Ribetnya Jadi Orang Indonesia

by - 21:11

Adat istiadat yang bikin ribet
Tau gak sih kalo orang Indonesia tuh hobi banget ngeribetin dirinya sendiri. Contohnya aja kayak mau nikah. Kan nikah mah tinggal ada calon pengantin, penghulu, saksi, ijab kabul, kelar acara! nah karena orang Indonesa tuh maunya ribet, dibuatlah acara dangdutan, makanan prasmanan, penampilan stand up comedy, pertunjukan sulap, pembacaan puisi, pertandingan bola, reshuffle kabinet, pemilihan presiden, dan macem-macem. Emang kenapa sih kalo orang nikah tuh dibuat simpel aja gitu gak usah ribet-ribet serba mewah. Gue sih gak pernah denger tuh ibu-ibu yang hobi gosip di tukang sayur ngomentarin nikahan orang. 

“Jeng jeng masa ya, kemarin saya ke nikahan anaknya Pak lurah, tempatnya tuh sempit banget. Padahal di Hotel”

“Masa sih jeng? emang hotel apa?”

“Hotel Monopoli!”

Semua ibu-ibu di tukang sayur “UWADUDUUDUY!!!”

Udah lah gak usah bahas nikah ya. Kasian yang belum nemu pasangan sampe sekarang *nangis*. Ngomong-ngomong ribet, gue jadi inget kasus kopi sianida Jessica Mirna itu deh. Sampe sekarang belum kelar-kelar ya? kok ribet banget sih prosesnya. Padahal nih kasus udah dari kapan tau. Terus kayaknya juga, gue tiap minggu denger Jessica Sidang. Tiga Minggu yang lalu gue denger Jessica sidang. Dua minggu yang lalu masih sidang. Terus Minggu ini gue denger Jessica sidang lagi. Ini sih kalo Jessica sidang terus, kapan mau diwisuda????? 

Keribetan sidang ini tuh beda banget kalo yang disidang orang-orang miskin yang kesalahannya sepele banget. Kayak waktu itu gue pernah baca ada nenek-nenek yang nyuri ubi atau apa gitu, terus tiba-tiba divonis 5 tahun penjara. pasti karena mentang-mentang gak punya uang, si nenek gak bisa nyewa pengacara handal buat nanganin kasusnya. Jadi bener sih kalo hukum di Indonesia masih tajam ke bawah tumpul ke atas. Maling ayam cepat sekali di berantas, tapi hukuman terhadap korupsi cuma ada di atas kertas. BAKAR KORUPTOOORR!!!

Tapi nyadar gak sih kalo makin ke sini Jessica makin cantik gitu. Bandingin sama pertama kali dia muncul di TV, mukanya kusut banget kayak kabel headset di taro di tas. Gue curiga kalo selama ini Jessica tuh di-endorse sama produk kecantikan. Karena pas sidang semua media ngeliput Jessica, jadi momen itu momen yang pas buat promosiin produknya.

“Saudari terdakwa, apakah benar saudari memasukan racun sianida ke kopi korban?”

“Be-benar yang mulai. Tapi sebelum saya memasukan racun tersebut, saya terlebih dahulu pergi ke toko kecantikan untuk membeli sabun lulur purbasari”

“Saudari terdakwa, Bisa tolong jelaskan lebih rinci?”

“Purbasari adalah produk kecantikan nomer satu. Cocok untuk wanita dan iklim tropis di Indonesia. Purbasari? Lulurnya yang gambar putri raja!”

“BUKAN PURBASARINYAAA!!!!” Yang mulia langsung resign!

Ya pokonya ribet banget deh ini kasus Jessica!

 

You May Also Like

43 comments

  1. Lama-lama Jessica bakal jadi duta kopi Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Hahahaha. Lucu anjir! Iri sama Dijeh yang masih bisa lucu walau udah sibuk jadi content writer. Saya udah nggak bisa ngelucu lagi nih. :(

    ReplyDelete
  3. Aduuu kalo soal ribetnya kasus Jessica Mirna aku ga ngerti deh. Tapi kalo soal ribetnya ngurus adat ini itu di Indonesia sih emang iya. Tapi itu tuh yang bikin Indonesia jadi unik.
    ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ribetnya aku, kamu ngertiin gak?

      Delete
  4. Namanya juga adat budaya dan tradisi, ya wajar kalau acara kawinan ribet. Kalau g mau ribet g usah, gitu aja kok repot :p

    Itu si jesica kenapa sidang mulu? Soalnya dia ngotot ngajuin laporan, padahal revisian dosen belom dibenerin. Makanya pengujinya marah, terus ngulang sidang lagi, lagi, dan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kan lebih baik dibuat sederhana gitu, gak baik kalo sampe berlebih-lebihan dalam suatu hal

      Kasian Jessica :(

      Delete
  5. hahaha.. masa ngadain nikahan di hotel monopoli, tapi emang sih, kadang gue juga ngerasa ribet sama tradisi di indonesia, tapi kalo bukan kita yang ngejalani itu tradisi siapa lagi? kalo ga sekarang, kapan lagi? *kampanye*

    soal jesica bener juga tuh, sidang mulu tapi ga wisuda-wisuda, hahaha. gue udah males sih ngikutin beritanya, di satu sisi media juga lebay, kayak ada sebuah isu penting yang berusaha dialihkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tradisi itu malah lebih kenyusahin ya huhu :(

      Delete
  6. Kirain cuma saya saja yang ngerasa Jessica makin cantik aduhai, duh jadi naksir ama dia ya rabb....

    ReplyDelete
  7. Orang Indonesia mah emang hobinya ribet, kalau ga ribet berasa ada yang kurang jadinya ga afdol. Lagian nikah mah nikah aja, pake dangdutan atau engga juga ga mempengaruhi hubungan rumah tangganya.

    Baru engeh si jessica emang cakepan kayanya dia terima jasa endorse deh buat pemasukan disidang selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini gue demen. Sama orangnya. Eh sama komentarnya lah!

      Nunggu Jessica main iklan aja kita mah deh

      Delete
  8. Wkwkwkwk ini kalo dijadiin materi stand up comedy kocak nih XD

    Tapi emang bener sih, orang Indonesia mah suka ribet. Yah namanya juga tradisi turun temurun jadi rasanya kurang afdol kalo gak dilakuin. Selama gak bertentangan sama nilai nilai agama, menurut aku sih sah sah aja. Tapi kalo sampe tradisi itu harus diwajibkan, padahal dalam agama gak wajib atau bahkan dilarang, rasanya gak perlu dijalankan.

    ReplyDelete
  9. Yang Mulia langsung resign, lalu buka bisnis produk kecantikan dan menggunakan jasa endorse Jessica untuk promosi -__-

    Yup, namanya jg org org kita. Kalau ga ribet ya ga mantep, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal yang mantep cuma mancing mania

      Delete
  10. Iya kali jeh... Buat nikahan. Anak pak Lurah lagi, di hotel monopoli. Itu bukan kecil. Gak muat woy!!! :D

    Ngomongin si Pembunuh Kopi, gue bingung juga Jeh. Kenapa sidangnya lama banget. Kan bentar lagi dia bisa di DO. Kan kasihan kalo dia gak wisuda.

    Indonesia emang banyak ribetnya, gak tau gue kenapa. Tapi, gue kalo nikah maunya yg sederhana aja. Biar uangnya bisa dibelikan keperluan keluarga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, variabelnya kurang kali ya

      Keperluan keluarga jauh lebih penting daripada nyewa biduan dangdut

      Delete
  11. UWADUDUY INI NGAPA MASIH LUCU AJA, SIH. BANGKHE!
    Gue, sih, sampe sekarang gak pernah ngikutin kasus dia. Buang-buang waktu. Muahaha. Taik dah, segala di-endorse sidang doang. :))

    ReplyDelete
  12. Yakwa itu jessica niat amat ngendorsnyaaa... xD

    Gue malah gak ngikutin perkembangan kasus kopi sianida itu, muka jessicanya aja aku lupa yg mana. *kudet banget ini jadinya*

    ReplyDelete
  13. UWADUDUDUY hahaha, ngakak banget, yaa hotel dimonopoli ditiup aja udah goyah, apalagi dibuat nikahan. yaa, tapi memang ada benernya juga sih, nikahan di INdonesia ini lumayan ribet juga.

    Hmm, aku sendiri aja sampe bosen ngelihat wajah Jessica di tivi. dikit-dikit sidangnya dia, dan itupun nggak kelar-kelar. biarlah mereka asik sendiri, kita nungguin hasilnya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kita nunggu highlight-nya aja di Kompas Sports

      Delete
  14. Kalo gue malah kasihan sama kasuss seorang nenek/kakekk ang mencuri ubi karena untuk makan . Kasihan banget .. kalu si nenek tersebut punya uang , pasti enggak bakal mencuri.Ia mencuri karena kepepet aja , mau gimana lagi coba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pak, namanya mencuri tetep aja salah sih sekepepet apapun

      Delete
  15. Kalau masalah nikah mah itu terserah kita, mau sederhana atau mau nikah mewah. Tapi, bener juga ya kasusnya si Mirna itu udah lama masih ada sidang terus. Bosen. Humum di Indonesia itu emang (sorry) tai. Tajam ke bawah tumpul ke atas. Makanya koruptor gak pernah ada kapoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokil! Kapan nih kita mau demo depan istana presdien?

      Delete
  16. Duh gara2 sinyal jelek jadi ilang komentarnya -,-

    Masalah nikah sih bisa gak diambil ribet asal didiskusikan dlu aja ama calonnya.
    Kalo masalah sidang jesica mungkin dia nunggu bareng gue wisudanya hahaha
    Emang bener sih berita jesica itu terlalu mendominasi setiap station tv, padahal masih banyak berita yg lebih baik yang harus diberitakan.
    Nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saik! harusnya berita-berita GNFI gitu ya yang harus ditayangin sama tv lokal kita

      Delete
  17. gue kira nikahan presiden sekalian reshuffle kabinet, ternyata enggak. Emang keknya ibu-ibu kang gosip gitu mulu ya.

    Gue rasa bener kata lo bang, jessica makin hari makin cakep gitu ya, sejak ditinggal suaminya ke jerman, padahal udah janda anak satu, tapi masih fresh kek ayam tiren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh Jessica udah punya suami? apa ini mah Jessica Iskandar?

      Delete
  18. "Tau gak sih kalo orang Indonesia tuh hobi banget ngeribetin dirinya sendiri." - Tau kok. Contohnya gue dan bokap gue suka ribet kalo mau pergi, persiapannya panjang. Sama panjangnya kayak seri sidangnya Jessica. Ahahahahkkk :D

    ReplyDelete
  19. Bener banget,... justru yang bikin ribet kita sendiri sih...
    ngapain juga ikut2an adat segala...heheh

    ReplyDelete
  20. iya ribet banget.. kebetulan saya org jawa kalau mau nikah ribet banget adat yg harus dijalankan.. hoaamm

    ReplyDelete
  21. Iya. Dibikin ribet karena orangtua mikirnya apa kata tetangga. Hahah. :D Tapi kalok agama laen setau ku emang harus dirayain sik. Nah kalok dari sisi Islam mah emang gak mahal.

    ReplyDelete
  22. Itu kasus Jessica kayanya disengaja lama-lama

    ReplyDelete
  23. Bantu view dan jempol nya ya. Thankss https://youtu.be/kIRmXleH_FU

    ReplyDelete
  24. ribet tp kadang ngangenin....
    sama kyk yg nulis ^^

    ReplyDelete
  25. heheh.. memang gtu..
    apa- apa mesti dibikin ribet, yang seharusnya bisa dimudahkan malah dibikin susah

    ReplyDelete