Saturday, 3 September 2016

Ribetnya Jadi Orang Indonesia

Adat istiadat yang bikin ribet
Tau gak sih kalo orang Indonesia tuh hobi banget ngeribetin dirinya sendiri. Contohnya aja kayak mau nikah. Kan nikah mah tinggal ada calon pengantin, penghulu, saksi, ijab kabul, kelar acara! nah karena orang Indonesa tuh maunya ribet, dibuatlah acara dangdutan, makanan prasmanan, penampilan stand up comedy, pertunjukan sulap, pembacaan puisi, pertandingan bola, reshuffle kabinet, pemilihan presiden, dan macem-macem. Emang kenapa sih kalo orang nikah tuh dibuat simpel aja gitu gak usah ribet-ribet serba mewah. Gue sih gak pernah denger tuh ibu-ibu yang hobi gosip di tukang sayur ngomentarin nikahan orang. 

“Jeng jeng masa ya, kemarin saya ke nikahan anaknya Pak lurah, tempatnya tuh sempit banget. Padahal di Hotel”

“Masa sih jeng? emang hotel apa?”

“Hotel Monopoli!”

Semua ibu-ibu di tukang sayur “UWADUDUUDUY!!!”

Udah lah gak usah bahas nikah ya. Kasian yang belum nemu pasangan sampe sekarang *nangis*. Ngomong-ngomong ribet, gue jadi inget kasus kopi sianida Jessica Mirna itu deh. Sampe sekarang belum kelar-kelar ya? kok ribet banget sih prosesnya. Padahal nih kasus udah dari kapan tau. Terus kayaknya juga, gue tiap minggu denger Jessica Sidang. Tiga Minggu yang lalu gue denger Jessica sidang. Dua minggu yang lalu masih sidang. Terus Minggu ini gue denger Jessica sidang lagi. Ini sih kalo Jessica sidang terus, kapan mau diwisuda????? 

Keribetan sidang ini tuh beda banget kalo yang disidang orang-orang miskin yang kesalahannya sepele banget. Kayak waktu itu gue pernah baca ada nenek-nenek yang nyuri ubi atau apa gitu, terus tiba-tiba divonis 5 tahun penjara. pasti karena mentang-mentang gak punya uang, si nenek gak bisa nyewa pengacara handal buat nanganin kasusnya. Jadi bener sih kalo hukum di Indonesia masih tajam ke bawah tumpul ke atas. Maling ayam cepat sekali di berantas, tapi hukuman terhadap korupsi cuma ada di atas kertas. BAKAR KORUPTOOORR!!!

Tapi nyadar gak sih kalo makin ke sini Jessica makin cantik gitu. Bandingin sama pertama kali dia muncul di TV, mukanya kusut banget kayak kabel headset di taro di tas. Gue curiga kalo selama ini Jessica tuh di-endorse sama produk kecantikan. Karena pas sidang semua media ngeliput Jessica, jadi momen itu momen yang pas buat promosiin produknya.

“Saudari terdakwa, apakah benar saudari memasukan racun sianida ke kopi korban?”

“Be-benar yang mulai. Tapi sebelum saya memasukan racun tersebut, saya terlebih dahulu pergi ke toko kecantikan untuk membeli sabun lulur purbasari”

“Saudari terdakwa, Bisa tolong jelaskan lebih rinci?”

“Purbasari adalah produk kecantikan nomer satu. Cocok untuk wanita dan iklim tropis di Indonesia. Purbasari? Lulurnya yang gambar putri raja!”

“BUKAN PURBASARINYAAA!!!!” Yang mulia langsung resign!

Ya pokonya ribet banget deh ini kasus Jessica!