UA-134174723-1

...

banner image

6 Hal yang Bikin Kamu Mikir Dua Kali Buat Tinggal di Mars

Tempo hari masyarakat dunia dihebohkan dengan penumuan air di Planet Mars oleh NASA. Sontak, ini kembali memicu perdebatan apakah planet Mars adalah planet bisa layak huni seperti Bumi karena di sana memiliki sumber kehidupan utama berupa air. Banyak yang berpendapat kalo suatu hari nanti umat manusia harus bisa tinggal di Mars dan menciptakan kehidupan baru di sana. Tapi apa kamu yakin tinggal di Mars itu lebih enak dari pada di Bumi? Ya kalo patokan kamu film The Martian sih kayaknya enak-enak aja tinggal di sana. Bisa bercocok tanam dan lain sebagainya. Eits tapi itu kan film, aslinya sih kalo tinggal di Mars, kamu akan menemukan masalah-masalah seperti ini nih


#1 BERAT DI ONGKOS
Perlu kamu tau kalo Jarak antara Bumi dan Mars itu 567 juta Kilometer. Dan jika kamu beneran pengen ke sana kamu memerlukan waktu 8 bulan 11 hari, itu pun dengan catatan engga ada gangguan teknis di perjalanan. Dengan jarak tempuh yang super lama itu tentu akan berdampak pada ongkos yang perlu kamu keluarkan. Mahal banget pasti. Ya bayangin aja deh kamu naik taksi muter-muter Jakarta selama 8 bulan 11 hari non-stop. Kalo kamu sanggup bayar ongkos yang tertera di argonya, kamu boleh deh tuh punya cita-cita pergi ke Mars.
Ke Mars, bisa naik gojek gak sih?
#2 JADI MANUSIA PURBA
Ketika pertama kali kamu mendarat di Mars, kamu engga langsung bisa merasakan fasilitas-fasilitas seperti di Bumi. Kamu harus memulai kembali peradaban manusia di Mars dari 0. Ibaratkan nih kamu kayak manusia purba gitu deh. Mirip mirip Homo Erectus dan teman-temannya. Mungkin aja kalo kehidupan manusia di Mars udah sangat modern, jangan kaget muka kamu ada di buku buku sejarah anak SD sebagai manusia awal yang hidup di Mars.  
Huh aa uuh aa ha hu au au
#3 MARS ITU DINGIN
Banyak yang salah menduga kalo  Mars itu planet yang panas karena warnanya merah. Aslinya, Mars itu dingin abis. Suhu di Mars aja ada di kisaran -5°C sampai -87°C. Gak kebayang sih berapa lapis jaket bulu yang harus manusia pakai ketika tinggal di sana. Apalagi sama orang-orang Indonesia yang terbiasa hidup di iklim tropis, tinggal di Mars langsung pada masuk angin kali ya.
Brrrrr adeeem
#4 SATU TAHUNNYA DUA KALI LIPAT DARI BUMI
Bagi kamu yang senang merayakan hari ulang tahun, tinggal di Mars bukan lah pilihan yang tepat. Karena letaknya terhadap matahari lebih jauh dari bumi, membuat waktu revolusi di Mars tentu lebih lama di bandingkan Bumi. Waktu Revolusi Mars sendiri itu 687 hari atau hampir 2 kali lipatnya revolusi Bumi yang cuma 365 hari. Jadi kalo kamu pengen ngerayain ulang tahun di Mars, kamu harus nunggu 2 tahun waktunya bumi. Tapi enaknya kamu akan awet muda kalo tinggal di Mars, karena umur 20 tahun di Bumi sama dengan umur 10 tahun di Mars. Tapi ya tetep aja tuh muka kamu nambah tua.
Bener gak nih umurnya?
#5 NAIK HAJI MAKIN SUSAH
Bagi umat islam, naik haji masuk ke dalam rukun islam ke 5 yang dilaksanakan jika mampu. Mampu di sini tuh mampu secara finansial dan fisik. Dan kalo beneran orang-orang tinggal di Mars, makna kata ‘mampu’ di syarat untuk menunaikan ibadah haji makin susah. Kamu harus mampu punya uang yang luar biasa banyak untuk menempuh perjalanan dari Mars ke Mekah, di tambah fisik kamu juga harus mampu dan kuat saat melewati ruang angkasa dan menembus berbagai lapisan atmosfer. Susah beud deh. Berangkat haji dari Indonesia aja harus ngantri ampe 25 tahun, apalagi kalo berangkat dari Mars. Udah deh jangan ngayal buat tinggal di sana.
Naik haji makin susah nih | Iya sob!
#6 BUMI ITU INDAH
Ibaratkan nih kamu punya pacar yang cantik tapi seketika kamu tergoda untuk mendekati wanita lain yang belum tentu lebih baik dari pacar kamu. Ya kayak gitu deh nasib Bumi sekarang. Padahal kan banyak banget hal-hal seru yang bisa kamu lakuin di Bumi, masih banyak juga tempat-tempat asik yang perlu kamu explore untuk mencintai bumi dan membuang jauh-jauh pikirian untuk tinggal di Mars. Tapi kan sekarang kondisi bumi makin mengkhawatirkan? Karena itu kita sebagai penduduk bumi harus berperan aktif dalam menjaga bumi yang sudah semakin tua ini. Bisa dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.
Yuk kita jaga sama-sama
Makanya yuk jaga bumi, biar naik haji gak makin susah #SaveOurEarth #TaglinenyaAgakGakNyambungYa

6 Hal yang Bikin Kamu Mikir Dua Kali Buat Tinggal di Mars 6 Hal yang Bikin Kamu Mikir Dua Kali Buat Tinggal di Mars Reviewed by Doni Jaelani on 12:43 Rating: 5

27 comments:

  1. Gila, cerdas banget lo bikin ginian, jeh. Saya relate banget soalnya abis nonton The Martians.

    ReplyDelete
  2. Naik haji makin susah, setuju banget nih penjelasan nomer 5. Bayangkan aja pergi ke Mars aja udah berape tuh duit, ntar pulangnya susah jugaa -_-

    Duhh stay di Bumi aja deh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makanya di Bumi aja deh, jangan gaya gayaan mau ke Mars

      Delete
  3. serem bnget tuh jadi manusia pertama yang hidup di mars. ntar fosil dari tulangnya di pajang dan sebagainya.

    paling susah sih kalau LDR an mas
    tahu sendiri lah

    ReplyDelete
  4. Salah satu solusi terbaik buat naik haji kalo beneran tinggal di Mars, cari tiket PP yang lagi promo, kan lumayan murah tuh.

    ReplyDelete
  5. Nggak pernah kepikiran sebelumnya. Tapi pas baca ini, gue semakin yakin. Gue suhu 17 derajat aja kedinginan, apalagi sampe minus 87? :(
    Mau tinggal di Bumi aja, ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mending tinggal di Bumi, apalagi di Sukabumi. Banyak bibit bibit unggul ahahak

      Delete
  6. Hmmm iys juga ya, di mars belom tentu seramah bumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bumi kan ramah, ngelewat gang aja harus nyebut punten

      Delete
  7. Gakpapa sih jadi peradaban awal. Jadi tinggal berburuuuu. Gak perlu kerja langsung nikah! *lho?*
    Dan naik haji jadi susah. Kutu kupretlah! :))

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Padahal gue belum nunjukin naik sepeda, kakinya di atas nih udah di sebut hebat banget

      Delete
  9. bersyukur lah udah tinggal di bumi. suhu dibawa 0 derajat itu sangat nggak bersahabat buat manusia yang tinggal di indonesia, apalagi jumlah hari... nggak relevan men. udah terlalu nyaman dengan sebulan 30 hari.

    ReplyDelete
  10. nah nomer dua tuh yang bikin gue bener bener mikir beribu ribu kali buat tinggal disana, karna kan disana walaupun kita bisa hidup tapi kan blm ada peradaban gitu, otomatis kalo pindah kesana ya mesti bikin peradaban baru dong dari awal. dan bener tuh kata yang komen diatas gue, naik haji bakal susaaaahhhh dan pasti biayanya mahal tentunya


    bearti nenek nenek yang umurnya udah 70 tahun kalau ke mars cuma dihitung 35 yah haha. pasti pada dikatain muka boros

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ke Mars aja kalo pengen umur kamu jadi muda lagi ahhak

      Delete
  11. dasar pemikiran penulisannya apa sih? artikelnya bagus, kalo baca tulisan lo point yang nomor dua itu sih pertimbangannya banget membangun peradaban kan susah banget.. tapi intinya naik haji sih yang penting, masa sanggup ngeluarin duit banyak buat pergi ke mars tapi belum pernah naik haji..

    naik haji dulu kalo punya rezeki, dan bumi sudah terlalu indah buat dibandingin dengan mars...

    ps. gunung tertinggi di mars itu kalo ga salah 3 kali lipat lebih tinggi dibanding mount everest, ntar makin sedikit manusia yang bisa mencapai puncak tertinggi di dunia kalo tinggal di mars :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia sempet baca juga, tentang gunung di Mars. ah kelupaan di masukin ke salah satu point di atas jadinya

      Delete
  12. Tetep yg jadi fokus ya sama si cewek yg pake jaket, adem banget :'))

    ReplyDelete
  13. Bener juga kata mas Dijeh.

    Kita kembali dari nol jika tinggal di Mars.

    Peradaban dimulai dari awal kembali.

    Berburu dan meramu.

    Tinggal di gua.

    Membuat api dari menggesek-gesekkan kayu.


    Hahaha, dipikir secara logika, kalau toh Mars bisa dihuni, yang bisa berangkat ke sana cuman orang-orang kaya kan?

    Hahahaha :D

    ReplyDelete
  14. Jangankan ke Mars, keliling Indonesia aja belum bisa.

    Sebaiknya sih lebih menjaga yang udah ada, bukan malah mencari yang baru karena yang lama udah dihancurkan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.