Liburan Ke Rumah Nenek

by - 12:11

Sekarang lagi musim liburan, harusnya lagu Tasya Kamila ngehits lagi


Libur telah tiba

Libur telah tiba

Hore hore hore hooreeeeee!

Tapi bagi yang pengangguran, lagu Tasya Kamila udah kehilangan maknanya banget. soalnya buat gue Everyday is Holiday. Jadi lagu Tasya Kamila perlu dimodif sedikit supaya cocok ama keadaan gue yang pengangguran

Belum dapet kerja

Belum dapet kerja

Mampus Mampus Mampus Mampuuuus!

Liburan juga, bikin kota gue Bogor, yang tergolong kota wisata jadi macet. Gue main keluar, mobil plat B udah berjejer di jalanan. Ternyata banyak orang Jakarta yang rela macet-macetan buat liburan di Bogor. Gue jadi heran sama orang Jakarta, kok hobi banget ya macet-macetan. Mau berangkat kerja, macet-macetan. Mau pulang kerja, macet-macetan. Mau liburan yang judulnya refreshing juga harus macet-macetan. Seger engga, stress iya.


Kadang gue juga suka risih sama orang yang ngeluh-ngeluh macet di jalan. Apalagi harus di update di media sosial. Kenapa sih orang-orang ini harus ngeluh macet?

KAN YANG BIKIN MACET JUGA ELU ELU JUGA KAMPREEET!

Apalagi yang ngeluh macet ini, bawa mobil pribadi yang isinya kurang dari 4 orang. Coba aja orang-orang yang bawa mobil pribadi yang isinya cuma 1 atau 2 orang pada naik transportasi umum, dijamin deh macet bakal berkurang.

Tapi kayaknya sekarang macet udah jadi budaya dikala liburan. Kalo pergi liburan tapi gak kena macet engga afdol gitu rasanya. Apalagi yang pengen liburan tapi gak mau kena macet. Sama aja kayak pengen makan cabe tapi engga mau kepedesan.

Gue jadinya flashback ke masa masa SD dulu. Pasti setiap pertama masuk sekolah pasca libur panjang, dikasih tugas bikin cerita tentang liburan. Dan entah kenapa, cerita liburan favorit gue selalu sama:

LIBURAN KE RUMAH NENEK

Ada yang pernah bikin cerita gitu juga gak sih?

Meskipun gue liburannya pergi kemana-mana, tapi tetep aja cerita liburan ke rumah nenek tuh paling enak diceritain. Lagian ceritanya udah template gitu tiap tahun. Sama kayak disuruh bikin tugas gambar terus yang digambar 2 gunung, 1 matahari ama pemandangan sawah.

Waktu gue kecil, engga ada yang salah ama judul “Liburan ke rumah nenek”. Namun, semakin bertambahnya umur, semakin berkembangnya jalan pikiran gue, ternyata judul tersebut bener-bener salah. Judul tersebut mengajarkan gue menjadi orang rasis sejak kecil. Gimana engga, judulnya liburan ke rumah nenek, tapi di rumah nenek kan engga cuma ada nenek, masik ada kakek juga. Bayangin kakek gue, udah kakek kakek tapi engga dianggap ama cucunya sendiri. Pasti sedih.

Lagian gue yakin, itu yang beli rumah bukan nenek gue. Tapi hasil jerih payah keringat kakek gue. Surat tanahnya juga pasti atas nama kakek gue. Tapi malah gue kasih judul liburan KE RUMAH NENEK

Seandainya gue bisa flashback ke masa lalu, gue mau berada di waktu dimana gue lagi nulis cerita tentang liburan sekolah. Gue mau bikin cerita yang judulnya engga rasis lagi dan adil, yaitu

LIBURAN KE RUMAH KAKEK

YANG ADA NENEKNYA

You May Also Like

42 comments

  1. Untungnya tinggal di kota kecil ga ada macet:3 dipikir-pikir bener juga yang suka ngeluh macet itu padahal penyebabnya juga. Harusnya kalo jalan kaki baru deh boleh ngeluh kan ya._.

    Karena ga punya nenek, aku biasanya bikin judul pengalaman liburan cuma 'liburanku' keliatan lebih suram karena gak kemana-mana. Yang diceritain cuma kegiatan dirumah yang kebanyakan guling-guling doang.

    Atau boleh juga tuh judulnya diganti jadi LIBURAN KE RUMAH IBUNYA BAPAK atau LIBURAN KE RUMAH IBUNYA IBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kota kecil tuh kota yang penduduknya semut gitu atau gimana ya haha

      bisa juga sih, kan banyak kegiatan tuh di dalem rumah juga

      Delete
  2. Gue pas kecil gak pernah liburan.
    Pedih..

    ReplyDelete
  3. Bayangin kakek gue, udah kakek kakek tapi engga dianggap ama cucunya sendiri. Pasti sedih.

    Entah kenapa yang ini bikin ngekek. Kekekekek. Kasian kakek.

    Btw, saya nggak pernah liburan ke rumah nenek sewaktu kecil. Sebab dulu saya masih tinggal di rumah nenek. Hahaha.

    Sebenernya, liburan di rumah nenek itu bisa seru. Kalau yang liburan gadis bertudung merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah iya tiap hari liburan itu mah ahah

      Waduy kayak cerita dongeng dong ya

      Delete
  4. Hahahahaa iya bang. Waktu SD judul karangan yg paling hits memang itu. Liburan ke rumah nenek.

    Padahal rumahnya atas nama kakek. BAHAHAHAA

    ReplyDelete
  5. Nenek gue udah meninggal sebelum gue dilahirkan. Jadi selalu bingung setiap disuruh bikin cerita itu. :')

    ReplyDelete
  6. Gue waktu SD, pas baru masuk setelah liburan, paling sering cerita tentang Pergi Ke Ragunan. #AnakJakartaBanget

    ReplyDelete
  7. Kok gue baru tau ya, ada fenomena macam gini? Rasanya gue juga pernah SD, tapi dulu di SD gue disuruh nulis liburan ke mana? ngapain? Gak ada template liburan ke rumah nenek. Apa mungkin kareng rumah nenek gue cuman sejengkal dari rumah?

    Apa mungkin kakek merahasiakan ini? "Ahsudahlah."

    Ngomong nenek, gue jadi kangen waktu nenek masih ada. Kangen banget don. Tanggung jawab, lo. Udah buat gue mewek bgt ini. :'(

    ReplyDelete
  8. Hahahaha. Emang benar ya, seiring bertambah dewasanya kita, ada beberapa pemikiran yang dulunya kita anggap biasa aja, bisa berubah ketika kita mulai dewasa.

    Salah satunya ya ini. Liburan ke rumah nenek.

    ReplyDelete
  9. Oh iya ya, Jeh. Kok aku baru nyadar ya, kalau pemberian judul kayak gitu jadi bikin keliatan rasis. Trus pilih kasih juga. Kasihan si Kakek. Kakek tak dianggap :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya harus lebih teliti lagi bikin judul, harus mikirin perasaan orang lain juga. duh jadi baper kan

      Delete
  10. wkwkwk.. absurd gila. BTW emang iya ya, cerita itu udah maenstream banget. Gak pernah kepikiran gitu

    ReplyDelete
  11. wkwkwk.. absurd gila. BTW emang iya ya, cerita itu udah maenstream banget. Gak pernah kepikiran gitu

    ReplyDelete
  12. Gue juga waktu SD kalo disuruh nulis cerita tentang liburan, selalu judulnya "Liburan ke Rumah Nenek" padahal rumah nenek deket sama rumah gue, tinggal jalan lima langkah langsung nyampe :'v
    Mau nulis ke rumah kakek tapi kakek gue udah ga ada sejak orang tua gue belum ada rencana untuk melahirkan gue ke dunia :"3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu cocok judulnya liburan ke rumah nenek

      Delete
  13. Sekarang lo harus kekinian, Jeh. Liburan ke Rumah Mantan. Gitu.

    ReplyDelete
  14. wahahahahah..
    iya jugaa yaa..
    tp rata2 org blg rmh nenek krn kakek udh ga ada.. jd tinggal nenek. klo gw sih begitu.

    eh jd ingat judul ngarang zaman SD dah. hahaha..

    iya heran gw am org jkrta ya. hobi bener memposisikan diri dalam kemacetan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah passion mereka kali ada di tempat macet

      Delete
  15. bener nih jadi inget, gue juga pas sd kalau ada tugas itu pasti judulnya Liburan kerumah Nenek, yang padahal rumah nenek sama rumah gue cuma sebelahan -_- sampe sekarang juga masih sebelahan, yang pastinya gakan kena macet kaya bogor :v

    ReplyDelete
  16. Semangat cari kerjanya, semoga dapet. :)

    ReplyDelete
  17. macetnya nggilani banget anjir. nyampe kayak gitu bnaget.

    kayak cerita jaman SD suruh maju depan kelas menceritakan 'liburan ke rumah nenek' hehe nostalgia

    ReplyDelete
  18. aduh kalau dulu ceritanya pasti pergi memancing :D

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah kakek nenek masih diberi umur panjang :) jadinya kalau liburan masih bisa ketemu kakek nenek :)

    ReplyDelete
  20. Don, gue mau curhat neh, dengerin sambil baca yah

    Gue kan punya temen, namanya sebut saja Cahyo Nur Cahyo. Dia adalah temen gue, nah kan dia punya anjing peliharaan, sebut saja namanya Kucing. Nah kucing ini suka makan ikan berkepala lele dirumah gue, kan gue jadi KZL, nah pernah gue buang kucing dia ke alfamaret di depan rumah gue pake motor matic gua, eh tuh kucing kok nyolong ikan gue lagi njirr.
    Nah masalahnya gini, gimana caranya biar tuh alfamaret depan rumah gue jualan motor avanza? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama hidup, lu pernah gak tiba tiba ada orang dari belakang manah kepala lu?

      Delete
  21. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    ReplyDelete