Bangjo dan Orang-orang Narsis di Yogyakarta

by - 14:25




Beberapa minggu yang lalu, gue abis liburan ke Yogyakarta. Ini liburan kesekian kalinya yang gue habiskan ke kota yang dikenal dengan sebutan pendidikan itu. Entah kenapa, suasana di Jogja tuh emang ngangenin banget.

Setiap ada libur panjang atau tanggal merah, Jogja kayak bisikin di telinga gue, “Ayo mas, sini mas datang padaku”

Seringnya gue jalan-jalan ke Jogja, gue juga merasakan banyak perbedaan dengan kota-kota lainnya. Paling gampangnya sih sama kota gue, Bogor.

Misalnya, di Bogor, sebutan buat lampu lalu lintas adalah lampu merah (entah apa perasaan lampu kuning dan lampu ijo yang gak dianggap).

Tapi, beda halnya sewaktu gue di Jogja. Di Jogja, enggak ada lampu merah. Adanya adalah....

BANGJO!

Mungkin kamu bakal sedikit terlihat bodoh ketika datang ke Jogja terus nanya lokasi ke akamsi alias anak kampung sininya Jogja.

“Ayam geprek Bu Rum lewat arah mana ya, mas?” tanya gue.

“Oh itu, nanti pos polisi belok kiri, terus ketemu bangjo ambil kanan”

Dalam hati gue, siapa juga bangjo sampe gue harus nanya-nanya ke dia.

Sampainya di sana, ternyata bangjo adalah lampu merah atau lampu lalu lintas.

Gue kira bangjo itu pesulap.

Bang Joe Sandy
Setelah gue cari tahu, bangjo ini singkatan dari Abang Ijo. Yailah bro-bro. Gue rasa penamaan ini tuh kurang pas. Soalnya kan lampu lalu lintas ada tiga warna bukan cuma ijo doang.

Kalau pengen nyebut bangjo sih harusnya bukan buat lampu lalu lintas dong, tapi buat....

Ini Baru Abang Ijo

Selain masalah bangjo atau lampu lalu lintas, hal unik lain kalau gue liburan ke Jogja adalah kulinernya. Banyak banget Ya Allah!

Gas motor dikit, nemu tempat makan. Gas motor lagi, nemu tempat makan. Gas motor lagi, nyampe Surabaya. Waduh kejauhan.

Di jogja tuh, semua tipe makanan ada. Mulai dari ayam geprek, gudeg, bakmi, bakpia, semuanya ada.
Ya menarik perhatian gue sebenarnya bukan jenis makanannya, tapi nama tempat makannya.

Kalau ke Jogja, coba perhatiin deh nama-nama tempat makanannya tuh selalu menyertakan embel-embel dari nama si penjual. Misalnya nih, Ayam Geprek Bu Rum, Sate Klathak Pak Pong, Oseng Mercon Bu Narti, Gudeg Yu Djum, Sego Pecel Bu Wiryo.

Narsis banget gak sih mereka itu.

Untungnya nih, nama-nama orang zaman dulu tuh simpel dan mudah dilafalkan. Gue gak kebayang kalau anak-anak generasi milenial terus buka usaha restoran pakai strategi embel-embel nama mereka sebagai nama tempat makannya.

“Eh eh, weekend besok kita nyobain tempat makan baru yuk!”

“Tempat makan apa, sis?”

“Itu loh, yang deket balai kota, namanya Sate Klatak Pak Raffasya Zabdan Shazad Al Zuhri”

“Ah itu kurang enak. Mending kita makan yang lain aja”

“Apa tuh?”

“Oseng Mercon Bu Xiovariel Audrey Azzalea Keandra Raghuf Syandana.”

Kenyang enggak, mulut keluar busa iya.

You May Also Like

16 comments

  1. Jogja emang surganya kuliner lezat.
    terus jalan sedikit ke Solo kulinernya juga masih enak.
    Jateng emang paling jago bikin makanan lezat.

    Eh dah lu orang Bogor juga yak, samaan kita :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kita samaan, kaya tari asal aceh, tari samaan!

      Delete
  2. Jogja itu emang kadang ngangenin, beda tipis sama mantan.
    Btw boleh mampir ke permanabella.blogspot.com
    Siapa tau ketemu mantan disana.

    ReplyDelete
  3. Terakhir ke Jogja itu Desember lalu, dan pertama kalinya bisa sesenang itu ada di Jogja. Jadi rindu baca ini.. :(

    ReplyDelete
  4. iya, di Semarang dan Jogja kalo sebut lampu lalu lintas emang BANGJO. Singkat, padat dan nggak jelass kalau yang denger orang luar Jawa macam ngana. Hihihi...
    Tapi enak kan di Jogja apa apa murah, dan kuliner bermacam macam :D

    ReplyDelete
  5. Gue kemarin ke Jogja sekalian ke Solo, Don. Dan Solo lebih asoooooyyyyyy

    ReplyDelete
  6. Hehe.. pengalaman kita mirip.

    ReplyDelete
  7. Bangjo tu klo g salah singkatan Abang (bhs jawanya merah) kuning ijo (bahasa jawa hijau)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi abang tuh kalau bahasa Jawa artinya merah. Wah makasih infonya gaans Flusso

      Delete
  8. Y UGA YA BG
    Kenyang kagak, lidah belibet ngucapinnya iya

    Wah unik amat lampu merah dinamain bangjo
    Mantap mantap mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pada dinamanin Yang Maha Kuasa.

      Jadi kalau ada orang nanya jalan, "nanti pertigaan lurus, terus ambil kiri sampai ketemu Yang Maha Kuasa" :((((

      Delete