Saturday, 13 March 2021

13 Tempat Beli Buku Online yang Sering Promo



Peralihan perilaku konsumen di era sekarang, membuat banyak orang memilih untuk membeli buku secara online alih-alih harus datang ke toko buku yang memerlukan ongkos dan tenaga.

Apalagi sejak pandemi corona yang berlangsung sejak tahun lalu, benar-benar membatasi aktivitas manusia. Tak terkecuali dengan gue sendiri. Setiap mau keluar rumah, seakan gue bakal terjun ke medan perang dunia kedua, yang kalau nggak hati-hati bisa mati kena peluru virus corona.


Ya meskipun sebelum corona pun gue memang mager buat keluar rumah, tapi corona menjadikan validasi kalau gak penting-penting amat, mending gak usah ke mana-mana.


Begitu pun ketika gue ingin membeli buku. Jika biasanya tinggal manasin motor terus gas ke toko buku, sekarang kalau pengen buku baru, tinggal buka browser dan cari deh buku-buku yang pengen dibeli.


Kita pun nggak perlu bingung mencari di mana membeli buku online yang aman yang terpercaya. Bak jamur di musim hujan, bermunculan banyak toko buku online. Belum lagi, toko-toko buku besar yang berdiri offline, kini perlahan mengarahkan bisnisnya ke mode online. Ini mungkin jadi adaptasi mereka supaya tak ketinggalan di era serba digital.


Nah, kalau kamu masih bingung nih di mana membeli buku online yang aman dan terpercaya, silakan mampir ke beberapa toko buku online berikut ini:


1. Gramedia.com





Buku dan Gramedia seolah menjadi dua kata yang tak bisa terpisahkan. Sejak zaman baheula, Gramedia jadi tempat paling populer untuk membeli berbagai macam buku. 


Sebagai salah satu toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia tak ketinggalan terjun ke pasar buku online. Maka dari itu, lahirlah website gramedia.com, tempat membeli buku online yang aman dan terpercaya.


UI/UX dari gramedia.com pun sangat memanjakan mata. Kamu bisa dengan mudah mencari buku yang diinginkan. Bisa juga mem-filter buku-buku tersebut mulai dari yang termurah, termahal, terpopuler atau banyak dibeli. Gramedia juga sering mengadakan berbagai flash sale atau diskon buku yang lumayan banget.


Sama seperti toko fisiknya, di gramedia.com juga kamu bisa membeli berbagai barang seperti peralatan tulis, tas, dan baju lho.


Tambahan lagi, gramedia.com juga punya blog yang isinya seputar rekomendasi-rekomendasi buku yang cocok buat kamu baca. Mantap deh!


2. Grobmart.com





Kalau hobi beli buku online yang lumayan murah karena sering diskon, Grobmart tentunya nggak asing lagi. Soalnya setiap gue buka grobmart.com, ada aja buku yang didiskon yang bikin godaan ngeluarin uang dari dompet.


Di laman utama websitenya, grobmart.com menampilkan kategori khusus bernama Deal of the Day. Di situ, pengunjung ditawari berbagai produk yang lagi didiskon pada hari tersebut.


Grobmart juga menyediakan fitur review untuk setiap bukunya. Jadi, pengunjung bisa cek-cek dulu review orang-orang sebelum akhirnya memutuskan membeli.


Seandainya saldo ATM kamu kosong kayak hati gue, tapi lagi pengen bel buku online di grobmart, jangan khawatir. Pasalnya, grobmart.com menyediakan pembayaran cash on delivery a.k.a COD.


Sama halnya dengan gramedia.com, grobmart.com juga nggak cuma jualan buku lho. Kamu bisa membeli barang-barang elektronik di sini seperti TV, AC, Mixer, dan lain-lain


2. Periplus.com





Kalau kamu ingin membeli buku online berbahasa Inggris atau buku-buku impor, maka periplus.com adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi. Berdiri sejak tahun 1985, Periplus kini sudah memiliki kurang lebih 45 outlet yang biasanya ada di pusat perbelanjaan atau bandara.


Toko buku online periplus.com adalah yang terdepan untuk urusan buku-buku impor. Bahkan koleksi buku yang tersedia di sini mencapai *tarik napas…..* 21 juta buku!


Memang sih buku-buku impor itu lebih mahal dibanding buku Indonesia atau terjemahan, tapi jika berbicara kualitasnya sih cukup sebanding dengan harganya.


Untungnya, Periplus juga hobi ngadain diskon atau promo di hari-hari tertentu. Jadi dompetmu yang ingin belanja buku impor, nggak teriak-teriak amat.


3. Mojokstore.com




Selain terkenal dengan website yang isi postingannya bergaya satir, Mojok juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk membeli buku online. Bahkan ada beberapa buku yang cuma di jual di mojokstore.com dan sulit dicari di toko buku lain.

Hal yang unik, ketika kamu membeli buku online di mojokstore.com, kamu akan mendapat bonus sebatang permen lolipop. 


4. Mizanstore




Tempat beli buku online selanjutnya adalah mizanstore.com. Yap, sebagai salah satu publisher buku terkenal di Indonesia, sudah tak aneh jika Mizan juga hadir di dunia maya dengan menjual buku-bukunya secara online.

Mizanstore.com menyediakan banyak sekali buku-buku menarik mulai dari komik, novel, ensiklopedia, dan banyak genre lainnya.


Selain membeli buku-buku terbaik, mizanstore.com juga menawarkan self-published dan e-book. Sehingga kamu yang punya cita-cita menerbitkan buku pribadi, bisa langsung berkunjung ke mizanstore.com. 


Untuk harga-harga yang ditawarkan di mizanstore.com juga tergolong murah karena banyak diskon di hari-hari tertentu atau ketika ada rilisan buku baru.


5. Togamas.com




Tampilan website togamas.com memang sedikit kaku dibanding toko buku online lainnya, tapi jika yang kamu pedulikan adalah buku online murah, sudah jelas togamas.com hadir untuk itu.

Di halaman utamanya, pengunjung akan disajikan kategori Buku Terlaris, Buku Baru, dan Buku Promo. Dari situ saja sudah cukup memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang ingin dibeli secara tepat.


Selain itu, tentu aja ada search bar di bagian atas bagi kamu yang ingin mencari buku secara spesifik.


Togamas.com juga menawarkan ongkos kirim yang relatif murah. Hanya dengan 8 ribu rupiah saja, buku cantikmu langsung dikirimkan ke rumah.


6. Bukabuku.com




Bukabuku.com memang tidak seterkenal Gramedia atau Periplus, tapi bukabuku.com boleh dibilang toko buku online underrated yang perlu diperhitungkan. Kenapa? Harga yang ditawarkan di sini relatif murah karena banyak diskon atau promo.

Yang menarik dari toko buku bukabuku.com adalah adanya fitur Pojok Pengarang, sehingga pengunjung bisa tahu profil-profil penulis buku yang ada di bukabuku. Wah keren banget sih buat nambah-nambah wawasan.


7. Booksandbeyond.co.id




Selain ada Periplus, alternatif lain jika kamu ingin mencari buku-buku impor, bisa berkunjung ke website booksandbeyond.co.id. Books and Beyond menawarkan banyak buku maupun ebook menarik mancanegara baik itu novel, ilustrasi atau buku teks. Books and Beyond juga menjual buku-buku lokal.

Tak cuma jualan buku, di sini kamu bisa membeli berbagai mainan seperti action figure yang jarang dijual di tempat-tempat lain.


8. Kinokuniya.co.id




Kalau kamu ingin mencari buku online impor yang spesifik, misalnya buku Jepang atau Mandarin, kinokuniya.co.id jadi toko yang wajib kamu kunjungi.

Ya, Kinokuniya memang mengkhususkan menjual buku-buku impor jepang dari yang terbaru sampai langka sekalipun. 


9. Berdikaribook.red




Tempat beli buku online selanjutnya adalah berdikaribook.red. Toko buku online ini cukup berbeda dibanding toko-toko buku lainnya. Pasalnya, berdikaribook.red lebih banyak mengoleksi buku-buku seputar ilmu pengetahuan. Mulai dari agama, filsafat, politik, sosial, hingga sejarah.

Jadi buat kamu yang ingin menambah banyak wawasan seputar apapun, bisa langsung berkunjung dan beli buku di berdikaribook.red.


10. Bukukita.com


Bukukita.com adalah toko buku online selanjutnya yang direkomendasikan. Koleksi buku yang tersedia di sini pun cukup beragam, mulai dari novel, self improvement, agama, dan lain-lain. 


Satu hal menarik dari bukukita.com adalah adanya sistem points rewards setiap melakukan beberapa aktivitas di situs tersebut. Poin yang sudah dikumpulkan, nantinya bisa digunakan sebagai opsi alat pembayaran atau penambah pembayaran pada saat belanja di situs BukuKita.com. Jadi semakin rajin kamu berbelanja di sini, makin banyak poin yang bisa dikumpulkan.


11. Akubaca




Rekomendasi tempat beli buku online selanjutnya adalah akubaca.com. Koleksi buku yang tersedia di sini pun cukup komplit, karena bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku di Indonesia.

Menariknya, di sini kamu bisa membeli buku dengan cara bundle/paket beberapa buku. Jadinya, harga yang ditawarkan akan lebih murah, dan kamu pun bisa dapat banyak buku.


12. Ecommerce




Kalau dari tadi membahas tempat beli buku online berbasis website, kini kita bahas juga nih tempat beli buku yang ada di eCommerce besar seperti Tokopedia atau Shopee.

Banyak juga toko-toko di kedua eCommerce tersebut yang menawarkan buku-buku online dengan harga yang terjangkau. Apalagi Shopee atau Tokopedia juga sering mengadakan diskon besar-besaran di hari spesial.


Kamu juga bisa menemukan toko-toko buku yang punya website pribadi, turut membuat akun di Tokopedia dan Shopee sehingga jangkauan penjualan pun semakin luas.


13. Media Sosial





Selain eCommerce dan website, mencari dan membeli buku online juga bisa kamu lakukan melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook loh.


Banyak akun-akun Twitter yang khusus menjual buku-buku menarik yang tak kalah komplit dibanding website-website toko buku besar. 


Apalagi di Twitter juga banyak loh yang jual buku-buku preloved berkualitas sehingga harganya cukup murah.


Nah itu tadi daftar tempat membeli buku online yang aman dan juga murah karena banyak diskon. Kamu tinggal pilih aja deh sesuai selera.


Baca Juga >> Mending Beli Buku Baru Atau Buku Preloved?


Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Saya baru pernah cobain Gramedia doang, pas ada diskonan gede-gedean, trus saya beli sama buku murah-murah, ada yang 5000an, lumayan kan komik dan dapat banyak.
    Kesukaan anak saya.
    Pas check out, agak aneh kok totalnya jadi mahal.
    Tapi saya tetep nggak terlalu ngecek, nantilah pas nyampe saya kaget, kok cuman 1? ternyata beberapa buku lainnya dari tempat berbeda.
    Makanya mahal, soalnya ongkirnya double hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha pengalaman yang kurang mengenakan ya beli di Gramedia. Pdahal di situ suka ada diskon yang lumayan banget buat buku-buku bagus

      Delete
  2. paling sering beli di shopee, biar ada alasan buat chek out-check out lainnya. wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi keranjang aja dulu, check outnya belakangan

      Delete