Thursday, 12 August 2021

Masalah Analog Stik PS4 yang Gerak Sendiri

Bagaimana rasanya punya sebuah konsol game PlayStation 4 yang cukup canggih tapi kita nggak bisa memainkannya? Ya betul sedih! Itu yang lagi gue alami beberapa minggu belakangan. Tidak ada lagi rutinitas gue tiap malem main FIFA atau PES di PS4. Alasannya karena analog stik PS4 gue gerak sendiri.

Sebentar, bisa gue jelaskan. Gerak sendiri di sini bukan stiknya terbang melayang kayak di film Tuyul & Mba Yul ya. Maksudnya tanpa gue apa-apain, pemainnya gerak-gerak sendiri. Belakangan gue tahu istilah yang tepat untuk masalah ini, stik nge-drift! Itu yang biasanya disebut di forum-forum atau grup PS4 kalau membahas ada stik yang analognya suka gerak sendiri.

Gue pun lalu mengingat-ngingat, kira-kira apa sebabnya sampai analog stik PS4 gue ini rusak. Sepengetahuan gue, gue nggak terlalu barbar ketika bermain. Gue pun jarang main game yang punya reputasi menghacurkan stik kayak Tekken atau game fighting lainnya. Entah lah, mungkin karena memang nasib aja kali ya sampai akhirnya stik ini jadi rusak.

Akhirnya gue cari tahu tempat benerin atau servis stik di daerah Bogor. Plaza Jambu Dua yang langsung terlintas di pikiran ketika pengin servis barang-barang elektronik termasuk PS4. Ibaratkan Plaza Jambu Dua ini kayaknya Mangga Duanya Jakarta lah. Segala hal tentang dunia elektronik bisa ditemukan di sini.

Apesnya, ketika gue datang, tempatnya lagi tutup. Gue baru sadar kalau PPKM masih berlangsung dan mall seperti Plaza Jambu Dua wajib tutup.

Gue pun memutuskan untuk mencari tahu ke mbah Google. Tapi bentar deh, kenapa ya Google tuh sering dipanggil Mbah. Emang umurnya udah tua banget? Jenggotan? pakai tongkat? Padahal kalau dicek, suara Google sih kayak mba-mba polos tanpa dosa.

Balik ke pencarian tempat servis stik PS4 lewat Google, akhirnya gue menemukan satu tempat yang kayaknya cukup terpercaya. Namanya DKGame. Terletak Jl. Sholeh Iskandar Jl. Salabenda Raya No.14, RT.4/RW.04, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

Sebelum pergi ke lokasi, gue coba chat pemilik toko itu buat nanya kira-kira berapa biaya servis stik PS4 yang nge-drfit. Ternayata harganya lumayan, Rp150 ribu dengan pengerjakan sampai 3-4 hari.

Lumayan mahal juga untuk servis stik PS4 yang rusak. Ditambah pengerjaannya pun cukup lama. Gue kira bisa sehari beres dibenerin kayak servis motor di montir.

Gue pun coba cari di YouTube terkait kendala rusaknya analog stik PS4 Ini. Gue menemukan video yang mengajarkan tutorial memperbaiki stik rusak. 



Hadeh ribet juga ternyata kalau benerin sendiri. Apalagi perlu beberapa alat khusus kayak obeng dan spare part buat ganti bagian yang rusak.

Pada akhirnya gue memutuskan untuk menyerahkan ke abang-abang servis, dari pada gue servis sendiri malah jadi makin rusak.

Ya semoga sih bisa main PS4 lagi.

Latest
Next Post

2 comments:

  1. Pilihan pinter emang ngasih kerjaan ke tukang serpis :))
    Semoga bisa bener ya bang, dan harga yang cocok tentunya.. Banyak tukang serpis yang ngasih harga ngadi-ngadi soalnya

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget gak tuh alamatnya. Hahah.

    Emang udah benar bang bawa ke tukang servisikation, jangan kayak bapak ku apa-apa dikerjain sendiri, TV rusak dikerjain sendiri, komputer rusak dikerjain sendiri, hp rusak dikerjain sendiri yang ada malah rusak dan mesti ganti baru. Pas ditanya kenapa kerjain sendiri katanya biar sekalian eksperimen. kayak di yutup. Lah.

    ReplyDelete