Friday, 25 September 2015

Perjalanan Ini Terasa Sangat Menyakitkan

Belakangan memang tulisan-tulisan di blog gue ini kebanyakan listicle ala tulisan di Males Banget dot com (Maklum obsesi banget jadi penulis disitu), dan saran dari temen gue juga, katanya tulisan gue lebih asik yang pure cerita dibanding listicle gitu. Hmm baiklah. Mau nyeritain apa yaa....

Untung deh sekarang gue udah lulus kuliah, jadinya gue bisa mengeliminasi salah satu hal paling ngeselin yang gue jalani selama 4 tahun terakhir....

Ya! BULAK BALIK RUMAH-KAMPUS!

Buat yang belum tau, gue ini kuliah di IPB. Dan IPB itu letaknya di Bogor ya bukan di Bandung. Jangan sampe gue nemuin percakapan kayak gini lagi

“Don, sekarang kuliah dimana?”
“Di IPB tante, ngambil ekonomi”
“Oooh IPB......Kalo dari alun alun Bandung naik angkot apa tuh?”
DHEG!!
“Tante punya globe? Nah tante cari kota Bogor, abis nemu bacaan Bogor, jedotin deh kepala tante ke globe”

Bulak balik kampus rumah menjadi hal yang menyebalkan karena jaraknya jauh banget meskipun rumah gue sama-sama di Bogor. Jaraknya bisa makan waktu 2 jam. Atau sama dengan 3 SKS. Atau sama dengan 1 kali pertandingan bola + extra time + adu penalti + selebrasi ngangkat piala. Karena saking jauhnya, suatu saat gue mau mengajukan perturan yang dimana Jarak antara rumah dan kampus gue bisa dijadiin syarat minimal seseorang bisa dikatakan berLDRan.

Gue punya keyakinan bahwa engga ada hal yang menyebalkan didunia ini kalau dilakukan secara enjoy. Sayangnya, satu-satunya hiburan yang gue dapatkan ketika berpergian rumah-kampus cuma MP3 yang gue setel secara random. Dan gue menemukan teori bahwa kecepatan seseorang mengendarai sepeda motor berbanding lurus dengan lagu apa yang sedang didengarkannya. Kalau dengerin lagu rock, bawanya ngebut-ngebut. Dengerin lagu Jazz, bawanya santai. Tapi ada satu lagu yang engga bisa gue dengerin pas bawa motor. Yaitu lagunya Pak SBY, gimana mau dengerin, lagunya aja engga terkenal ahahahahahak!

Selain itu yang bikin BT naik motor kampus-rumah adalah gue bawa motornya sendiri ((BAWA MOTORNYA SENDIRI)) sedih banget ya jadi jomlo. Apalagi kalau udah pulang malem, cuma ditemenin angin malam sama lampu jalan doang. Saking sepinya, Itu mah kalo spion motor gue bisa ngomong, gue ajak ngobrol juga deh. Tapi engga salamanya juga gue selalu naik motor sendiri, ada kalanya gue harus nebengin temen buat berangkat ke kampus. Orang-orang nebeng ini juga ada tipe-tipenya. Yang paling engga asik itu orang yang nebeng tapi diem terus. Posisi gue jadi kayak tukang ojek. Kalau yang paling asik, yang nebeng tapi dianya sambil cerita-cerita. Posisi gue jadi kayak mamah dedeh. Tapi yang super duper asik adalah orang yang nebeng sambil meluk....

Meluk jok motor.

Engga engga! Meluk gue lah! Pokoknya asik aja udah nebengin terus dianya peka kalo gue lagi kedinginan, tiba-tiba meluk dari belakang.

Gue engga pernah nyesel deh kalo nebengin si Anton.

Mungkin salah satu alasan kenapa pulang pergi kampus-rumah jadi makan waktu banyak karena jalanan menuju kampus gue itu macet abis. Apalagi kalau hari senin. Apalagi kalau hari senin jam 6 sore. Apalagi kalau hari senin jam 6 sore terus ada perbaikan jalan. Itu yang kena macet, bisa bikin tenda terus berkemah dulu kali di tengah jalan.

Masalah klasik kemacetan di Bogor itu disebabkan oleh angkot. Angkotnya banyak bangeeeeet. Terus ditambah kadang angkotnya berhentinya kayak buang sampah, suka sembarangan. Tapi gue masih bingung, sebenernya kalau angkot berhenti sembarangan tuh yang salah siapa? abang angkotnya? Atau penumpangnya? Soalnya kan abang angkot cuma nurut sama penumpang mau berhenti dimana. Asal penumpang bilang “Kiri”, abang angkotnya pasti otomatis ngeberhentiin mobilnya.  

Kadang pengorbanan gue menumpuh perjalanan panjang harus pupus ketika sampe kampus. Kayak waktu itu, gue ke kampus mau bimbingan. Gue udah merelakan waktu 2 jam berharga gue dipake buat macet-macetan sepanjang jalan, tapi setelah sampe kampus, gue bimbingan cuma Semenit setengah alias 90 Detik!

90 DETIK! 

Waktu yang sama bisa kamu pake buat baca postingan ini!

Ini ibaratkan Neil Amstrong yang disuruh pergi ke luar angkasa. Neil Amstrong udah berbulan bulan mempersiapkan dirinya untuk terbang ke luar angkasa. Rela meninggalkan keluarga tercintanya, Rela mempertarukan nyawanya ketika melewati atmosfer bumi. Rela menumpuh jarak ribuan kilo meter untuk sampai ke bulan. Tapi pas sampai di bulan, Neil Amtrong cuma disuruh ama NASA buat benerin bendera Amerika yang miring ke kiri.
Jauh-jauh cuma benerin bendera doang nih, bang?


Wednesday, 23 September 2015

9 Tipe Orang Yang Ada Di Acara Pemotongan Hewan Qurban

Apalagi yang menjadi pusat perhatian di hari raya Idul Adha kalau bukan pemotongan hewan qurbannya. Kegiatan yang cuma ada setahun sekali ini memang layak ditunggu-tunggu, kapan lagi coba bisa liat langsung sapi atau kambing disembelih di depan mata kamu. Oleh karena itu, banyak orang berbondong bondong untuk melihat kegiatan tersebut, dan tentu banyak tipe orang yang datang ke acara pemotongan hewan qurban, seperti tipe-tipe di bawah ini nih:

#1 SI AKTOR UTAMA
Ibaratkan film, dia ini adalah tokoh penting di acara pemotongan hewan qurban. Ya siapa lagi kalau bukan tukang jagalnya. Biasanya di tiap RT pasti ada aja nih orang yang punya skill buat motong hewan, dan tiap tahun pasti orangnya itu lagi itu lagi. Dengan modal golok yang udah diasah setajem omongannya ibu tiri, si aktor utama udah siap banget mempertunjukan skillnya dalam memotong sapi atau kambing. Coba kalau engga ada orang kayak dia, Emangnya kamu mau nontonin sapi makan rumput doang di acara pemotongan hewan qurban.
 
Potong potong potong
#2 SI TEMEN AKTOR UTAMA
Maksudnya nih pemeran pembantu gitu. jadi orang-orang ini akan ngebantuin si tukang jagal buat motongin hewan qurbannya. Bisa bantu pegangin hewannya, bantu ngegulingin sapinya, bantu ngasah goloknya, bantu bagi-bagi dagingnya, ya pokoknya bantu bantuin hal yang berhubungan sama proses penyemblihan deh. Biasanya tipe ini adalah bapak bapak yang gak punya skill buat motong hewan tapi pengen ikut berpartisipasi.
 
Coy bantuin coy
#3 PHOTOGRAPHER WANNA BE
Di jaman yang semuanya terhubung dengan media sosial, momen pemotongan hewan qurban bisa menjadi momen langka yang patut kamu share di dunia maya. No pict hoax begitu bunyinya. Alhasil banyak orang yang siap mengabadikan momen ini melalui Handphonenya, kalau niatan dikit bawa SLR juga. Eh tapi kok norak juga ya bawa kamera SLR ke acara pemotongan hewan qurban doang. Oh mungkin dia wartawan.
 
Ini yang foto apa yang difoto
#4 SI GENDONG ANAK
Tau kan sifat anak kecil itu kayak gimana, Liar, nakal brutal, membuat semua orang menjadi gempar. Eh kok kayak Kera Sakti ya. Dengan sifatnya yang susah diatur, makanya banyak orang tua yang preventif banget sampe-sampe anaknya digendong biar gak kabur kaburan kesana kemari. Jadi bukan pemandangan aneh di acara pemotongan hewan qurban ada ibu ibu gendong anaknya.
 
Anak Kerajaan
#5 SI ANAK KAMPRET
Beda sama point di atas, anak anak kecil ini dibiarin bebas di acara pemotongan hewan qurban tanpa pengawasan dari orang tuanya. Biasanya anak-anak kecil ini akan ada di posisi paling depan buat ngeliat sapi atau kambing di potong. Kalau anaknya ngeselin banget, dia bakal nontonnya paling depan, depan tukang jagalnya.
 
Nonton paling depan
#6 SI LIATIN DOANG
Tipe paling banyak nih. Kerjanya cuma berdiri sambil ngeliatin hewan qurbannya dipotong. Biasanya tipe ini adalah para remaja nanggung yang mau bantuin tapi engga bisa atau mau nonton paling depan tapi malu sama anak kecil. Jadi yaudah deh, liatin doang aja udah cukup
 
Asik. Sapinya 3D
#7 SI LIATIN SAMBIL KOMEN
Kalau yang ini sih gak puas cuma nonton doang, tapi dia akan memberikan komentar tentang jalannya prosesi penyemblihan hewan.”Eh liat deh sapinya kok kurus gitu”, “Tukang jagalnya baca bissmilah dulu gak ya” “Ih kasian kambingnya :(“. 
 
Bagimana komentar anda, bung?
#8 SI SOK SOKAN KAYAK NONTON FILM HOROR
Tipe ini sih tipe orang yang sok sokan berani liat sapi dipotong padahal liat aja darah aja takut *eh kok curhat*. Padahal kan kamu udah tau kalau dateng ke acara pemotongan hewan qurban itu kamu akan disajikan darah yang bercucuran, organ organ dalam tubuh yang berhamburan keluar dan bau menyengat yang menusuk hidung. Jadi tipe ini akan berteriak histeris ketika sapinya dipotong, kemudian menutup mulutnya dengan tangan lalu air mata yang bercucuran. Ya kayak liat adegan pembunuhan di film horor gitu deh.
 
Menang banyak nih sambil nonton horor
#9 SI YANG MERHATIIN ORANG-ORANG TERUS DIJADIIN TULISAN
Hati hati aja sama orang yang dateng ke acara pemotongan hewan qurban yang bukannya nontonin hewannya dipotong tapi malah merhatiin orang-orang yang dateng ke acara itu. Terus kamu jadi bahan tulisan buat dimasukin blog. Hati-hati yaa.
 
Tiati
Kamu punya tipe lain lagi engga? Bisa jawab di komen box yaa

Sunday, 20 September 2015

Curhat Dong, Jeeeeh!

Gila 3 hari ini gue banyak mendapatkan pengalaman baru!

Kamis
Hari itu gue diajak temen ke acara Job Fair di Universitas Indonesia. Pelajaran pertama yang gue dapet ketika pertama kali mengikuti acara Job Fair gitu adalah MAMPUS BANYAK BANGET PENGANGGURAN DI INDONESIA! Ruangan Job Fairnya ampe penuh! Itu mah tinggal ada orang yang ngibarin bendera Slank sama OI aja, gue udah berasa lagi ada di acara konser. Yang biasanya gue cuma baca di koran atau nonton di TV, sekarang gue bisa merasakan realitasnya kalau pengangguran adalah isu penting di Indonesia.

Selain ikut job fair untuk pertama kali, pengalaman lain yang gue dapet hari itu adalah Mahasiswi di UI ternyata mantap mantap coy! Meskipun terletak di Depok –yang konon katanya merupakan tempat Gladi resik setan setan sebelum ditugasin di neraka- Mahasiswinya mah ajaib ajaib deh. Makanya buat nilai kesetiaan pacar kamu mah gampang banget, taro aja di UI selama satu bulan, kalau dia masih sayang kamu, fixed berarti dia orangnya setia.

Saking kerennya UI, sampe-sampe punya stasiun sendiri. Tapi kasiannya, kalau anak anak UI ini pulang naik kereta yang waktunya barengan ama pulangnya orang-orang kantor. Yap! Hari itu gue merasakan gimana jadi anak UI yang naik kereta saat bubaran jam kantor. Jangankan buat duduk, berdiri aja harus dempet dempetan ama orang. Gue bisa bayangin nanti kalau kerja di Jakarta, tiap hari pulang pergi Jakarta-Bogor naik kereta, nyampe rumah udah kayak lolos dari peperangan di timur tengah deh.

Jum’at
Jadi hari itu di kampus gue ada acara Kompas Kampus dari Kompas TV. Yang bikin gue ngebet banget dateng ke acara itu karena ada Stand Up Comedynya. Gue engga peduli siapa yang ngisi acaranya, yang gue tunggu cuma stand up nya doang. Line up Comicnya juga oke oke, ada Babe, Dicky, Hifdzi, Arif dan Mc Danny. Dan kebukti mereka pecah abis. Tapi bukan Stand Up yang bikin hari itu berkesan. Melainkan penampilan Maliq D’Essentials. Sebelumnya gue engga tau ada Maliq juga, lagian gue juga engga tau Maliq itu siapa. cuma tau dikit lagu-lagunya tapi gak tau judulnya apaan. Waktu pertama kali Maliq muncul di panggung, gue kaget

LAH INI SI KAMPRET PAS DIDEPAN GWW, GUE SEBELAHAN AMA MEREKA! 

Yes, sebelum masuk ke gedung tempat acara, gue sempet sebelahan ama mereka. Sebelahannya lama banget malah. Gue kira anak mahasiswa yang mau ngisi acaranya juga. Ternyata mereka adalah Maliq D’essentials! Tau gitu gue minta foto deh. Nyesel kan.

Hari itu Maliq ngebawain 4 lagu yang sama sekali gue engga tau judulnya apaan (Emang gak ada satu pun lagu Maliq yang gue tau judulnya sih). Tapi lagu lagunya sekali denger langsung suka. Apalagi lagu yang agak agak dangdut itu –belakangan gue tau judulnya Drama Romantika- lagunya enak dan koreonya asik. Mungkin banyak orang yang suka Maliq karena nonton di tv atau denger lagu-lagunya lewat radio atau MP3. Tapi gue suka Maliq, sejak hari itu ketika mereka nanyi live di hadapan gue! I LOVE MALIQ D’ESSENTIALS!

Maliq D'Essentials!
Sabtu
Hari ke dua acara Kompas Kampus. Dan gue dateng lagi. Karena apa? Ya tentu saja karena ada stand up nya. Line up buat hari sabtu juga oke punya, ada Indra, Acho, Praz Teguh, David Nurbianto, Iankanlah dan Uus! GWW pecah hari itu! Apalagi ketika mereka mainin Stand Up Rap ala Sepuluhtura. Kabarnya acara ini bakal di tayangin juga di kompas tv, jadi kalau kamu nanti ngeliat penonton cowok pake baju merah, rambut belah pinggir, muka mirip Zac Efron, nah itu berarti gue ahahak.

Selain acara stand up, ada juga acara Talk Show bareng Rosiana Silalahi. Bintang tamunya juga kembaran gue, Iko Uwais. Iya iay deh, kalo dia emang Iko Uwais tapi kalo gue Ihko Gitu!
Ternyata kalo diliat langsung, kegantengnya Iko Uwais jadi dua kali lipat. Bisa bikin cowok cowok khilaf juga tuh. Untung gue engga khilaf..... iya gue cuma jerit jerit sebentar waktu Iko praktekin jurus silat kok.

Btw pokoknya 3 hari ini gue lalui dengan hal baru yang asik asik, kalau kamu punya pengalaman yang asik asik juga gak minggu ini? Bisa jawab di komen box yaa

Monday, 14 September 2015

8 Alesan Kenapa Kamu Gak Disapa Temen Kamu

Manusia itu diciptakan tuhan sebagai makhluk sosial. Maka engga heran interaksi sosial menjadi hal yang lumrah dikalangan kita. Tapi kadang ada aja gitu segelintir orang yang kayaknya enggan mengaplikasikan kodrat manusia yang telah diberikan oleh tuhan itu. Misalnya ketika kamu papasan sama seseorang di jalan yang engga nyapa kamu sama sekali. Wah parah banget ya, tapi mungkin seseorang itu engga mau nyapa kamu karena alesan alesan dibawah ini nih:


#1 LAGI MARAHAN
Namanya juga orang lagi marahan, jangan kan buat nyapa, saling tatap aja udah males banget. Jadi mungkin aja nih ketika kamu papasan sama temen kamu dan engga nyapa kamu, dia lagi punya masalah sama kamu gitu deh. Ada baiknya kamu langsung intropeksi diri tuh, inget-inget apa kamu punya salah sama itu orang.
Males nyapa ah
#2 TAKUT SALAH ORANG
Konon katanya, tuhan menciptakan 7 orang yang mirip banget sama kamu didunia ini. Jadi mungkin aja temen kamu engga nyapa kamu waktu papasan dijalan karena takut salah orang gitu. Apa itu beneran kamu, eh tapi kok engga mirip. Jadi dari pada malu abis, jadinya temen kamu nyuekin kamu aja gitu. Tapi biasanya temen kamu bakal ngehubungin kamu kalau sempet liat kamu dijalan tapi gak mau negur karena takut salah orang. 

Kirain Dave Grohl
#3 PUNYA HUTANG
Yang ini udah ketauan banget. Kalau temen kamu punya hutang ke kamu dan belum mampu buat bayar, maka sebisa mungkin dia akan selalu menghindar dari kamu. Termasuk ketika papasan dijalan. Ngapain nyapa kamu yang kemungkinan besar bakal nagih hutang, lebih baik kabur menjauh. 
Hutangnya mana gan?
#4 SUKA SAMA KAMU
Lho kan suka, kok gak mau nyapa? Gini-gini, ketemu sama orang yang kamu suka itu pasti degdegan abis. Apalagi dia itu secret admirer kamu, jadi jangan kan nyapa, dia baru liat kamu dari kejauhan aja pikiran langsung kacau. Kalau udah kayak gini, kadang dia sok sok engga ngeliat kamu dan pengen disapa duluan sama kamu tuh. Ciee gitu.
Mau nyapa tapi gengsi, hmmm
#5 KAMU SOMBONG
Ya mungkin aja nih kamu punya sifat sombong. Jadi orang-orang males buat nyapa kamu kalau papasan dijalan. Kurang-kurangin lah punya sifat kayak gitu.

Pameeeeer
#6 ENGGA AKRAB
Kamu sama dia bukan termasuk teman akrab, jadi ketika dia papasan sama kamu dijalan dia engga nyapa kamu karena bingung mau nyapa kayak gimana. Secara dia dan kamu engga gitu deket. Jadinya deh dia nyuekin kamu gitu aja, lagian kamu juga pasti maklum kalau dia engga nyapa karena emang bukan temen deket.
Sapa gak ya, tapi bukan temen deket
#7 KAMUNYA SIBUK SAMA TEMAN KAMU
Dia mau nyapa kamu, eh tapi kamunya lagi asik ngobrol sama temen kamu. Dari pada ngeganggu kamu yang lagi seru sama temen kamu, akhirnya dia nyuekin kamu dan pura-pura engga liat.
Duh lagi fokus ngumpul
#8 EMANG ENGGA KENAL
Lah iya, kalau engga kenal ngapain saling sapa.

Lah ini siapa

Friday, 11 September 2015

Mantan Ulang Tahun? Lakuin Aja 5 Hal Ini


Kalau mantan kayak gini yang ulang tahun, repot juga

Sekali dalam setahun pasti kamu nunggu nunggu momen penting ini, ya apalagi kalau bukan hari ulang tahun. Hari dimana kamu akhirnya muncul didunia, memang patut untuk disyukuri. Maka engga heran kalau ada yang ulang tahun seakan dia menjadi orang paling spesial dimuka bumi ini. Tapi kalau mantan kamu yang ulang tahun, kamu bakal nganggap dia special juga gak? Ahahak! Kalau engga tau, ada baiknya kamu lakuin 5 hal ini jika mantan kamu ulang tahun

#1 WAKTU NGUCAPIN
Putusnya baik-baik: kamu ngucapin selamat ulang tahun pas hari ulang tahunnya. Atau kalau kamu gagal move on banget dari mantan kamu ini, kamu bisa tuh ngucapin tepat jam 00.01 supaya memberi kesan kalau si mantan masih jadi orang spesial dihati kamu. Ciee gitu.
Putusnya engga baik-baik: Kamu ngucapin selamat ulang tahun ke si mantan jangan pas hari ulang tahunnya. Ucapin aja besoknya, atau minggu depannya atau engga ngucapin sama sekali. Lagian ngapain juga sih ngasih ucapan selamat ke orang yang udah nyakitin kamu. Ahaaay! 

#2 CARA NGUCAPIN
Putusnya baik-baik: kasih ucapan selamat ulang tahun + doa + harapan-harapan si doi + Amin. Kalau kamu gagal move on banget maka + minta balikan. Duileh!
Putusnya engga baik-baik: HBD!

#3 KASIH HADIAH
Putusnya baik-baik: agak aneh emang ngasih hadiah ke mantan pacar. Kan dia udah bukan apa-apa kamu lagi. Tapi kalau kamu belum move on sih gapapa deh ya. Apalagi kamu udah mempersiapkan hadiahnya jauh-jauh hari sebelum hari H, supaya si dia luluh dan nganggap kamu ternyata masih sayang dia.
Putusnya engga baik-baik: Kasih hadiah gak nih? Mending uangnya dipake buat dapetin gebetan baru deh dari padi dibuang buang buat orang yang udah nyakitin kamu. Hihi.

#4 MINTA TRAKTIR
Putusnya baik-baik: Kesempatan emas nih kalau bisa ditraktir makan ama si mantan. Kamu bisa nunjukin ke si dia kalau kamu masih kayak dulu, masih sayang sama dia. Ahaay!
Putusnya engga baik-baik: Minta traktir dong, itung itung penebusan dosa karena udah nyakitin kamu. 

#5 BIKIN SURPRISE
Putusnya baik-baik: Gak ada salahnya kamu tiba-tiba dateng ke rumah mantan kamu buat ngucapin ulang tahun. Itung-itung ngasih surprise ke dia gitu. atau kalau kamu niatan dikit, kamu bisa sekongkol ama temen-temennya mantan kamu buat bikin surprise party gitu. itu akan memberi kesan kalau kamu ini mantan terbaik dia. Malah bisa jadi kamu balikan sama mantan kamu itu. Seneng kan
Putusnya engga baik-baik: Kamu kasih surprise ke mantan kamu dengan cara kamu udah punya pacar yang jauh jauh jauh lebih baik dari dia ahahak! Siapa suruh dulu dia nyelingkuhin kamu, yee gaa! 

Wednesday, 9 September 2015

7 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Ditinggal Wisuda

Namanya ditinggalin itu emang engga enak, misal ditinggal liburan ama keluarga kayak si Kevin di film Home Alone, atau ditinggal nikah sama mantan kamu, apalagi  ditinggal pas lagi sayang sayangnya ahahak!. Ditinggal wisuda duluan juga rasanya sama tuh, bikin baper baper gimana gitu. Apalagi waktu kamu liat temen kamu cantik banget sambil pake toga, sedangkan kamu cuma pake kaos oblong dan celana jeans yang udah gak dicuci 2 minggu. Dari pada baper gak jelas, mending kamu lakuin hal-hal ini kalau ditinggal wisuda duluan temen angkatan

#1 KASIH SELAMAT
Wisuda kan momen paling sakral selama kamu berkuliah. Ibaratkan main bola, wisuda tuh udah kayak ngangkat piala setelah menang di partai final. Maka ada baiknya kamu kasih selemat ke temen kamu yang udah sukses mengarungi dunia perkuliahan. Memberikan selamat juga banyak macamnya, ada yang jabat tangan ala eksekutif muda. Atau cipika cipiki ala ibu ibu arisan. Lalu setelah memberikan selamat maka waktunya kamu untuk.....
 

#2 FOTO BARENG
Apalagi yang bakal orang lakukan ketika menjalani momen paling bersejarah selama hidupnya dan cuma terjadi sekali selain foto-foto. Ditambah orang yang wisuda itu pasti make up nya bakal abis abisan banget. Jadi sayang aja kalau engga diabadikan. Nah dari pada kamu ketinggalan momen yang maha penting ini, ada baiknya kamu minta foto bareng sama temen kamu yang udah wisuda. Itung-itung jadi kenangan kalau kamu dan temen kamu bertemu dikemudian hari. Apalagi ternyata dimasa depan, temen kamu ini jadi orang penting di dunia, wah makin bangga aja dong pernah foto bareng sama dia pas wisuda. Nah setelah sesi foto-foto dan kamu orang pedulian sama temen, maka saatnya kamu untuk.... 
Selfie dulu kali
#3 KASIH HADIAH
Engga enak dong kamu dateng ke wisudaan temen kamu cuma ngasih selamat doang. Untuk itu kamu harus siapin dulu hadiah apa yang cocok dikasih ke temen kamu itu. Hadiah paling standar sih emang bunga. Atau kalau kamu orangnya niatan dikit, kamu bisa kasih tuh foto temen kamu yang udah diedit sedemikian rupa terus dikasih bingkai yang cantik. Pasti temen kamu bakal seneng. Tapi kalau kamu emang cuma numpang lewat diwisudaan temen, ngasih doa juga udah cukup banget.
 
Terima gak yah?
#4 NGOBROLIN MASA DEPAN
Wisudaan itu ibaratkan pintu pertama buat memasuki dunia yang sesungguhnya. Setelah diwisuda, seseorang dituntut menjadi lebih mandiri. Simpelnya sih, orang yang udah diwisuda harus udah bisa nyari uang sendiri gitu. Kamu bisa nih ngajak temen kamu yang udah diwisuda buat ngobrolin rencana-rencana dia dimasa depan. Apa dia mau lanjutin kuliah lagi, atau langsung nyari kerja. Intinya sih kamu jadi tau gambaran kalau kamu selesai wisuda nanti harus ngapain aja. 
 
Masa depan banget
#5 KENALAN AMA KELUARGANYA
Orang tua mana yang engga bangga anaknya bisa diwisuda. Jadi gak heran sesibuk apa pun pekerjaan orang tua kamu, pasti bakal nyempetin dateng ke wisudaan anaknya. Kalau perlu bukan cuma orang tua, saudara-saudara juga bakal diajak nontoin kamu wisuda. Untuk itu ketika temen kamu wisuda duluan, bisa banget nih jadi momen yang pas buat kenal lebih dekat ama keluarganya. Apalagi temen kamu itu gebetan kamu juga, duh kesempatan emas banget kan buat diangkat jadi mantu ahahak. 
 
Mumpung pada ngumpul semua nih
#6 MINTA DATANG PAS KAMU WISUDA
Kamu udah relain waktu kamu buat dateng ke wisuda temen kamu. Nah kamu berhak nih buat minta temen kamu dateng pas kamu wisuda juga. kan pasti sedih aja gitu pas kamu wisuda tapi gak ada temen kamu yang dateng. Tapi kalau kamu wisudanya 7 tahun kemudian sih kayaknya bukan temen kamu yang dateng, tapi anaknya temen kamu yang bakal ngasih ucapan selamat.

#7 DOAIN CEPET NYUSUL
Doa paling tulus tuh berasal dari orang yang sedang berbahagia. Karena temen kamu sedang ada di moment paling bahagia dalam hidupnya, enaknya kamu minta doain tuh supaya cepet nyusul buat wisuda juga. siapa tau kan abis didoain sama temen kamu, bulan depannya kamu udah bisa wisuda.
 
Semoga temen saya cepet wisuda ya tuhan
Menurut kamu hal apa lagi yang perlu dilakuin ketika ditinggal wisuda sama temen kamu? Bisa jawab di komen box bawah yaa


BTW SELAMAT WISUDA BUAT TEMEN-TEMEN ANGKATAN GUE YANG DIWISUDA HARI INI. SUKSES SELALU GUYS!

Sunday, 6 September 2015

Selain Rupiah, 5 Hal Ini Jangan Ikut Melemah Juga Deh



Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar belakangan ini menjadi isu utama dimana-mana. Entah itu di media sosial, berita tv, koran atau bahkan di tongkrongan kamu. Engga cuma orang yang ngerti ekonomi, ibu-ibu komplek aja sekarang lebih sibuk bahas kelesuan ekonomi Indonesia akhir-akhir ini. Tapi kamu jangan khawatir, soalnya engga cuma Indonesia yang mengalami pelemahan nilai tukarnya, negara tetangga kita juga mengalaminya kok. Jadi jangan terlalu paranoid kalo rupiah melemah, asal jangan hal-hal ini juga yang ikut melemah

1. Iman
Jaman sekarang, jaman yang edan. Sifat manusia udah kayak binatang. Takutnya kamu kebawa arus pergaulan yang udah engga baik, Makanya jangan sampe iman kamu menjadi lemah. Misalnya kamu terjerumus memakai barang-barang haram. Kan gawat banget. Bisa-bisa bukan cuma iman kamu yang melemah tapi juga....

2.  Kesehatan
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Makanya kamu harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Pola makan dijaga, tidur teratur, sering-sering olahraga biar badan kamu tetap sehat bugar. Andai aja tubuh kamu gak fit, ngapa-ngapain kan engga enak, jadinya akan berdampaknya pada melemahnya....

3. Semangat
Kalau kamu mau ngerjain sesuatu tapi gak punya semangat pasti malesin banget. Semangat kan bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik gitu. Yang tadinya kamar kamu berantakan, tapi karena lagi semangat, kamu terdorong untuk merapihkan kamar kamu. Atau ketika ada tugas numpuk, tapi karena kamu lagi semangat semangatnya buat ngerjain tugas alhasil tugasnya beres sebelum deadline deh.

4. Cinta kamu ke dia
Sekarang ini punya status jomlo kayaknya udah hina banget. Dimana-mana jomlo menjadi bahan becandaan, padahal yang becandainnya juga jomlo. Hih. Makanya nih supaya kamu engga jadi jomlo dan jadi bahan becandaan, jangan sampe cinta kamu ke si dia melemah. Kamu bisa ngasih dia sesuatu yang belum pernah dia miliki. Tapi apa jangan-jangan kamu engga bisa ngasih dia sesuatu yang belum pernah dia miliki, karena ternyata kamu ini lemah....

5. Syahwat
Kalau yang lemah ini sih, gue pikir lebih baik rupiah terus deh yang melemah.

Tuesday, 1 September 2015

Untuk Cuplis Yang Ada Di Surga

Ada yang bilang cowok bertanggung jawab bisa dilihat dari bagaimana dia merawat binatang peliharaannya.


Pikiran gue langsung melayang ke acara pameran ikan dikampus 4 tahun lalu. Gue yang lagi leyeh leyeh tiduran di kasur asrama dibangunin sama Ian –temen kamar asrama gue-

“Je, cabut yuk ke pameran ikan” Ian narik narik sarung yang gue pake tiduran

“Dimana yan? tapi gue mager nih. Mataharinya lagi nyolot banget” gue jawab males malesan sambil nunjuk matahari jam 1 siang.

 “Di Fakultas perikanan je, gue mau beli ikan disana” Ian masih narik narik sarung gue

“Tuh kan Fakultas Perikanan lagi, Jauh banget itu mah”

“Tar gue beliin ikan buat lu juga deh” Ian narik sarung gue makin kenceng

“Oh oke deh yan, tapi...”

“Tapi apa lagi je?”

“SARUNG GUE JANGAN DITARIK TARIK TERUS. KOLOR GUE JADI KELIATAN KAMPRET!”

Sesampainya di pameran ikan, gue langsung takjub. Ternyata disitu banyak banget ikan. IYAA LAH SOBIRIN! Engga, maksudnya, gue merasa kayak di Sea World. Tengok kiri, ikan. Tengok kanan, ikan. Dimana-mana ada ikan. Kurang yang jualan Mizone keliling aja ini mah.

Satu per satu stand yang ada akuariumnya gue datengin. Stand pertama yang kami kunjungin waktu itu adalah stand ikan Arwana

“Keren nih yan” gue takjub melihat keindahan ikan arwana. Ikan arwana emang paling pas dijadiin ikan hias, bukan cuma bentuknya yang bagus tapi katanya bawa hoki juga. 

“Iya je, liat aja tuh warna siripnya udah merah-merah darah gitu”

“yaudah lu beli ikan ini aja yan” goda gue 

“Berapa nih mas satunya?”

“900 ribu dek”

MAMPUS! Duit segitu bisa gue ama Ian pake beli ikan goreng dikantin asrama selama 1 bulan berturut-turut.

Ian langsung cabut ke stand berikutnya

Di stand ini gue engga tau jenis ikan apa. Soalnya ikannya aneh banget. Ian juga belum pernah liat ikan kayak begini. Gue pun inisiatif nanya ke mas-mas penjaganya

“Ini apa mas?”

“Ikan dek” jawab si mas polos

Oh ini ikan. Kirain Handphone mas-nya sengaja ditaro di akuarium. Ucap gue kesel dalam hati 

“Engga, maksudnya jenis ikan apa ya mas?”

“Ikan Balashark. Jarang ada yang jual dek disini. Soalnya ini langsung dari Malaysia” Si Mas-nya tiba-tiba semangat ngejelasin ikan yang bentukya kayak hiu versi imut.

“Unik nih Yan, beli aja tuh yang kecil” gue kembali goda Ian

“Tanya dulu harganya, jangan kayak tadi. Harganya bisa bikin kita makan indomie tiap hari”

“Berapa nih kalo yang kecil, bang?” gue berdoa supaya engga mahal

“100 ribu, tapi buat adek 85 dikasih deh”

Huuuh murah banget ternyata

“Tapi ini ikan gak boleh dikasih makan sembarangan dek. Makannya harus pelet khusus. Kebetulan saya juga jual peletnya. Cuma 270 ribu per bungkus” lanjut si mas-nya.

MasyaAllah.

Tanpa pikir panjang, gue sama Ian langsung cabut ke stand berikutnya

Gue mampir ke stand deket pintu keluar. Di depan stadnya ada bacaan “IKAN CUPANG”. Yes, kayaknya emang ikan ini nih yang cocok buat dijadiin ikan peliharaan mahasiswa. Harganya gak nyampe 100 ribu, dan perawatannya gak semahal ikun hiu imut tadi. Akhirnya Ian beli ikan cupang jenis Halfmoon warna biru. Sedangkan gue memilih ikan cupang jenis Red Crown Tail. Saking merahnya, cupang gue udah kayak setan kalo diliat dari jauh. Makanya nih cupangnya gue namanin Cupang Iblis! Sangar abis! tapi disingkat jadi Cuplis. Derajatnya langsung turun drastis.
 
Mirip Cupang punya Ian
Mirip si Cuplis

Gue simpen si Cuplis disamping meja belajar asrama. Kadang kalo belajar engga mood, gue langsung mengalihkan pandangakan ke si cupis yang ada di akuarium bekas botol kopi, dan tiba-tiba mood gue jadi baik lagi. Mungkin ini nih kenapa gue kelamaan ngejomlo, jangankan dikasih cewek, dikasih ikan cupang aja udah bahagia banget.

Namanya juga baru beli cupang, gue sama Ian jadi sering banget merhatiin cupang masing-masing. Malah kita engga pernah telat ngasih makan cupangnya. Disayang banget deh. Kadang gue ajak ngobrol si Cuplis, curhat apa rasanya jadi ikan cupang yang hidupnya sendiri gitu.

Selang satu bulan, hidup Cuplis masih tentram dan damai ditangan gue. Cuplis masih rutin gue kasih makanan favoritya, Enchu. Sejenis cacing kecil-kecil. Cuplis juga masih jadi solusi pertama gue ketika lagi badmood. Namun semua berubah, ketika gue mulai menemui kesibukan di organinasi kuliah. Dimana biasanya gue berangkat kuliah pagi pulang siang, sekarang aktivitas gue kayak lagu armada, Pergi pagi pulang pagi. Kadang sampe lupa buat ngasih makan si Cuplis. Cuplis jadi ikan terlantar di toples bekas kopi.

Ternyata gak Cuma Cuplis, cupang si Ian juga sama. Gara-gara si Ian mulai sibuk, cupangnya diterlantarkan juga. Saking terlantarnya, cupang si Ian udah tumbuh jenggot dimana-mana.
 
Puncaknya adalah malam minggu. Waktu itu Ian lagi gak ada dikamar. Gue yang lagi asik main Plant vs Zombie, dikagetkan kedatangan Fiki –temen samping kamar-

“Minta air dong je” Fiki yang masuk kamar gak pake assalamualikum langsung nepuk pundak gue

“Tuh di Galon” jawab gue yang masih fokus ngegame

Ternyata sewaktu minta air, Fiki liat cupang gue dan Ian yang terlantar banget. Gue kira Fiki bakal kasian dan mengingatkan gue buat ganti air cupangnya. Tapi Fiki malah menawarkan hal yang gue sesali sampai sekarang

“Cupang si Ian bagus banget je, kayaknya kalo diadu ama cupang lu bakal menang nih cupang Ian” Fiki manas-manasin gue

“Engga lah, Cupang gue yang keren”

“Cupang Ian”

“Cupang gue!”

“Coba kita aduin, gue pegang cupang Ian. Kalo ampe kalah gue bakal traktir lu makan. Gimana?”

“Oke siapa takut fik!”

Saat itu gue sukses dihasut oleh fiki dengan seperangkat makanan kantin asrama.

Gue satuin si Cuplis sama cupang Ian di toples. Awalnya si cuplis dan cupang Ian masih malu-malu. Lama-lama mereka mulai saling serang satu sama lain

“Ayoo Cuplis” Ucap gue yang menganggap si Cuplis ngerti gue ngomong apa.

Hook kiri dari cupang Ian membuat sirip si Cuplis robek. Dilanjut Upper Cut yang mengujam leher Cuplis semakin memudahkan Cupang Ian memenangkan pertandingan. Puncaknya, gigitan di ekor Cuplis sudah cukup mengkahiri segalanya. Cupis tergeletak di dasar toples. Gue nangis, “CUPLIIIIIIS!!! TIDAAAAAAAAAAAAAAAKKK!!

Namun tiba-tiba Cuplis membuka matanya. Waktu terasa berhenti. Senyum gue kembali mengembang.  Kamera langsung zoom in ke mulutnya Cuplis, seraya berkata

“Jaga nama baik perguruan kita, nak!” Cuplis akhirnya mati dengan damai

TIDAAAAAAAAAAAAAAAAK!!!!

Gue sedih Cuplis mati. Tapi gue lebih sedih karena harus bayarin makan si Fiki selama 2 hari.

Dari kejadian itu gue menyadari kalau gue memang belum bisa mengemban sebuah tanggung jawab. Miara ikan cupang aja gak becus. Kejadian ini bakal menjadi pembelajaran terpenting dalam hidup gue dan akan selalu gue inget. Jadi kalau tiba-tiba si Fiki dateng sewaktu gue udah nikah

“Anak si Ian lucu banget je, kayaknya kalo diadu ama anak lu bakal menang nih anaknya si Ian”

Dan tentu gue gak bakal bertindak nyatuin anak gue sama anak Ian di toples bekas kopi buat diaduin kayak anak cupang.

Engga! Gue udah belajar dari pengalaman, Fik!