Saturday, 3 April 2021

Pengalaman Bermain Mini Soccer di Bromelia Sport Center


Tanggal 28 Maret 2021 kemarin, gue diajak temen buat main sepak bola mini atau mini soccer di Bromelia Sport Center. Ajakan itu, tentu langsung gue iyakan tanpa perlu pikir panjang. Alasannya, pertama, karena gue udah lama banget nggak olah raga. Ya, sejak pandemi, gue memang banyak mengurangi aktivitas di luar ruangan. Padahal mah memang mageran aja anaknya. Kedua, ini adalah kali pertama gue berkesempatan buat menjajal lapangan Mini Soccer di Bromelia Sport Center.

Sebagai salah satu atau bahkan satu-satunya lapangan mini soccer yang ada di daerah Bogor, membuat Bromelia Sport Center jadi tempat yang lagi banyak diomongin di scene anak-anak bola Bogor. Tentu aja, hal ini bikin gue penasaran, seperti apa sih lapangan yang letaknya di daerah puncak Bogor ini?

Akes ke Bromelia Sport Center





Meskipun berada lumayan jauh dari pusat kota Bogor, namun akses ke Bromelia Sport Center cukup mudah. Alamat lengkapnya di Jl. Hankam No.51, RT.01/03, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor. Gampangnya, kalau berangkat dari Bogor Kota, tinggal melewati jalan yang ke arah Puncak. Atau kalau mau gampangnya lagi, tinggal buka maps dan ketik Bromelia Sport Center. Soalnya, letaknya nggak di pinggir jalan, tapi harus masuk dulu ke dalam gang.

Waktu itu, gue berangkat naik motor sehingga nggak terkena macet di jalan puncak. Padahal itu adalah hari Minggu. Jadi mungkin saran dari gue sih, kalau mau naik mobil, apalagi di waktu weekend, perlu datang sedini mungkin. Amit-amit kalau taunya kena sistem buka tutup juga.

Fasilitas di Bromelia Sport Center



Sebagai tempat olahraga baru di Bogor, Bromelia Sport Center dibekali oleh kualitas lapangan yang sangat bagus. Mulai dari rumput, gawang, sampai jaring pembatas lapangan yang masih terawat dengan baik.

Salah satu keunikan dari Bromelia Sport Center, adalah adanya locker room untuk dua tim yang bertanding. Locker room ini bukan cuma berfungsi sebagai ruang ganti aja, tapi cuma tempat foto-foto yang instagramable. Kalau fotografernya jago, bisa berasa lagi di foto di locker room Old Trafford sebelum tanding

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti mushola, kafe, dan bahkan tempat nobar pun tersedia di sini. Jadi cukup nyaman kalau memang mau mengajak pacar atau keluarga nontonin kamu main.

Area parkir yang disediakan juga cukup luas. Jadi jangan khawatir kalau bawa mobil dan bingung mau parkir di mana.

Mungkin salah satu hal yang gue suka dari tempat ini adalah, suasana yang enak banget. Gimana nggak, lokasinya di sekitar puncak, bikin udara masih segar. Apalagi ditambah cuacanya yang lumayan dingin, bawaannya pengen dipeluk kamu. Padahal waktu itu, gue main jam 2 siang!

Nggak kebayang kalau main malem sekitar jam 7 atau 8an, mungkin udah kayak main di Liga Champions alias cuaca eropa banget!

Berapa Harga Sewanya?



Bromelia Sport Center buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Nah untuk biaya sewa per jamnya sendiri sebenarnya nggak mahal-mahal banget. Apalagi waktu gue main, karena tempat ini baru dibuka, jadi lagi ada promo dari Maret sampai April yang lumayan.

Daftar harga sewa lapangan Bromelia Sport Center (Harga promo Maret-April):

Pukul 08.00 - 11.00 WIB: IDR 300.000 jadi IDR 250.000
Pukul 11.00 - 14.00 WIB: IDR 250.000 jadi IDR 200.000
Pukul 04.00 - 16.00 WIB: IDR 300.000 jadi IDR 250.000
Pukul 16.00 - 23.00 WIB: IDR 350.000 jadi IDR 3000.000

Apa Perbedaan Mini Soccer dan Futsal?




Nah mungkin banyak yang belum tahu, sebenarnya apa sih yang membedakan antara mini soccer dengan futsal? Padahal kan dua-duanya main pakai bola dan tujuannya cetak gol ke gawang lawan.

Perbedaan paling mendasar dari olahraga turunan sepak bola itu adalah dari luas lapangan dan jumlah orang yang bermain. Dalam permainan futsal, luas lapangan biasanya berukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Sedangkan lapangan standar mini soccer adalah 12,5 x 25 meter.

Untuk jumlah pemain tiap tim, futsal terdiri dari lima orang termasuk penjaga gawang. Sedangkan mini soccer dimainkan 7 lawan 7 atau ada juga yang 9 lawan 9. Keduanya nggak punya aturan offside. Tapi di mini soccer, kalau bola keluar lapangan, harus dilempar. Beda halnya dengan futsal.

Perlu diperhatikan juga sepatu apa yang dipakai untuk bermain mini soccer. Pasalnya, waktu gue main di Bromelia Sport Center, gue memakai sepatu futsal. Alhasil, setiap gue berlari terus berhenti tiba-tiba, akan otomatis terpeleset. 

Jadi, kalau kamu pengen main mini soccer di Bromelia Sport Center, harus pakai sepatu bola dengan pull supaya nggak licin. Terutama kalau lapangan habis kehujanan sehingga rumput jadi basah.

Bonus foto-foto waktu main. Karena main bola zaman sekarang tujuan utamanya bukan nyari keringet, tapi nyari pose foto yang bagus buat dipost di Instagram!















Previous Post
Next Post

6 comments:

  1. Lagi rame sih emang mini soccer belakangan ini. Setuju juga, sekarang emang main bola bukan hanya sekedar main aja, tapi dapat foto bagus buat instagram haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener, yang penting bisa posting dan pamer

      Delete
  2. Gue masih belum pernah sih main mini soccer
    Dan baru tau juga, bola nya harus dilempar dari luar ke dalam. Bukan ditendang, kayak futsal biasa

    Setelah gue fikir-fikir, kayaknya gue ga pernah ngajak pacar ghe buat nontonin gue main futsal. Besok-besok kalo futsalan, gue ajak pacarnya siapa ya, buat nontonin gue futsalan?

    Harganya murah kalo segitu. Patungan dua puluh, masih bisa lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena lapangannya lebih luas dibanding futsal, jadi kalau out harus dilempar gak ditendang

      Gak ngajak pacar bukan gak mau, tapi karena emang gak punya pacar ya ckck

      Delete
  3. Ini sih yang dijual viewnya. Murah loh harganya kalo gw bilang. Tinggal patungan aja kita bisa main di situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, tergolong murah. Apalagi bayarnya patungan dan banyakan

      Delete