Kok Bisa?

by - 15:41




Gue selalu suka dengan orang-orang kreatif. Kreatif menurut pandangan gue sendiri adalah orang yang membuat sesuatu terasa berbeda dari yang lain. Mereka yang punya pemikiran kreatif engga akan ikut ikut arus yang lagi ngehits, bahasa gaulnya anti-mainstream gitu. Contohnya pernah gue tulis di blog ini, tentang Band OK GO dan Video Clipkreatifnya. Dan tadi gue merasa menjadi salah satu orang paling beruntung didunia (alah lebay!) setelah tau channel Youtubenya “Kok bisa?”. Pasti banyak yang udah tau nih sama channel youtube “kok bisa?”, jadi “kok bisa?” ini tuh sebuah channel youtube yang bermuatan edukasi tingkat tinggi. Kalau kamu pernah nonton video video dari Kurszgesagt, Smarter Everyday, Veritsium dan Crash Course, nah “kok bisa?” ini sama lah kayak mereka tapi dalam versi bahasa Indonesia gitu. Setau gue, kayaknya ini channel video edukasi kreatif pertama buatan anak bangsa deh. Soalnya gue belum nemu video kayak gini di Indonesia. Yang ada cuma video ala instagram yang bahas cinta-cinta dan jomlo gak jelas itu (yang diujung videonya pasti si aktor masang muka paling melas sedunia ditambah lagu galau tingkat tinggi, dih!). Sekarang waktunya channel channel edukasi kayak “Kok bisa?” nih yang harusnya berjaya.

Channel yang dibuat oleh 3 anak UI ini punya konsep yang sederhana sebenarnya, didalam videonya mereka berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tapi penting secara logis lewat animasi-animasi yang menarik. Seberapa gak penting pertanyaan kamu, kayaknya bakal dijawab sama mereka deh, secara mereka punya tagline “Tidak ada pertanyaan bodoh. Yang ada hanya orang bodoh yang tidak mau bertanya”. Wiih keren ya.

Salah satu poin plus dari “kok bisa?” (atau ini yang bikin channel ini menarik) adalah si narator yang ada di video. Gue suka banget cara dia menyampaikan isi materi videonya lewat bahasa anak muda banget dan mudah dipahami. Terlebih intonasi suaranya yang kayaknya udah jadi ciri khas banget bikin kamu gak boring saat mendengarkan penjelasan si narator.

Jadi tunggu apalagi, mending kamu stalking channelnya. Dijamin wawasan kamu bertambah deh





You May Also Like

23 comments

  1. Selama ini, baru kali ini gue berlama-lama di blog lu. Nonton dua video barusan. XD

    Hmm, gue langsung bilang, "Anjirrrrr, ini kelihatannya simpel doang, tapi kok bisa keren?"
    KOK BISAAA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren emang, moga makin banyak deh yang niat bikin video edukasi kayak gitu

      Delete
  2. anak ui emang keren. senggaknya gue jadi tau tentang dolar di video itu. tapi gue masih nggak paham... gimana caranya dolar menguat? kan katanya karena kebijakan-kebijakan tuh. tapi kenapa bisa ngefek ke negara2 lain sih... gue masih stress..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari video itu, kan dibilang investor dr amerika pada narikin capitalnya dari Indonesia. Otomatis dia bakal convert dulu dari rupiah ke dollar. Karena makin banyak perusahaan2 yang pengen nuker rupiah ke dollar. Dollar makin dikit. Sesuai teori suply demand, kalau suply dikit dan demand banyak maka harga suatu barang akan semakin mahal. Itu lah yg terjadi sekarang, dollar makin mahal

      Delete
    2. Bisa gak sih Rupiah itu patokannya bukan sama dollar, tapi sama emas ato apa gitu *SeriusNanya*AnakHukumButaEkonomi*

      Delete
    3. ya karena dollar kan mata uang internasional jd kayaknya gak bisa. Lagian kalau mata uang diganti sama emas bakal repot banget pas gue mau beli mobil Ferarri, kudu bawa berkilo kilo emas :)

      Delete
  3. Aku aja baru ngelike fp Kok Bisa kemarin waktu tau dari Kaskus, yang pas ngebahas rupiah melemah gitu. Menarik sih desain videonya, flat desain kekinian kayak iklan oreo.

    ReplyDelete
  4. kreatif banget videonya ditambah dengn desain yg lagi ngetrend saat ini Flat Design jadi makin asik buat dilihat.

    ReplyDelete
  5. Ngelihat kreatifitas editing video di atas jadi pengen bikin.. :3

    ReplyDelete
  6. Wah gue baru tahu kok bisa itu. Keren tuh seru. :)

    ReplyDelete
  7. Seseorang yg kreatif adalah seseorang yg mampu melihat suatu hal dari sudut pandang yg berbeda. Sebenernya setiap anak dilahirkan kreatif, hanya saja, seiring mereka bertumbuh dewasa, ada yg tetap kreatif dan ada yg menjadi tidak kreatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebenarnya semua orang dilahirkan sama, tapi ada yang berkembang ada juga yang kurang berkembang

      Delete
  8. Duh, ini bermanfaat banget.
    Aku kebetulan lagi nyari channel edukatif gini. Thanks, ya, bang.
    Langsung meluncur ke TKP :D

    ReplyDelete
  9. Iyatuh, aku jg suka bosen sm video instagram yg bolak balik ngebahas mantan-jomblo, gtu2 doang._. Waahhh... Keren nih, videonya tntg edukasi gtuu.. Biasanya kan video2 gini buatan luar negeri, skrg buatan Indonesia sndri, yeaayy, asiiikk! :D Animasinya kyak di iklan oreo bener, flat design ya namanya? Nama channelnya "kok bisa?" Kan? Nanti aku subscribe deh.. Itu video yg diatas blm aku buka ya kak, kuota lg seret, ntr klo udh beli aku buka kok :D

    Ehiya, itu cara nanya ke dianya gmn?? Kirim email gtu apa komen videonya aja? Enak tuh, klo nanya lgsg ditnggepin gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh malah gue gak suka sama video instagram yang bahas bahas mantan dan jomlo, bukannya karena merasa tersinggung tp ya kurang berkualitas aja gitu ngelucunya hehe

      iya gue juga baru tau itu namanya flat design

      Delete
  10. Wuiiihh. Nice infoo. Ini keren banget. Pengin lihat video-video yang lainnyaaa. KOK BISA? Keren.

    Tagline-nya oke banget tuh. “Tidak ada pertanyaan bodoh. Yang ada hanya orang bodoh yang tidak mau bertanya”.

    ReplyDelete
  11. Pertanyaannya sederhana, tapi sepertinya membutuhkan banyak materi untuk menjawabnya. Sepertinya sih.

    Btw kayaknya ini emang channel youtube pertama yang bergenre seperti itu diantara channel channel youtube absurd.

    ReplyDelete
  12. My most favorite tagline on it ! :) bookmark dulu nanti baru lihat channel-nya. Thanks untuk ulasannya ya

    ReplyDelete