4 Alasan Yang Membuat Drama Korea Gak Ada Apa-apanya Dibanding Drama Turki

by - 11:26


Televisi Indonesia kayaknya engga pernah kehabisan akal buat naikin rating lewat film drama luar negeri. Setelah beberapa waktu silam, negara tercinta kita ini terkena Bollywood-Invasion, sekarang waktunya drama Turki mengambil alih dunia pertelevisian Indonesia. Bahkan gak tanggung-tanggung, ada 4 channel TV swasta yang menayangkan drama Turki itu. Wah gila ya, drama Korea aja enggak pernah nyampe segitunya. Namun apakah ini pertanda bahwa Drama Turki itu memang lebih baik dari drama korea? Kalau liat alesan-alesan dibawah ini sih, kayaknya iya deh. Drama Korea jadi gak ada apa-apanya gitu.

#1 Kedekatan Budaya
Dibanding ama Korea, budaya di Turki itu hampir mirip sama budaya di Indonesia. Mungkin karena mayoritas agama didua negara ini sama kali ya. Terlebih setting tempat di drama Turki juga mirip sama di Indonesia gitu. Beda sama drama Korea yang kadang setting tempatnya itu tempat-tempat romantis banget. Di indonesia kan jarang banget ada tempat-tempat romantis kayak gitu. Eh ada gak sih? Gue gak punya pacar, jadi gak hafal tempat-tempat romantis di Indonesia. Kok jadi curhat. Maap. Ya pokoknya budaya Turki itu hampir sama kayak budaya di Indonesia deh.

Mirip Mesjid di Depok

#2 Konflik filmnya mirip mirip orang Indonesia
Karena budayanya juga udah mirip, jadi konflik-konflik di drama Turki juga hampir mirip sama konflik yang ada di Indonesia. Contohnya di film Elif yang bercerita tentang ayah tiri gitu, atau Cinta di musim Cherry yang berkisah tentang cinta segitiga. Tuh Indonesia banget kan. Beda deh sama konflik-konflik di drama Korea yang kadang terlalu klise dan Too good too be true.

Kasian Elif, dijahatin ayah tirinya :(

#3 Penonton Ibu-ibu
Mungkin ini alesan kenapa rating drama Turki itu tinggi. Ya, karena pangsa pasarnya adalah ibu-ibu rumah tangga. Tau sendiri kan remote tv adalah salah satu hak kekuasan dari ibu-ibu. Jadi kalau remote tv udah dipegang sama ibu kamu sih, ya kamu cuma bisa pasrah aja deh terus nonton bareng drama Turki bareng ibu kamu. Beda nih sama drama Korea yang mayoritas peminatnya adalah remaja tanggung. Jadi gak aneh kamu rela mengeluarkan kuota internet buat nonton drama Korea di Youtube. Duh kasian.
 
NOBAR!!
#4 Pemainnya Rupawan
Di tahun 2015 ini cowok brewokan ala Adam Levine emang jadi primadona kaum hawa. Dan kebetulannya cowok cowok brewokan ala Adam Levine banyak berserakan di drama Turki. Jadi makin banyak yang suka drama Turki deh. Secara cowok brewokan itu emang macho abis dan kebapakan banget. Beda sama cowo cowo yang ada di drama Korea. Ya kamu simpulin sendiri deh bedanya dimana ya. Selain masalah cowok, cewek cewek di Drama Turki juga warbyasa banget sih, apalagi mereka juga kan muslimah jadi bawaannya pengen ngajak Ta’aruf aja gitu.

Waduh

Lebat yaa
 
OMAYGAT!!


ADUH BIYUUNG!
Minta buru-buru diijab kabulin

You May Also Like

53 comments

  1. DRAMA TURKI? Wow...gua baru kali ini denger tuh. Biasanya nonton di channel TV mana, Bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trans TV, RCTI, SCTV, ANTV!. Loh kok gue afal banget ya

      Delete
  2. Oh masih adakah cinta yang abadi, menyatukan dua hati saling isi.

    Jangan lupakan sontreknya, Don. Ini juga poin plus. Saya apresiasi pihak yang bikin sontrek versi Indonesianya. Berasa denger theme song anime jadul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget ost Cinta di Musim Cherry emang sekali denger langsung suka

      Delete
  3. Sbgai pcinta drama korea, aku msh blm bsa move on dri dramkor ke dramtur. Wktu musim2nya bollywood sih smpet demen jg, apalagi mahabharata. Haha. Tp efeknya cuma bntaran, skrg mah udh bosen sm india2an.

    Kalo drama korea, dri dulu ampe skrg msh ttep suka :D gak ngerti jg sih knp haha..
    Emang sih, di drama turki cowonya macho2, aku akuin sih._. wkwk. Tp crtanya agak2 klise sih, anak yg dijahatin sama ortu tirinya.. Trs tontonan emak2 banget ah, maleess..

    Tp pmain korea ada jg kok yg ganteng, mskipun kdang mulus2 banget :| saking trlalu mulus smpe bkin yg cewe jg envy. Wakaka
    Yauda pkoknya gtudah. Hidup Drama Koreaaa!!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya Drama Turki juga cuma one season wonder doang sih. etapi gak tau juga deh kedepannya, masih ada yang suka atau engga. Kalau India lebih suka filmnya dari pada dramanya

      Asik Pecinta drama korea garis keras :)

      Delete
  4. Apalah itu bollywood invasion, aku masih lebih suka rabbid invasion. Btw ini artikel yang berbau-bau malesbanget.com lho gak minat jadi kontributor disana?

    Jangan lupain Shehrazat bang, ceritanya juga kayak sinetron disini. Kemarin habis diserang Korea, lalu India sekarang Turki, habis itu drama mana lagi yang akan invasi kesini?

    Eh iya lagunya yang ear-catching dan mudah diinget bikin drama turki itu menarik lho *brb nyanyi musim cherry*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha kalo jeli sih hampir kbnyakan tulisan gue tipe MBDC. Minat banget lah jadi kontributor di MBDC

      Iya yah, setelah turki kira-kira drama mana lagi yang bakal muncul di TV Indonesia?

      Setuju

      Delete
  5. wahahaha, cewek turik okeh juga... tapi gue tetep lebih milih chelsea islan. kalau dibandingin sama cewek korea, gue sih sebenarnya lebih demen liat cewek korea. tapi ya begitulah, presentasi operasi pelastiknya lebih besar ketimbang wajah alamiahnya. gak keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kecantikan cewek cewek korea mah bisa diragukan

      Delete
    2. Gak semua cewek korea operasi plastik kok banyak orang korea yang muka alami contohnya member red velvet,snsd,gfriend,park shin hye,suzy miss a.lagian kalo oplas orng korea tuh gk oplas seluruh muka kok.

      Delete
  6. Si Emak jugak selalu baper kalo nonton drama Turki.. Moga ngga sampe mimisan -_-

    ReplyDelete
  7. udah 3 serangan nih dari negara tetangga. sy ga tau nih drama malaysia bakal masuk indonesia juga gak. habis mereka juga sedang berbenah dari segi cerita dan visual

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakal susah sih kayaknya drama Malaysia masuk Indonesia, secara nasionalis kita mendadak tinggi kalo bahas Malaysia

      Delete
  8. Ohh yg sring muncul di tv2 itu drama turki.. Kirain drama india.. Maaf, gak prnah nonton drama soalnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama India juga masih ada sih, tp ga se-hype dulu

      Delete
  9. Eh, drama Korea? Now bangetlah gue. Tapi entah kenapa cewek bnyk bgt yg suka. Ganteng sejagatpun, emang mau sama yg nonton? -_-

    Bener ni, kalo yang serial turki yg gue suka cuman yg di RCTI. Kualitas videonya acung 4 jempol deh.. Keren banget shootnya. Salut gue sama sutradara dan krunya. Tapi elif dan lainnya, gue nyerah banget. Gak ngerti konfliknya.

    Yg enak di RCTI, keren pokonya. Apalagi aweweknya.. Aduh... Pengen ijab kobul aja... Hahahaha

    ReplyDelete
  10. Drama Angling udah nggak ada, sih, ya.... Dulu nge-hits banget itu. XD

    Lah, Elif itu gue baru tahu. Selama ini taunya cuma yang CMC. :(

    Emak gue bagusnya belum tahu kalo ada serial drama Turki. Masih kejebak dangdut kampret itu. Hahahaha.

    ReplyDelete
  11. ntar balik lagi kitak ke jaman drama mexico a.k.a telenovela :((

    ReplyDelete
  12. belum pernah nonton drama turki, tapi kayaknya cewek-cewek lebih original daripada pemain drama koreea yang kebanyakan pake plastik.

    ReplyDelete
  13. Wah wah.. Kayaknya ente pengamat perfilman ya bang :D kok sampe hafal gitu :D

    ReplyDelete
  14. Mungkin alasan kedua yang jadi alasan lebih laris Drama Turki dari pada drama Korea di Indonesia :D

    ReplyDelete
  15. Kerabat saya juga kecanduan ini film drama turki -__- tiap hari gak pernah lepas sama ini film

    ReplyDelete
  16. Keluarag di rumah sekarang malah suka drama turki, dulu pas bollywood menyerang hampir gak ada kesempatan gue nonton dan sekarang pun masih sama dengan hadirnya drama turki. Gak tau kedepannya gimana tuh kalau masuk drama telenovela kayak tahun 90-an

    ReplyDelete
  17. seluruh indonesia mungkin suka dengan drama turki terutama aku suka banget gak mau kelewat hehehe diam di chanel SCTV kalo jam 1 siang :D untuku nonton elif

    ReplyDelete
  18. iya baru taun kemaren hitz banget sama korea sampai hyunbin dateng ke sctv eh sekarang yang ke sctv si emre alias paman selimnya elif

    ReplyDelete
  19. Oh Elif... Itu sinetron kesukaan emak
    Tiap siang pantengin sctv hny untuk nntn Salim, tukje, elif dkk hahahaa

    Klo mnurutku korea tetep gak kalah kok
    Turki pnntonnya ibu2
    Kore pnntnnya remaja

    ReplyDelete
  20. Alasan yang paling kuat sih, ya penontonnya ibu-ibu. Drama Korea nggak ada apa-apanya kalau gini mah. Hahaha

    ReplyDelete
  21. Ya jelas bagusan Turki lah ketimbang Korea...

    ReplyDelete
  22. Aku sih masih demen sama drama Korea. Dari dulu sampai sekarang. ><"
    Maap yaaa buat para pecinta drama Turki.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Sebenarnya, menurutku masing-masing ada kelemahan dan kelebihannya... kalo drama Korea dari segi cerita keren, adegan-adegannya pun nggak klise, dan konfliknya pun layak diacungi jempol, tapi ya itu... minusnya mungkin kesamaan di wajah2 pemainnya... entah di drakor manapun, pasti kesannya wajah2 aktor2 Korea itu hampir mirip2, yang cowok pun jadi terkesan "cantik" dan kecantikan si cewek pun yahh standarnya Korea... (jujur aja masih lebih cantik artis Indonesia sih, lebih alami, putihnya pun pas :D gak bikin sakit mata atau keliatan kayak kapur jadinya), dan memang benar mayoritas penontonnya adalah para remaja atau abg, meskipun emak gue kadang suka, tapi dia gak se-hype waktu ada telenovela maupun drama turki.
    Untuk drama Turki sendiri memang dari visualisasinya mirip sinet Indo, dan konfliknya pun... yah, klise... anak yang ditukar, perebutan harta warisan dll... tapi harus diakui aktor-aktrisnya emang cakep2... dan cakepnya itu kelihatan gak buatan (maap ye buat pecinta drakor), soundtracknya juga enak2 didenger (gak mellow, tapi ngena di hati).
    Hmm... setelah Mexico, Korea, India, dan sekarang Turki lalu setelah ini apa lagi coba.... :3
    tapi buat gue... gue lebih suka anime dan tv series Amrik... hehehe *all hail anime

    ReplyDelete
  25. aq emak2 tp penggila dramkor dan tak pernah berubah slama 13 tahun...drama korea jelas lbh bagus lah dr turki,turki byk jiplak drama korea..dan di drama korea smua jepas di ceritakan,misalnya jd org kaya,jelas kerjaannya di bidang apa..misalnya kedokteran,hukum,perhotelan,semua di ceritakan dgn detail gmn mereka bekerja...drama turki ceritanya begitu2 aja,coba tonton drama korea yg baru2,lebih canggih dan byk pelajarannya,ttg ilmu komputer..hacker2,mreka jg brani menyewa label perusahaan tertentu,tp emg drama korea sulit di terima kalo ceritanya canggih krn emak2 males mikir ato ga nyampe pikirannya,,,lebih tau ttg rebutan harta,rebutan suami istri,rebutan anak..buatku cerita begitu udah ga jaman..maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Kalo drama korea kita liat ceritanya aja sih bukan liat plastiknya,ceritanya masuk akal dan kreatif kalo drama turki sama india cerita kekerasan dan konfliknya, banyak tokoh jahat tiba2 menang tanpa sebab dan lebih pintar dari pada tokoh baiknya yang sering keok kaya sinetron indonesia jaman skrg,kalo yg dulu ceritanya masih masuk akal dan menceritakan keceriaan tokoh2nya bukan tangisan dan penganiayaan��

      Delete
  26. oh ya..drama korea pun telah sangat byk di tayangkan di tv indonesia,lebih dr satu dekade,,,mungkin ratusan judul,bahkan dulu drama korea di tayangkan 6 jam nonstop di tv indonesia,sdgkan drama turki kynya eksistensinya di indonesia cm sebentar..elif season lanjutan pun kurang di minati lg padahal drama turki baru setahun trakhir di indonesia

    ReplyDelete
  27. Kenapa orang indonesia banyak yang suka dengan drama turki? Karna mereka udah pada bosen nonton sinetron yg itu itu mulu, klw drama turki kan bawa angin baru, suasana beda, apalagi pemainnya yg berwajah bule bule. Dan kenapa orang Indonesia suka drama turki, karna alurnya mirip dg sinetron, yg selalu panjang, dan mbulet gak ada habisnya terlalu bertele-tele. Bahkan epsnya pun sm persis kyk indonesia, 300 eps ke atas, dg pembawaan sang tokoh yg sama persis dg pemeran sinetron.

    Gua sempet nyesel waktu nonton drama turki, kirain bagus gitu, secara geografiskan turki msh satu benua dg eropa, gua kira kayak khas film-film barat gitu, taunya -_-" sinetron banget, cuma beda tampang dan tempat gitu aja. Selain itu, menurut gua, aktingnya kurang natural, msh kelihatan kayak di buat-buat, apalagi sm alurnya, bikin sakit kepala gak ad habisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nonton drama turki Cinta Elif / Kara Para Ask di antv pasti bakal ketagihan dan bikin baper cerita nya enggak ala sinetron , cerita nya genre mistery action campur romantis pokok nya oke deh intrik2 nya keren sekali menceritakan ttg seorang polisi yang tunangan nya mati dan tentang pencucian uang . Memang sudah tamat di antv cuma dramturk ini recomended bgt bwt d tonton , akting nya bagus dan hanya 54eps doank ��

      Delete
  28. Elif vs the heirs
    Efsun dan bahar vs boys bifore flower

    PILIH YG MANA ?...

    ReplyDelete
  29. Menurut gua ni ya bagusan daram turki dari pada korea soalnya drama turki bukan cuman tanyang di indonesia aja tapi di beberapa negara bahkan drama turki lebih mahal daripada drama korea

    ReplyDelete
  30. Baik drama turki atau korea sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi saya cenderung memilih drama korea. Selera aja sih saya milih cowok klimis dari pada brewokan dan cewek bermata sipit. But overall yang saya suka dari drakor adalah ceritanya lumayan variatif dan mendetail terhadap pekerjaan atau latar belakang tokoh utama, konfliknya pun ngena, pun dengan episodenya yang pendek. Soalnya saya anti yang panjang panjang tapi bikinnya gak niat kayak sinetron..

    ReplyDelete
  31. Thanks infonya ya gan..Salam kenal
    Numpang Lapak ya gan..hehe
    BERITA TERBARU DAN TERUPDATE
    Berita Terbaru
    Berita Terupdate
    Berita News
    Berita Football
    Moto GP

    ReplyDelete
  32. Beberapa stuju beberapa lagi gimana ya, soalnya drama Korea emang memiliki alur yg jelas. Berbobot. Pesan moralnya juga biasa lagsung tangkep. Soal budaya emang agak kontras ya dgn Indonesia. Contohnya beberapa scene yg sbnarbya gak sesuai dgn budaya apalagi dari segi agama. Tapi jujur aja,pribadi, aku lebih mudah nangkep pesan2 yg disampaikan lwat dari drama Korea di banding drama2 yg memiliki episode yg terlalu pnjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju, saya juga lebih suka drama Korea soal budaya itu belakangan tp bagaimana cerita nya menarik atau tidak, jujur saya lebih suka drama Korea sudah 10 tahunan kira2 , itulah yg saya suka dari drama Korea cerita nya ga rumit dan episodenya ga panjang.

      Delete
  33. Menurut saya pribadi tetap suka K-drama, kenapa karena cerita nya lebih bagus konflik nya juga ga asal2,pemainnya juga ga kebanyakan sehingga konflik nya ga rumit kaya sinetron atau drama turki, endingnya pun kadang ga bsa ke tebak di luar pkiran kita, dan K-drama episode nya ga panjang x lebar πŸ˜‚ kya drama Turki elif smpe banyak season gitu, yg saya suka dari drama Turki pemainnya doang tp soal cerita saya ttap suka Korea drama apalgi filmnya bagus2 .awalnya sya sempet suka ntn elif tp lama kelamaan kok membosankan πŸ˜… cerita nya asli buat emak2 banget πŸ˜€
    Btw , ga smua artis Korea melakukan operasi plastik banyak orang Korea yg muka nya masih original.

    ReplyDelete
  34. Bagusan itu, daripada sinetron kalo nonton bikin stress sumpah😰😭.. please tolong hentikan penayangan sinetron india pusing nih.. kenapa sih kalian mau2nya beli sinetron india dan turki yg sm kaya sinetron indo kl gitu mah mending gk usah mending nonton aja sinetron indo soalnya cuma buang2 mengurangi kekayaan org2 indonesia ini. Untuk pembuat sinetron indo di mohon ya buat lebih teliti lagi dalam pembuatan ceritanya biar nanti sinetron negara kita yg bakal tayang di luar negeriπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  35. Jelas artis Turki ganteng dan cantik karena mereka-kan bangsa Eropa apalagi mayoritas dulu sekitar 91% beragama Islam, sdgkan Kristen terbanyak nomor 2.

    ReplyDelete
  36. Gimanapun juga gua tetap suka anime

    ReplyDelete
  37. Kalo gw suka turki apalagi yg latarnya sejarah atau crime
    Kyk draturk kara para ask (cinta elif)

    KlO yg sejarah muhtesem yuzyil (abad kejayaan ttg sultan sulaiman)
    Filinta (ttg agen polisi era ottoman abad 19 klo ente pernah nonton sherlock holmes latar nya ya akir2 abad 19 lah seru propertinya bagus)
    Atau klo ente pecinta Turki nasinalistik dan super agamis tontonlah PAYITAHT ttg Kahlifah abdul hamid 2 pada abad 19 awal abad 20
    Beliau brusaha melindungi tanah tueki dan segenap umat muskim dunia ada scene dia bantu ancem Dubes Belanda gara2 jajah aceh

    Mantap itu ga ada kan sinetron indo ky payitaht? Hehehhehe

    ReplyDelete