Lika-Liku Dunia Commuter Line Bersama Dijeh

by - 00:24


Gue rasa orang yang paling sedikit punya dosa di dunia ini tuh ada dua: Mpok Minah di film Bajaj Bajuri sama announcer comuter line jam 7 Pagi, hampir tiap hari kerjannya minta maaf terus!

Sebagai rekan commuters (Please jangan sebut gue anak kereta) gue udah hatam pisan dunia per-commuter line-an antara Bogor – Jakarta. Itu gara-gara rumah gue letaknya di Bogor hmmmm iya iya Bogor sonoan dikit deh, dan kantor gue di Jakarta, jadi mengharuskan tiap hari pulang pergi naik commuter line. Buat yang belum tahu, commuter line ini tuh kereta listrik yang ngehubungin Jakarta – Bogor – Depok – Bekasi dan Tanggerang. Kalo yang ngehubungin hati aku sama hati kamu namanya Comuter-muter di situ terus alias cuma dianggap temen aja :’). Eh kok jadi curhat colongan sih!!!

Jadi jadwal gue tiap hari adalah:

Bangun tidur

Mandi

Sarapan

Pergi ke Stasiun

Dengerin announcer commuter line minta maaf

Masih minta maaf

Kereta datang

Desek-desakan di dalam gerbong

Teriak “GUE MAU HIDUP DI PEDALAMAN HUTAN AMAZON AJA YA ALLAH!”

Ulangi 5 kali seminggu!

Waktu awal-awal naik commuter line memang kesiksa banget. Tapi dengan berjalannya waktu, akhirnya gue terbisa buat dempet-dempetan di kereta. Apalagi kalo harus dempet-dempetan ama cewek, umur 22an, kacamata, rambut cepol, bukan gemini, ngerti bola, hobi baca, beragama islam, patuh pada perintah agama, rajin bersedekah, dan hidupnya mapan. Jangankan didempet dalam gerbong, didempet dalam hubungan asrama aja gue sanggup deh.

Kayak yang gue sebut di awal, announcer commuter line tuh pasti dosanya dikit banget. soalnya apa-apa minta maaf. Tapi untungnya mereka ini minta maafnya simpel, lugas dan tegas jadi penumpang cepet paham.

Teng nong neng nong “Mohon maaf commuter line Bogor – Jakarta saat ini belum bisa diberangkatkan”. 

Enak kan didengernya. Jadi jangan sampai PT KAI ini merekrut annoucer commuter line yang punya sifat lebay dan puitis. Gue takutnya pas mau minta maaf jadi ribet.

Teng nong neng nong “Ketika lisan yan tak terjaga. Untuk janji yang diabaikan. Untuk hati yang berprasangka. Untuk sikap yang menyakiti rasa. Mohon maaf commuter line Bogor – Jakarta belum bisa diberangkatkan. Taqabalallahu Minna wa Minkum, Minal aidin wal faizin. Announcer comuter line dan keluarga.

YA ALLAH HAMBA MAU LANGSUT SHOLAT IED AJA!


Gue juga paling males sama orang yang pura-pura tidur di kereta. Bukannya apa-apa, mereka tidurnya bawa kasur terus ngampar di lantai. Eh becanda-becanda. Salah satu alasan kenapa banyak orang yang pura-pura tidur di kereta mungkin karena suasana di kereta tuh ngebosenin banget. Coba gitu PT KAI bikin inovasi supaya suasa di kereta gak boring. Misalnya kayak ngebuat announcer commuter line ini lebih interaktif, alih-alih cuma ngasih pegumunan.

Misalnya kalau kereta mau samapi stasiun tertentu “Sesaat lagi kereta anda akan tiba di stasiun Pondok Cina.” 

Itu kan biasa banget ya. Coba dibuat lebih menarik

“Sesaat lagi kereta anda akan tiba di stasiun....?

A. Pondok Cina
B. Depok Baru
C. Citayam

Gue jamin penumpang kereta enggak bakal ada yang tidur. Soalnya jadi bingung udah nyampe stasiun mana.

Atau supaya lebih Indonesia banget, pengumuman kayak gitu tuh dibuat pantun.

Sore-sore paling enak dengerin lagu

(Chakeeep!)

Apalagi sambil nemu harta karun

(Chakeeeeep!)

Keretanya udah nyampe Pasar Minggu

(Chakeeeep!)

Hati-hati saat melangkah turun

(Announcernya langsung disiram tepung) (Dikata Facebookers!).

Btw kemaren Presiden Jokowi baru aja nge-reshuffle menteri-menterinya. Dan salah satu menteri yang diganti adalah Menteri Perhubungan. Semoga nih menteri perhubungan yang baru ini bisa meningkatkan kualitas transportasi di Indonesia, khususnya transportasi commuter line. Dan gue berharap Menteri Perhubungan yang baru ini enggak mengizinkan para Youtubers buat magang jadi announcer kereta api. Gue enggak mau pas masuk stasiun tiba-tiba ngedenger

YO YO WAZAAAP GUUUYYS!! Ketemu lagi sama gue announcer kereta api yang nakal tapi tampan! Pokoknya jangan lupa buat Like Share dan Subscribe channel PT KAI ini guys!!! BRRRKICEPEH!


You May Also Like

13 comments

  1. Asik juga yaa kalau di daerah kamu ada transportasi commuter line gitu. yaa, meskipun harus setiap hari bolak-balik bogor-jakarta make commuter line, nikmatin aja lah bro. siapa tahu kan nanti bisa kenalan sama cewek umur 22an yang kamu deskripsikan itu haha.

    bener-bener baik hati banget yaa announcernya, dikit-dikit minta maaf. aku ngakak banget tuh waktu lihat foto orang yang tidur sampe kepalanya mendongak ke atas gitu haha, lihat deh, orang disebelahnya aja sampe pasang muka bete gitu.

    ya semoga nanti transportasi bisa dibikin lebih asik deh sama menteri perhubungan yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik?? HAHAH Coba rasain naik Commuter Line jam 7 pagi!

      Masih banyak loh foto-foto absurd orang tidur di kereta, itu mah belum seberapa

      Delete
  2. Kocak :v

    Eh serius mau tinggal di pedalaman amazon? Gak ada komuter malah ada piranha. Kelar dah gajadi sholat eid

    Terinspirasi dari announcer, coba bikin pengumuman bohong. Sebentar lagi stasiun akan tiba di x, padahal udah di z. Org yg tidur, panik, kemudian loncat dri jendela.

    *Semoga saran gw ga didengar mentri itu. Siapa dah tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah announcernya yang langsung dibuang di pedalaman hutan amazon

      Delete
  3. Sebenarnya sih keren dan asik ada commuter line. Yah, gak enaknya itu ramainya. Udah kaya mau ambil sembako.

    Knpa gak suruh announcernya, bikin lomba makan kerupuk didalam commuternya? Hahaahahaha. Hadiahnya dapat naik commuter gratis

    ReplyDelete
  4. Apaan pengumuman kasih pertanyaan pilihan ganda wkwkwkwk... aku bayangin beneran hahaha... Itu mbaknya yang boboknya sampe kebalakang gitu kepalanya beneran apa boongan?

    ReplyDelete
  5. Mending bang dijeh jadi duta commuter Indonesia aja deh, paham banget seluk-beluk permasalahan dalam per-comuter-an Indonesia.

    Itu mungkin suara announcernya merdu makanya penumpangnya pada tidur. Mana kepalanya sambil ngejeblak gitu.

    ReplyDelete
  6. Asik nih tulisan, udah kayak materi stand up comedy. Ngomongin perkeretaapian, gue jadi inget. Waktu itu gue pernah naik kereta dari Bandung ke kampung halaman, Magelang. Tepat di depan gue ada mbak-mbak yang seenak jidatnya buang ingus sembarangan (iya sih dia pake tisu tapi tetep aja nyebelin). Yap, gue juga berharap dwngan digantikannya menteri kita, bakala ada gebrakan baru dan sesuatu yang baru deh pokoknya.

    ReplyDelete
  7. Wkwkwk. Si Dijeh total banget ngelucu di sini. Soalnya di web sebelah, ngelucunya kayak ditahan-tahan gitu. Ngakak banget pas bagian pengumuman pakai ala sms broadcast lebaran itu.

    ReplyDelete
  8. walaupun bukan manusia yang tiap hari pake KRL, tapi aku termasuk sering memilih KRL saat ingin bepergian ke beberapa tempat, karna mure.
    jadi Hidup Rekan Commuters!!

    iya yak, warbyasah memang annauncer itu pahalanya, tiap pagi lebaran. :')
    dan petugas yang cuma kedengaran suaranya "Pintu akan ditutup" sama itu juga pahalanya lumayan banyak sih, karna mengingatkan bahwa pintu krl beda dengan pintu maaf. Pintu KRL bisa ditutup, tapi pintu maaf tidak.

    Taqaballahu minna waminkum taqabbal yaa karim. minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
  9. Di Banjarmasin belum ada kereta api jadi gue kurang tau tentang commuter line gitu . Tapi asyik banget kayaknya ya kalau ada. Gue langsung nulis kayak gini juga deh di blog aha.

    Chaakepp euy tulisannya. Bikin ngakak2 hehe. Gue paling ngakak kalau commuter line orang yang puitis. Hahaa

    ReplyDelete
  10. hahaha foto yang wanita tidur sambil mangap bikin ngakak ngelihatnya :D

    lo beruntung ya men bisa menikmati suasana rame di commuterline kayak gitu ... jadi banyak bahan buat tulisan, , sedangkan gue cuman bisa baca-baca doang soalnya bingung juga mau naik commuter line kemana soalnya ndak pernah sama sekali :D

    kampret paragraf terakhir, asyik juga kalau ada anouncemer yang bergaya bahasa kayak gitu :D

    ReplyDelete
  11. siapa itu wanita yang tidur dalam foto? sepertinya menikmati sekali perjalanan KRL nya

    ReplyDelete