SUCI 5

by - 15:44

SUCI 5
Akhirnya perjalanan panjang SUCI 5 berakhir dengan menghasilkan Rigen sebagai juara pertama. Terlepas dari Grand Final yang “anti-klimaks”. Menurut gue, dibanding kan dengan SUCI SUCI sebelumnya, SUCI 5 punya warna yang lebih lengkap ditiap pesertanya. Ibaratkan makanan, SUCI 5 adalah makanan gado-gado dimana semua bahan makanan dicampur menjadi satu dalam sebuah sajian menarik bernama komika komika SUCI 5. Mulai dari cleaning service, anak STM, genk motor, teroris hongkong sampai orang yang baru keluar dari rumah sakit jiwa juga ada :)

Perjalanan SUCI 5 diawali dengan dipilihnya Pontianak, Makasar, Pekanbaru, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta sebagai tempat audisi para komika. Dari ribuan peserta di 7 kota tersebut terpilihlah 16 finalis yang berhak untuk tampil dipanggung utama Balai Kartini Senayan. Dan berikut adalah para finalis SUCI 5 (Diurutkan sesuai close mic):

#16 BAIM

Komika pertama yang harus tersisih dari SUCI 5. Ternyata muka mirip baim cilik aja engga membantu untuk bertahan lama di SUCI

#15 UBAY

Komika asal Purkawarta ini adalah komika kedua yang harus Close Mic di panggung SUCI 5. Padahal Ubay punya kekuatan dari sisi Act Out dan Impersonate yang oke punya. Bit Yang paling diinget sih waktu dia impersonation Mario Teguh yang nolong orang kecelakaan.

#14 RIDHO

Komika ketiga yang harus Close Mic di SUCI 5. Ridho sendiri masuk SUCI 5 lewat golden ticket Liga komunitas Stand up. Agak kaget sih Ridho harus keluar secepet ini, padahal di LKS dia merupakan motor utamanya Stand up Indo Medan. Karena dia punya suara bagus, kebanyakan materi dia gak jauh jauh dari lagu dan nyanyi. Bit paling diinget, waktu dia niru joged penyanyi dangdut yang sampe masuk masuk tanah.

#13 KALIS
ALLAHUAKBAR!
Bagi gue, Kalis adalah Komika yang langsung mencuri perhatian penonton di Show 1 lewat penampilannya yang hmmmm unik. Eh kalau ada teroris yang lagi stand up comedy itu bisa disebut unik kan?. Sebenarnya Kalis udah punya persona yang kuat dibandingkan dengan komika komika lain yang saat itu masih mencari persona yang pas. Sayangnya dia kurang memanfaatkan kelebihannya tersebut. Tapi pada akhirnya dia benar benar bisa menggunakan kelebihannya sehingga bisa di Call back. Bit paling diinget, ya kalau Kalis udah bandingin muka dia ama muka orang lain lewat foto di layar, udah pasti pecah. “Gampang banget ya jadi Kalis” Kata Afif. HAHA.

#12 ANJAS

Komika asal Makasar ini akhirnya tersisih di Show 5. Tapi gue masih suka bingung kalau Anjas udah bawa bawa Daeng Baso ke materinya, padahal Radit sering bilang harusnya Anjas ceritain dulu siapa itu Daeng Baso supaya penonton paham. Bit paling diinget dari Anjas adalah ketika Impersonate Pak Habibie. Pecah!

#11 RAHMAN
Kalo ditanya pusing? Pusiiing
Rahman ini adalah komika tertua yang ada di SUCI 5, makanya banyak yang manggil dia ayah. Sebelumnya gue udah tau banyak tentang Ayah Rahman ini, soalnya dia sering stand up di ‘channel sebelah’. Selain itu Rahman juga sempet tampil di Stand up Festival tahun lalu. Personanya sebagai cleaning service bener bener dimanfaatkan. Setiap materinya gak bakal jauh dari dunia per-cleaning service-an. Sebenarnya ayah Rahman close mic di show 6 bukan karena enggak lucu, tapi karena gak menggunakan teknik call back yang disyaratkan aja. Yah sayang banget memang.

#10 WIRA
Wuooh
Selamat malam balai kartini, dan ungkapan rasa yang masih saja tak berani, wuoooh. Sejak audisi, Wira langsung menjadi idola banyak orang. Gimana engga, mungkin baru kali ini ada komika yang mengandalkan bait bait sajak ditiap bitnya. Namun kekuatannya ini menjadi bumerang untuk Wira, terkadang penonton lebih banyak untuk berteriak “Wiihhh...” dibanding suara tawa “HAHAHA”. Bit paling diinget dari Wira, waktu dia contohin logat ngapak daerahnya yang mirip teriakan di film Crow Zero.

#9 TOMY BABAP

Komika dari stand up Indo BTS udah mencuri perhatian lewat Liga komunitas Stand up. Sayangnya menurut gue, perkembangan Tomy Babap dari minggu ke minggu gak terlalu signifikan. Mungkin ini yang membuat dia harus close mic di show 8. Bit paling diinget dari Tomy ketika dia ceritain pengalamannya menjadi crew TV.

#8 DICKY
Selamat malam Balai Kartini.....AHAY!
Dicky ini sama halnya dengan Ridho yang mendapatkan golden ticket SUCI 5 lewat Liga Komunitas Stand Up. Gue dari awal cukup menjagokan Dicky minimal masuk 5 besar. Sayang tapi sayang, meskipun beberapa kali menjadi komika favorit, Dicky harus close mic di Show 9. Hal ini membuktikan kalau SUCI itu bukan lah lomba sprint, tapi lomba marathon yang perlu kekonsistenan ditiap Shownya. Bit paling diinget dari Dicky, tentang ditilang polisi di Cawang.

#7 HERI


Komika tanpa leher ini adalah salah satu jagoan gue di SUCI 5. Soalnya pengalaman dia di dunia per-stand up comedy-an ini cukup panjang, mulai dari sering tampil di “Channel sebelah” sampe dia juga merupakan juara 3 Street Comedy II. Sayangnya dia harus close mic di show 11. Bit paling diinget dari bang Heri, “Selamat malam All, selamat malam el, selamat malam dul. Selamat malam keluarga Ahmad Dhani”

#6 BARRY


Kalau tau Randhika Jamil finalis SUCI 2, nah Barry ini punya persona yang mirip ama Dika, yaitu anak motor. Kadang Barry juga sering bawa ke-cina cina-annya ke dalam materi. Ya emang karena mata dia sipit sih. Salah satu bit yang gue inget dari barry, waktu dia ngeroasting Fenny Rose yang mulutnya setajam silet. Saking tajemnya omongan feny Rose, Apel aja bisa kekupas.

#5 AFIF

Anak tanah abang yang ternyata juara 1 Street Comedy IV ini akhirnya harus close mic di show 13. Penampilan Afif mengingatkan kita pada David Nurbianto, juara 1 SUCI 5. Sayang Afif punya kelemahan dalam delivery dan pengucapan kata yang terkadang ‘belibet’. Padahal Afif jago banget masalah Story Telling tentang masalah di Jakarta. Bit paling diinget dari Afif, waktu dia roasting Agung Hercules lewat gang sempit.

#4 DANI

Dani merupakan komika paling beda yang ada di SUCI 5, You know lah bedanya apa. Sebelum menjadi finalis SUCI 5, Dani sempet jadi bintang tamu di grand final SUCI 4 jadi gue sedikit tau tentang dia. Ibaratkan mobil balap, Dani ini udah langsung pake ‘NOS’ di show 1. Sayang di beberapa show terakhir, Dani seperti kehabisan bensin. Performanya turun drastis.

#3 INDRA
Gue punya temen. Namanya Plastik
Jakarta. Jakarta itu ibu kota. Kalau ibu kita........Ibu-ibu. Gue engga tau siapa Agung hercules. Sampe sampe gue harus googling. Gue ketik Agung Hercule di google, tapi engga muncul apa-apa. Orang gak gue enter. Ngeselin banget kan nih orang. Gue merasa kudet banget baru tau komika sebagus Indra Frimawan baru baru ini, tepatnya dari Liga Komunitas Stand Up. Gue engga tau kenapa Indra belum pernah tampil di ‘channel sebelah’, eh apa udah pernah ya?. Dari show awal sampe sebelum final, penampilan Indra emang bener bener kayak kelakuannya deh, GILA!. Ya karena dia punya persona yang unik dan jago banget matah matahin logika, jadi banyak yang menjagokan dia sebagai juara. Sayangnya Indra ini ibaratkan Timans Belanda, yang selalu tampil baik dihampir tiap turnamen tapi bermain buruk ketika mencapai babak final. Bagi gue Indra pantas lah menjadi sang juara tanpa mahkota. Ceileh.

#2 RAHMET

Anak STM paling lucu yang pernah gue tau. Rahmet punya tujuan mulia di SUCI 5, yaitu merubah citra anak STM yang doyan tawuran. Asik. Kekuatan Rahmet ada pada story telling tentang kisahnya menjadi anak STM. Belakangan dia juga mulai jago untuk act out. Yang paling diinget dari Rahmet bukan cuma bit bitnya yang menggelitik, tapi momen dimana Rahmet dipertemukan dengan Congli, guru STM nya yang sering dibawakan dalam materinya. Pecah.

#1 RIGEN

Sang juara SUCI 5! Gue yakin diawal SUCI 5 mungkin gak bakal ada yang menjagokan Rigen sebagai juara, kecuali sanak saudaranya di Bima sana. Bahkan beberapa kali Rigen harus ada diposisi tidak aman. Namun Rigen adalah contoh dari komik yang konsisten dan mempunyai peningkatan yang cukup signifikan di tiap shownya. Ini lah yang membuat ia berhak untuk menjadi juara SUCI 5. Dan satu lagi, mental juaranya bener bener keliatan di Grand Final dibanding Indra dan Rahmet. Kekuatan Rigen sendiri ada pada teknik Roasting. Bahkan Rigen sering dijuluki The Master of Roasting, saingan ama Acho nih. Bit paling diinget dari Rigen: bit yang dipake buat ngeroasting.

Selain para finalis, SUCI 5 juga diisi oleh juri yang menilai para komika. Komposisi jurinya sendiri sama dengan SUCI 4, ada Pakde Indro, Raditya Dika dan Feny Rose. Sayangnya setiap komika hanya dikomentari oleh 2 juri, padahal lebih bagus kalau semua juri juga ikut mengomentari penampilan komika. Dan durasi juri berkomentar juga harusnya lebih lama dan gak dipotong potong gitu. gue juga kangen sama Jono dan Tora Sudiro yang beberapa kali menjadi Juri di SUCI 3. Mungkin di SUCI 6 nanti mereka bisa menjadi juri lagi.


Lagi-lagi terlepas dari Grand Final yang jauh dari ekspetasi, SUCI 5 adalah ajang SUCI terbaik dibanding SUCI SUCI sebelumnya menurut gue. Dan semoga jika ada SUCI 6 nanti, bisa menjadi lebih baik lagi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan di SUCI sebelumnya.

STAND UP COMEDY INDONESIA

LETS MAKE LAUGH

JENGJET JET JET JET JET!


You May Also Like

33 comments

  1. sebenernya gue lebih menjagokan rahmet daripada rigen. malah gue bilang final ideal itu... rahmet, wira sama.. indra. dulu gue pernah nonton langsung liga standup... standup jakarta barat. isinya ada erwin, rigen, indra sama dikky. dan kerennya... dari grand final suci 5, 2 diantara 3 orang itu merupakan anggota standup jakbar. gahoel.

    kalau dibandingin suci-suci sebelumnya.. emang lebih bewarna. tapi, ke-eksisan di social media kalah jauh. apalagi sama dodit. di suci 5 nggak ada yang bener-bener khas kayak dodit atau fico... atau ernest. paling khas sih dani, tapi followernya sama dodit jauhnya parah abis. tapi tetep keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUCI 5 emang era nya stand up jakbar nih. Di SUCI SUCI sebelumnya, ada yg dari Jakbar juga gak sih?

      Iya Dodit emang unik banget sih, gak salah kalo dia langsung punya penggemar setia

      Delete
    2. jakbar baru di liga stand up kmaren munculnya cuy.....tapi rigen gak ikutan tampil, ikutan nonton doang bareng afif....formasinya jakbar di liga stand up yg bner itu erwin, indra, KIKOY, sama dicky

      rigen sm afif bagiannya street comedy 4......rigen cuma jd semifinalis, afif justru dapet juara 2

      FYI juga: juara 1 street comedy 4 bukannya afif, tapi denny gitong dr cikarang

      Delete
  2. Wah. Saya favoritin Indra sejak awal. Di final, kayaknya dia tegang dan kehabisan sampe make materinya pas LKS. Oh ya, minat ikut SUCI 6? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diluar dugaan banget Indra tampil dibawah form waktu final

      Delete
  3. Gue sebagai anak JakBar merasa bangga. Hohoho.
    Padahal Stand Up Jakbar itu deket rumah gue tempat open mic-nya. Namun, gue belum pernah berani nyoba. :(

    Indra emang personanya beda banget, tuh. Kampret. Gue langsung cekikan sendiri.

    Eh, si Rahmet lama-lama mencuri perhatian gue. Tentang anak STM, baru banget didenger. Masih fresh komedinya. :)

    Kalo yang Rahman cleaning service, gue suka bit-nya yang: Orang-orang mah pada norak, ada artis lewat langsung nyamperin, minta foto bareng. Gue dong, pas Luna Maya lewat dia malah nyamperin gue. "Mas toilet di mana, ya?"

    Itu hacep banget. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan lah Yog Open Mic didaerah situ, kali masuk TV

      Iya gue juga awalnya gak gitu jagoin Rahmet, tp lama kelamaan keliatan banget dia udah mateng sebagai komika

      Wah ayah Rahman, sering dibawain tuh bit yang itu

      Delete
  4. KOMPAS TV hilang dari peredaran kota Malang.

    Hahahaha

    Sama sekali nggak tahu berita SUCI 5:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pindah frekuensi kali bang

      tp setelah baca review saya, jd gak ketinggalan lagi kaaan :D

      Delete
  5. Karena di rumah nggak ada chanel kompas, kadang aku cuma nonton komika favorit aja di youtube. Dan yang sering aku tonton adalah Afif, Indra, Rigen, Rahmet, Anjas.

    Sebenernya aku suka Anjas. Apalagi kalau pas ngomongin Daeng Baso. Tapi emang harus kayak gitu ya, harus dijelasin dari awal siapa itu Daeng Baso. Karena semuanya enggak ngikutin dari awal.

    Yang paling aku kira bakal juara 1 adalah Rahmet. Dia konsisten banget lucunya. Tapi nggak tau pas final. Aku nggak nonton. Kalau Indra, dia bener-bener kayak orang gila. Bit nya berhasil bikin ngakak terus, walaupun sebenernya tekniknya diulang-ulang, dan kita bisa nebak.

    Bener tuh kata Jeverson. SUCI tahun ini nggak kayak tahun-tahun sebelumnya kalau masalah social media. Di twitter aja followers mereka jauh banget kalau dibandingkan dengan anak-anak SUCI sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kompas separah itu ya ampe dibeberapa daerah gak ada channel kompas, padahal acaranya bagus bagus

      Iya sih awalnya gue kira Rahmet atau Indra yang menang, sayang di final tampilnya gitu euy

      Mungkin karena mereka belum terkenal aja

      Delete
  6. Hah gagal gaul lagi, aku nggak ngerti SUCI ini apaan. Kompas TV ada sih dirumah tapi saking manisnya jadi disemutin deh. Yah lumayan baca tulisannya bang zac ini jadi tahu lah apa itu SUCI

    Salut sama perjuangan mereka untuk membuat ketawa. Yang nomer tiga lucu tuh dia mau googling agung hercules gak keluar lah dia inputnya agung hercule.

    Padahal mau komen yang panjang kayak diatas, tapi karena nggak ngerti jadi segini aja deh, Btw pemain stand up comedy emang nggak ada ceweknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi meskipun gak ngerti, bisa komen sepanjang ini juga hahahak

      Ada tapi dikit

      Delete
  7. Rahmet, ke-STM-an dan kedekatannya sama Congli selalu bkin ngakak. Sedikit kecewa sih karena Rahmet nggak jadi juara. Etapi senengnya, doi bisa bikin pencitraan anak STM jadi asik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak juga ya yang dukut rahmet

      Delete
  8. Yah, maaf yaa, aku nggak gitu ngerti ginian :'D ditambah lagi aku nggak punya channelnya, nggak kedetect :/
    Tapi tapi, bukan berarti aku buta banget sih. Aku cuma tau aku suka sama dodit, hwhw. Suka karena dia manis banget tiap ngomong 'kamu' dan nggak ketawa sama lawakannya sendiri, hoho . Tapi itu dulu. Iya, dulu. Sekarang dia lain :/
    Sama, aku tau aku suka ketawanya radit. Oh my, doi manis banget dan keliatan, hmm, (maaf terdengar songong) pinter. Wkwk.

    Maaf lahir batin, yaa doni :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh dodit, iya dia juga lucu. Followernya banyak lagi, sampe 40 K!

      Maaf lahir batin jga ya Nur Aini NS. Btw NS kepanjangan dari apa nih?

      Delete
  9. Dari SUCI sampe yg kelima ini, gue paling bener2 ngikutin yg 3 dan 4..
    Aslinya pengen banget bisa liat SUCI 5 tiap minggu sayang kompasTV gak nyangkut di kota gue..
    Jadi kudet banget kesannya, padahal pengen banget nonton ini.
    Mau nonton youtube juga lemot pake tri, pake telkomsel mahal.. serba susah :D

    Btw.. karena tulisan ini gue jd sedikit ada gambaran buat karakter2 finalis SUCI 5, sapa tau aja gue dapet hibah kuota dari bupati, gue udah enggak keder lagi kalo nontonin SUCI 5 di youtube~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue juga sama bang, baru bener bener ngikutin dari SUCI 3 ampe sekarang. Untungnya nih dikota gue kompas masih ada haha

      Delete
  10. Sebenernya gua lebih setuju Rahmet yang juara. Soalnya dia konsisten di lucu ditiap minggunya. Sekalinya jelek, bukan berarti gak lucu.
    Kalo Rigen malah pernah garing banget materinya sampe dia di posisi gak aman.
    Ya tapi overall SUCI 5 emang seru banget. Menghibur. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahmet cuma kurang mental juaranya aja sih menurut gue, mungkin karena masih muda ya

      Yes gue setuju banget

      Delete
  11. saya ga terlalu ikutin Stand up comedy
    tpi kmrn sempet nonton grand finalnya. tpi kmrn nonton sepertinya kurang lucu bukan berti ga lucu sama sekali. ya tpi Stand up comedy acara keren lah di banding sinetron yang gtu2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grand finalnya emang kurang lucu :( bnyak yang kecewa juga

      Delete
  12. saya ga terlalu ikutin Stand up comedy
    tpi kmrn sempet nonton grand finalnya. tpi kmrn nonton sepertinya kurang lucu bukan berti ga lucu sama sekali. ya tpi Stand up comedy acara keren lah di banding sinetron yang gtu2 aja

    ReplyDelete
  13. saya ga terlalu ikutin Stand up comedy
    tpi kmrn sempet nonton grand finalnya. tpi kmrn nonton sepertinya kurang lucu bukan berti ga lucu sama sekali. ya tpi Stand up comedy acara keren lah di banding sinetron yang gtu2 aja

    ReplyDelete
  14. Jagoan gue nih si gila Indra Frimawan, tapi sayang di harus pasrah di posisi ke 3.

    Gue baru ngikutin pas SUCI 5 ini, berawal dari nonton iseng di youtube, iya gue gak nonton di kompas. Moga Indra bisa berkarya lagi selepas SUCI 5 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indra prospek kedepannya bagus sih. sok tau bnget ya gue haha

      Delete
  15. nggak tahu apa itu SUCI bang
    nggak pernah nonton, kayaknya di tv saya nggak ada saluran TV nya

    saya tahu stand up comedy dari stasiun metro. cuma nonton beberapa kali
    kayaknya saya ketinggalan ya untuk masaah hiburan coz hiburan utama saya hanya fb dan anime
    ckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mungkin selera lu gak di acara komedia yaa

      Delete
  16. Ane dari makassar gan, dulu jagoin anjas secara asli makassar juga, sayang ane nonton juga agak kurang ngeh dengan materinya yang sering nyebut daeng baso

    ReplyDelete
  17. Dari SUCI 1 ampe yg skrg SUCI 5, aku gak pernah ngikutin. Pernah sih pnya niatan pgn nnton, tp lupa muluuu.. Lupa jam tayangnya tiap hri apa dan jam brp, akhirnya gak nnton2 deh_. Haha.. Kalo SUCI 4 aku nnton pas grand finalnya doang . yg menang siapa tuh? Yg org betawi? Lupa namanyaa..

    Aku biasanya nnton stand up comedy yg di 'channel sebelah', itu jg kdang suka ktinggalan jg sih-__-
    Komika yg kak dijeh sebutin diatas jg aku gatau.. Komika yg aku suka si dodit, komika yg lain kbnyakan aku gak apal namanya :D haha..

    Lumayan baca ini jd tau siapa yg menang, trs tau nama2nya jg.. Hoho

    ReplyDelete
  18. Yah.. Mungkin orang paling kudet ttg SUCi ini adl aku. Iya.. Karena aku ga pernah nntn suci 5 :(
    Aku dl nntn pas zamannya Dodit. Itupun via yutub. Huuuuu

    Tapi ngmg2 penjabarannya lengkap bgt. Jd aku bsa bayangin sih gmn orang2 di suci 5.

    Bagus reviewnya

    ReplyDelete
  19. kalo favorit gue itu kalis, dicky ama rigen, soalnya mereka bertiga yang menurut gue palig lucu

    ReplyDelete