Space Available dari Haris Firmansyah

by - 21:31

Sebagai anak motor sejati, gue suka penasaran banget sama hal-hal yang gue temui di jalanan. Salah satu hal tersebut adalah kenapa setiap billboard atau papan iklan di jalan raya yang belum terpasang iklan, pasti pake gambar anak kecil dengan tulisan gede-gede “SPACE AVAILABLE”. Entah itu anak siapa yang pengen banget eksis di jalan raya dan apa motif si orang tua ampe rela masang foto anaknya di billboard kosong? Oh  Kalo menurut teori gue sih mungkin aja karena anak kecil itu identik dengan keimutan dan kelucuan jadinya bikin banyak yang tertarik buat ngisi SPACE AVAILABLE di papan iklan tersebut.

Ngomong-ngomong Billboard, gue jadi inget Haris Firmansyah (Bridging yang sungguh maksa sekali). Kamu tau siapa Haris Firmansyah? Yap dia memang bukan siapa-siapa. Engga becandaa! Haris ini termasuk blogger yang produktif banget, soalnya selain ngeblog dia udah bikin banyak buku. Beda jauh lah sama gue, blogger yang cuma bisa bikin kamu jatuh cinta. WADAAAW!

Berhubung Haris lagi merayakan hari jadinya yang pertama sebagai blogger, dia ngadain Give Away dengan tema ngereview keunikan tulisan-tulisan dia di blog dan bukunya. Karena hadiahnya yang menggiurkan dan tanpa syarat bertele-tele kaya follow blognya, like facebooknya, ikutin twitternya, berangkatin haji orang tuanya, alhasil gue tertarik buat ikutan GA nya.

Kalo mau bahas keunikan dari tulisan Haris, yang paling kentara tentu aja pemilihan kata ganti orang pertamanya menggunakan “Saya” ketimbang “Gue”. Bagi gue ini unik banget, soalnya jarang ada blogger personal yang pake kata Saya sebagai kata gantinya. Terlebih cerita-cerita di blognya Haris temanya komedi bukan blog yang bahas-bahas sajak dan prosa dengan menggunakan majas hiperbola dan sebagaimana. Kalo menurut pandangan gue, ngegunain kata “Saya” bikin cerita tuh jadi kaku. Rasanya Kaya lagi bikin surat izin sakit demam berdarah ke wali kelas. Tapi Haris dengan jelinya, bisa membawa kata “Saya” menjadi engga kaku dan bisa menimbulkan komedi renyah di ceritanya.

Beralih ke isi tulisan, gue suka dengan tema-tema yang dipilih Haris buat dijadiin tulisan. Banyak tema tulisan yang sebenarnya sepele, tapi kalo ditulis dari prespektif berbeda bakal menciptakan tulisan yang fresh, enak dibaca dan gak bosenin. Itu lah Haris Firmansyah. Coba deh mana ada orang yang kepikiran buat nulis, 10 golongan manusia berdasarkancara makan bubur” atau “7 artis yangtak boleh baca doa puasa di SCTV”. INI APA MANFAATNYA BAGI KITA RIS, APAAAH??!!! Tapi mungkin Haris ini salah satu blogger yang pola pikir dalam menemukan tema tulisannya sama kaya gue, mengangkat hal gak penting menjadi penting dan layak diperbincangkan dengan tajam, setajam tikungan sirkuit Sentul.

Selain bahas hal-hal absurd, konten di blognya juga ada yang ngebahas film, cinta-cintaan, wawancara dengan entah siapa gue gak kenal. Dan semua konten tersebut dikemas dengan gaya komedi.

Terakhir yang paling gue suka dari cerita-cerita di blognya adalah bagaimana Haris “ngeperetelin” tiap hal yang bisa dibikin lucu. Contohnya ada di artikel “Bantu balesinkomennya Isyana” atau “Pembalasan untuk cita-citata”. Di situ, keliatan banget bagaimana Haris mengobrak-abrik tiap suku kata untuk mencari sisi lucunya. Dan ngelakuin kaya gitu tentunya engga gampang. Perlu imajinasi tinggi dan wawasan yang luas.

Tapi sayangnya meskipun udah banyak membuat buku dan termasuk blogger terkenal di Indonesia, sampai sekarang si Haris ini masih jomlo aja ckck. Kabarnya sih, dia juga sempet di tinggal nikah sama mantannya dulu. Yuk yang mau bikin gerakan 1 tisu untuk Haris, boleh digagas dari sekarang.

Tolong tisunya, guys

Ngeliat kondisi Haris kaya gitu, gue jadi kepikiran lagi sama Billboard yang sering gue liat di jalanan. Gue bisa asumsikan kalo Haris Firmansyah itu sama halnya kaya Billboard kosong, dimana Billboard kosong akan ditempel gambar anak kecil yang imut dan lucu dengan tulisan gede-gede “SPACE AVAILABLE” supaya menarik orang-orang untuk beriklan disitu. Sama halnya dengan hati Haris Firmansyah yang kosong, dimana Haris mencoba membuat blog dan buku genre komedi yang lucu dan bikin ngakak supaya bisa menarik seorang perempuan untuk singgah di hatinya yang masih bertuliskan “SPACE AVAILABLE”. Ceileh.



You May Also Like

19 comments

  1. Jehahahahaha. Bisa amat si Dijeh ngait-ngaitinnya. Tapi bolehlah kalau ada cewek yang lebih muda tiga tahun dari saya yang berminat mengisi kekosongan yang kamu sebutin di atas.

    Overall, keren. Kompor gas! Grrr-nya berantakan. Ketawanya HA!

    Dan makasih udah ikut ngeramein. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow nyari dedek dedek gemes

      wahha yoi sama-sama

      Delete
  2. Nah iya, pemakaian kata ganti orang pertama "Saya" itu malah bikin tulisan Bang Haris nggak kaku kalau kita baca ya, Jeh. Sopan-sopan menggelikan nan menghanyutkan. Huahaha.

    Ini review sekalian bantu temen buat cari jodoh kelihatannya. Keren keren. :D Btw itu gerakan 1 tisu untuk Bang Haris, terima tisu magic kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini review sogokan gitu, biar dimenangin ama Harris

      Delete
  3. Cocoklogi macam apaan ini mengaitkan bang Haris sama Billboard hahaha...

    Iya sih gue liat doi sering ganti penggunaan kata gue jadi saya. Cukup kaku, tetapi itulah khas nya. Memiliki ciri tersendiri. Menjadi diri sendiri itu baik.

    Semoga "space" nya Haris Firmansyah cepat terisi, yak :p
    Goodluck bang dijeh GA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti gue bakal nulis kata ganti orang pertama dengan "Ane" supaya berbau arab-arab gitu

      Delete
  4. Soal kata ganti "saya" emang masih jarang, sih. Ehehe. Menurut saya, ngadain GA tanpa syarat yang bertele-tele itu keren. Soalnya agak aneh aja gitu, mau berbagi tapi kok banyak syarat. Hahaha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah setuju Yog, males deh kita ya ngikutin lomba yang birokrasinya berbelit-belit

      Delete
  5. Sejauh ini kata ganti 'saya' yang dipake sama sama blogger itu sama yang namanya Bayu Putra, ranger itemnya BE, awalnya pake gue terus berubah jadi saya terus jadi nggak pernah ngeblog..

    kalo penulis sih Indra Widjaya juga pake 'saya', tapi Haris emang udah konsisten banget dari dulu ... yang paling gue salut tuh.. Haris kayaknya ada2 aja nemu ide sepele buat dijadiin tulisan yang seger~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan-jangan Harris bakal gak ngeblog lagi nih

      Iya bener banget bang edotz

      Delete
  6. Bhahahaa space available banget dari bang Haris. Kasian jomblo. Pernah ditinggal nikah pula.

    Bang Haris bisa aja ngangkat hal yang sepele jadi super kocak dan bikin ngakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi dong space availablenya bang Harris, lan.

      Iya bener banget haha

      Delete
  7. Ini promo buku plus promo buat haris yang masih jomblo. Duh nyesek yeh ditinggal nikah sama mantan xD

    Cewek-cewek yang masih jomblo merapat tuh ke hatinya haris siapa tahu cocok hahaha

    ReplyDelete
  8. Bridgingnya anyiiing ya -_- wkkwwk :D

    Waahahah Bang Haris mah produktifnya udah nggak bisa diragukan. Meskipun baru setahun ngeblog, bukunya dia udah banyaak banget ._.

    ReplyDelete
  9. Btw, saya juga pake saya, Bang Dijeh, kalo nulis di blog. Hehehe bolehlah dikunjungi blog saya..

    Sangat aneh sekali, ya, dari Billboard jadi Haris Firmansyah. Tapi kalo udah dikait-kaitkan sama hati, semuanya jadi terasa nyambung, kayak gombalan-gombalan di luar sana yang pasti dikait-kaitkan dengan hati. Bapak kamu tukang bubur, ya? Iya, karena kamu telah menaik-hajikan hatiku. Selalu begitu.

    ReplyDelete
  10. Sangat menarik gan artikelnya. menarik hati... hkhkhk
    salam sukses...

    ReplyDelete
  11. belum pernah liat tuh billboard yg isinya gambar anak-anak

    ReplyDelete