Ghibah Bareng Bloger: N Firmansyah Bahas Serunya Bikin Podcast!

by - 19:26



Akhirnya bisa bikin rubrik Ghibah Bareng Bloger lagi. Kalau diitung-itung, ini episode pertama di tahun 2019 atau yang ketiga sepanjang adanya konten Ghibah Bareng Bloger. Episode-episode sebelumnya bisa dibaca di bawah:



Karena belakangan ini lagi musimnya podcast di Spotify, jadi bintang tamu untuk Ghibah Bareng Bloger sekarang adalah seorang bloger yang juga punya podcast. Bisa tebak? Tentu bisa dong, kan udah ada di judulnya. 

Yup N Firmansyah. Jangan tanya ke gue kepanjangan N nya apa. Tapi mungkin aja ini jawaban dari kenapa huruf N di yosan susah banget didapet.

Yok langsung aja kita ghibahin! 

Halo Firman, boleh kenalin diri dulu buat yang belum kenal, sampai-sampai bisa masuk rubrik ghibah?

Oke. Kayaknya gue masuk rubrik ghibah karena gue kenal orang dalam sih ya. Buat yang belum kenal, gue Firman. Gue bloger biasa yang tidak sempurna dan kadang salah.



Sejak kapan sih ngeblog, dan kenapa mau ngeblog? Terus emang ada bloger yang merasa sempurna?

Gue ngeblog pertama kali itu kalau enggak salah tahun 2010. Cuman sempat vakum cukup lama. baru mulai lagi tahun 2012 dan mulai benar-benar serius 2013 atau 2014 kayaknya. Dan masih aktif sampai sekarang. 

Gue mau ngeblog karena... gue enggak punya teman yang nyambung di kampus pada waktu itu. Jadi gue nulis semua yang ada di kepala gue ke blog aja. Makin lama, nemu keseruan dan kayaknya gue sedikit kecanduan sih ya.

Menurut gue, lu ini salah satu bloger angkatan gue yang cukup konsisten ngisi sesuatu di blognya.  Gue bilang satu angkatan soalnya mulai serius ngeblog tahun 2014-an sama kayak gue. Kira-kira ada gak tips supaya tetep konsisten nulis sampai sekarang?

Tos dulu dong teman angkatan! lo wisuda tahun berapa? #lah



Sebenarnya ini juga baru banget gue terapin di blog gue. Jadi biar gue nulisnya bisa konsisten, gue pake teknik content pillar. Jadi dalam sebulan gue menentukan tema. Misal kayak kemarin januari, isinya full tentang curhatan. Februari nanti tentang film, Maret beda lagi, dan seterusnya. 

Itu salah satu cara yang gue pake, tapi kalau misalnya di tengah-tengah nulis film gue ada ide tentang tema lain, akan tetap gue tulis sih. Intinya gue pake teknik itu biar bisa tetap konsisten aja.

Udah dapet apa aja selama ngeblog dari tahun 2012 sampai sekarang?

Banyaaaak. Dari blog gue udah pernah dapat gadget, dapat uang, dapat pacar (yang sekarang udah jadi mantan), dapat istri (yang sekarang udah jadi mantan juga #HIYA). 

Ada banyak banget sih, dan yang paling menyenangkan adalah dapat teman teman yang bisa gue temui ketika lagi berkunjung ke kota mereka. Dari blog juga sekarang gue bisa kerja sebagai penulis konten.

Kalau gue buka blog lu tuh ada satu bagian khusus yang namanya client. Dan ternyata banyak banget brand-brand ternama yang pernah kerja sama dengan blog lu. Gimana ceritanya bisa diajak kerja sama dengan mereka?

Kalau dapat job pertama dari blog itu gue juga enggak tau gimana ceritanya, tapi setelah dapat itu, berikutnya semakin sering dihubungi sama brand atau agency buat kerja sama sponsored post. 

Sumbernya ada beberapa sih; brand/agency hubungin langsung, kenal orang brand kalau lagi datang ke event (biasanya tukaran kartu nama), atau gue apply langsung ke platform influencer gitu kayak sociabuzz atau starngage.

Belakangan lu juga mulai sibuk bikin podcast di spotify, Apa sih yang mendasari lu buat mencoba bikin podcast?

Haha. sebenarnya berawal dari gue suka dengerin podcast di sela-sela jam kerja, terus gue pikir kayaknya seru juga kalau gue bikin. Dan jadilah Podcast Blogger yang katanya podcast berbahasa Indonesia pertama yang bahas soal blog.



Kira-kira apa tujuan atau goal-nya bikin podcast bloger? Apa cuma sekadar iseng aja?

Sejauh ini enggak ada tujuan sih, cuma pengen berbagi dan mungkin bisa gue jadikan alternatif ketika ide buat ngeblog lagi gak ada.

Apa aja hal menarik dalam membuat podcast? Sejauh ini baru ada tiga episode kan ya?

Yang menarik adalah, gue punya hobi baru yang hampir enggak pernah gue lakukan sebelumnya: ngedit audio. dan selama lu wawancara gue, podcastnya udah nambah jadi 4 episode. cek aja kalau enggak percaya.

Ada persamaannya gak antara bikin tulisan di blog dengan bercuap-cuap di podcast?

Kalau kata salah satu pendengar gue, podcast itu sama aja kayak postingan blog, bedanya podcast itu versinya audionya.

Sama kaya bloger yang banyak hijrah jadi vlogger, menurut gue podcast juga adalah salah satu pijakan baru para bloger mengembangkan karyanya? Setuju enggak? Terlebih sekarang spotify jadi platform yang makin banyak dipakai orang-orang.

Hm.. bisa jadi. Tapi kebanyakan kan kalau blogger hijrah jadi vlogger malah enggak nulis lagi. Kalau gue enggak kok, gue tetap nulis dan bikin podcast karena menurut gue kesenangan yang gue dapat dari keduanya berbeda.

Dari blog gue belajar cara nulis yang asik, dan dari podcast gue belajar cara ngomong yang baik, karena sebenarnya gue kalau ngomong suka belibet.

Selain lu, ada juga Kresnoadi, bloger yang rajin bikin podcast. Kalau ada bloger-bloger lain yang juga pengin bikin podcast, apa aja sih yang diperluin? Apakah ada syarat-syarat tertentu supaya podcast kita muncul di spotify?

Oh yes. Kresnoadi ini salah satu tempat gue tanya tanya soal podcast. thanks, Adi!

Yang diperluin sih tentu saja microphone dan recorder. Dan buat upload ke spotify, lu cuma butuh upload podcast lo di wesbite pihak ketiga (jadi kayak hosting gitu) karena belum bisa upload langsung ke spotify. 

Kalau di awal emang agak ribet sih, ya sama kayak pas setting domain baru buat blog gitu lah. setelah itu tinggal rekam dan posting. kalau di blog ya tulis terus posting.

Oia pasti banyak yang penasaran (banyak gak sih?) nama podcast lu tuh apa?

Nama podcast gue Podcast Blogger. Jadi memang khusus membahas tentang blog aja. sempat pengen bahas bola, tapi enggak terlalu paham, pemain bola yang gue kenal cuman Tsubasa Ozora sama Enda Nasution.

Enda Nasution pemain bola bukan sih?

Balik lagi bahas blog. Selama ngeblog dari tahun 2012 sampai sekarang, ada gak sih bloger yang mampu menginspirasi lu ngeblog atau bloger favorit yang setiap tulisannya selalu ditunggu-tunggu?

Dara Prayoga. Sayangnya sekarang dia udah berhenti ngeblog dan fokus menjadi bapak rumah tangga bersama istri dan anak-anaknya yang lucu dan menggemaskan.

Dari gosip-gosip yang beredar, sekarang punya pacar bloger juga? dan sempet punya mantan bloger juga. Kalau iya, apa emang passion lu tuh macarin cewek yang punya blog?

Jangan bilang bilang. sebenarnya kalau orang orang cari pacar lewat Tinder, gue cari pacar lewat blog

YA ENGGAK LAH

Iya, cewek gue sekarang bloger juga. Dan iya gue juga punya mantan yang... iya bloger juga anjir. Gue baru sadar.



Tolong yang merasa cewek dan punya blog, mulai hati-hati ama Firman. Pertanyaan terakhir nih, buat rubrik selanjutnya, kira-kira siapa blogger yang kudu dighibahin? Alasannya apa?

Rido Arbain. Karena suaranya bagus.

Gue yakin kalau lu nanyain dia, bakal dijawab dengan petikan gitar dan suara yang membahana sampai ke ujung planet.

Waih siaaap! Thanks ya Man udah mau dighibahin di blog gue. Mantap mantap MU peringkat 6!

Minggu depan peringkat 4. liat aja. thank you Don!

Nah, itu tadi bincang-bincang santai bareng Firman seputar perbelantika podcast. Ada yang tertarik juga buat bikin podcast? 

You May Also Like

12 comments

  1. Enda Nasution bukannya yang sempet dapat julukan Bapak Blogger Indonesia, ya? :(

    Semoga Hawadis enggak baca nama Dara Prayoga yang jadi idola si Firman. Wahaha.

    ReplyDelete
  2. Dara Prayoga itu nama panjangnya Dara Prayogaesce bukan?

    ReplyDelete
  3. Firman ngomong gitu aja belibwt katanya, dsn gue nyoba2 rekam suara sendiri belibetnya parah bgt anjir. jadi males ngomong, nulis aja udah ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang gue kalo nulis suka belibet juga sih, kayakn wktu itu dsdnje fgue kn dfknf dhd

      Hah tuh kan belibet!!!

      Delete
    2. Astaga gue pikfhgg gue doang yang kalgndfd tenyata djakdl anjir

      Delete
  4. Anjirlah, Dijeh 😂

    Bikin podcast tuh susah-susah gampang. Mau sendawa gitu harus ditahan. Tapi emang sejauh ini podcast yang bahas blogging-bloggingan kalau di Indonesia belum ada. Semoga saudara Firman ini bisa konsisten. Yuhu ~

    ReplyDelete
  5. Wooew sekarang podcast memang telah menjadi pilihan ya!!
    Kebetulan banget temen gue yang anak radio abis ngajakin bikin podcast bareng, bisa kali ini taar diaduin yaak kaya cupang. Seperti menulis, semoga project podcast ini bisa konsisten!!

    ReplyDelete