Tolong Berhenti Nyuruh Kita Pose Gaya Bebas Pas Kondangan

by - 11:56



Selain life quarter crisis yang kerap bikin kepala gue pusing di usia 25 tahun, ada hal lain yang udah jadi rutinitas paska masuk umur seperempat abad ini, yaitu datangin kondangan temen.

Setiap minggu, hampir selalu ada yang nikah.

Bukannya enggak ngehargain temen, tapi sebagai anak yang gabung komunitas mageran-banget-buat-ke-luar-rumah, kadang pergi ke kondangan jadi beban yang berat deh. Apalagi sewaktu temen-temen yang lain pada bawa pasangan, gue cuma bawa kantong kresek buat masukin daging kambing guling.



Sepanjang karier gue sebagai tukang datang ke kondangan orang, acara kondangan bisa gue bagi ke dalam dua tipe untuk urusan masakan.

Pertama, kondangan di gedung. Nah di tipe kondangan ini biasanya makanannya tuh cepet banget abis. Secara, kondangan di gedung tuh kan waktunya dibatesin. Jadi, usahain dateng setepat waktu mungkin untuk bisa menikmati hidangan-hidangan rare yang jadi buruan banyak orang.

Kedua, kondangan rumahan. Kondangan yang ngambil lokasi di rumah atau di sekitar rumah si pengantin. Kadang karena sempitnya lahan, ada yang sampai blokir jalan buat dipake duduk tamu undangan.

Untuk urusan makanan di tipe kondangan kedua ini sih santai aja. Soalnya acara kondangannya bisa dari pagi sampe malem, dan makanannya pun terus di-restock gitu.

Tapi, di setiap kondangan, mau tipe apapun itu, ada satu persamaan yang cukup ngeselin menurut gue. yaitu,

POSE GAYA BEBAS BARENG PENGANTIN!

Hayo, pasti kamu juga suka bingung kan kalau disuruh pose gaya bebas pas di kondangan?

Dan menurut gue, pose gaya bebas kondangan ini tuh malah jadi paradoks tersendiri lho. Eh gimana? gimana?

Gini deh, definisi bebas tuh apa sih? Kalau gue ngambil di KBBI, bebas berarti lepas sama sekali (tidak terhalang, terganggu, dan sebagainya sehingga dapat bergerak, berbicara, berbuat, dan sebagainya dengan leluasa).

Dan sebenarnya, setiap foto yang kita lakuin di kondangan udah termasuk foto gaya bebas dong. Soalnya, enggak ada tuh orang yang nyuruh kita buat bikin gerakan ini itu.

Gak pernah kan denger fotografernya bilang, "Coba itu cewek yang batik merah, kakinya angkat dikit, lidahnya keluarin, kancingnya lepasin."



Tapi saat si fotografer bilang, "Ayo foto gaya bebas!" seketika kita jadi gak bebas buat berekspresi. Iya gak sih? Soalnya gue sering gitu. Setiap gaya bebas, entah kenapa gerakan tubuh gue jadi kaku. 

Malah pernah karena saking bingungnya pose gaya bebas, salah satu temen gue bilang, "Yaudah semuanya liat ke pengantin yaa"

Contoh foto gaya bebas liat pengantin
Kalau ada yang nyuruh, BERARTI KITA GAK FOTO SECARA BEBAS DOONG HEEEEY!! KEBEBASAN KITA DIRENGGUT!!

Jadinya setiap fotografer teriak, "Ayo foto gaya bebas", sebenarnya kita malah gak bebas buat bikin pose foto. Karena sebelumnya udah disuruh foto dengan "gaya bebas". Ini yang gue maksud paradoks foto gaya bebas kondangan.



Nah, menurut gue, foto gaya bebas yang tulus dari lubuk hati paling dalam, adalah foto-foto kita sebelum si fotografer teriak, "Ayo foto gaya bebas!!"

You May Also Like

34 comments

  1. gaya bebas berfoto kondangan itu, kita berfoto dengan mantan yang sudah nikah. eh pasangan sahnya kita ganti

    ReplyDelete
  2. Teori yang bener sih. Bener-bener bingungkan. Hahaha.

    Saya gak masalahin soal foto. Yang masalahin tuh, kapan saya nikah?

    ReplyDelete
  3. Tapi memang bener sih, Mas. Aku ya kadang bingung kalau d.suruh foto gaya bebas..haa
    Kadang kalau foto pas kondangan itu gak sekali dua kali, tapi banyak. Dan yang pertama yang biasa, kedua gaya beda dan d.akhir selalu d.akhiri dengan foto gaya bebas..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, foto kondangan emang ada fasenya. Dans setiap akhir fase foto ditutup dengan gaya bebas ala ala

      Delete
  4. Bener ini, bener. Saya pun. Ending-endingnya bingung malah, pas bapak tukang fotografernya nyuruh kita buat gaya bebas. Ngomong-ngomong kondangan, bulan Maret depan, saya udah dapet 3 undangan di tanggal 17, 22, dan 24. Ya Allah, tebalkan dompet hamba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantul bung! Semoga makin banyak temen yang nikah, bisa nular ke tamu undangannya jadi cepet nikah ya

      Delete
  5. Hahahaa bener bgt ini. Kalo gue tim yang selalu pake pose jari dua tiep disuruh gaya bebas hhh pose legend hhh

    ReplyDelete
  6. Gue masih bisa memaklumi soal gaya bebas dalam masalah kondangan ini, sih. Karena ya gue tahu, dari awal juga udah bebas. Tapi sebagai cowok pun pasti bingung mau pose gimana. Susah untuk heboh. Ini pernah gue tulis dan sempet page one pada masanya. Mantap, sekalian mencari celah untuk promosi.

    Gue cuma paling benci ketika ada temen yang minta tolong fotoin pakai ponsel dia, padahal sebelumnya udah ada perwakilan dari ponsel temen yang lain. Bluetooth atau kirim via WA kan bisa. Harus banget apa pakai ponselnya dia? Kalau emang merasa kameranya bagus, dari awal aja. Bukannya apa-apa, kasihan fotografernya dan orang-orang yang juga mau antre salaman. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pejwan adalah prestasi! Mantap!

      Kita memang punya keresahan yang berbeda tentang hadir di kondangan Yog

      Delete
  7. "Sepanjang karier gue sebagai tukang datang ke kondangan orang,"

    Well, mahabijak sekali profesi Anda.

    ReplyDelete
  8. gue kayaknya harus bersiap-bersiap untuk hal ini.
    karena kondisinya mngkin jauh dari temen-temen yang mau nikah, makanya hari-hari gue masih biasa aja. belom ada undangan buat menghadiri nikahan orang.

    lagipula, mau gaya bebas atau enggak, pose gue tetep sama. daripada bingung mikir foto bareng pengantin, mendingan diamankan dulu makanan-makanan yang terlihat enak dibagian prasmanan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe-tipe tamu yang sangat oportunis ketika datang ke kondangan

      Delete
  9. foto gaya bebas. bener emang kalo ads yg ngomong nyuruh foto gaya bebas, gue kadang jadi bingung harus gaya apa.. mau gaya kadsl buntung, takut yang lainnya gak pake gaya-gayaan. :’)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama kan kayak gue, jadi bingung pas dibilang foto gaya bebas

      Delete
  10. Saya kalau disuruh gaya bebas di kondangan gitu reflek ngangkat jempol atau gaya dua jari. Tapi riwehnya sekarang masa kampanya. Jadi ya sudah senyum-senyum gaje aja :P

    ReplyDelete
  11. wahahaha relate banget dah ini. tp mending yak poto gaya bebas sm pengantin.. lah skrg mah boomerang coy. apa-apa boomerang. di kondangan temen boomerang-an dulu ama si pengantin. Pertanyaannya, apakah boomerang termasuk gaya bebas?

    ReplyDelete
  12. Hahahhaha secara teori sih bener ya

    Tapi kenyataannya nggak juga sih. pas disuruh foto tanpa instruksi sih biasanya palingan foto pose lurus datar. mungkin maksudnya agak lebih dikreasiin aja sih, jangan pose lurus datar gitu wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk kudu ada orang yang memberikan tutorial pose foto pas kondangan

      Delete
  13. Paling enak kondangan di Solo lah udah. Makanannya ada lima babak. Snack pembuka (biasanya jajanan pasar), makanan pembuka (biasanya sop matahari/selat Solo), makanan utama (nasi gule/nasi kare/nasi goreng/nasi rendang), makanan penutup (dessert buah dan sayur), dan es krim. Minumannya teh dan air putih. Ntab.

    *aku nyumbangnya 20rb kalau lagi kere, jadi untung besar, wkwk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah itu kondangan apa makan-makan. Isinya kebanyakan makan yaa

      Sangat oportunis sekali ya anda, bayar 20 ribu, dapet banyak makan

      Delete
  14. Kenapa nggak pakai gaya pasfoto aja, Mas. Kan bebas ini. Malah jadi nggak bebas karena saya kasih saran, ha-ha-ha.

    ReplyDelete