Nostalgia Membaca Tulisan Masa Lalu di Blog



Tepat tanggal 11 Agustus kemarin, domain blog ini expired. Sebenarnya ada kebimbangan di dalam diri gue, apakah perlu memperpanjang kembali blog ini, atau yaudah cuekin aja. Mengingat, gue udah nggak begitu aktif lagi buat nulis-nulis di sini.

Di tengah kebimbangan tersebut, gue iseng ngubek-ngubek tulisan di blog dari zaman dulu sampai bulan April lalu. Kok gue jadi ketawa-ketawa sendiri. Gue cek, istri gue lagi ngelikitikin kaki gue. Enggak becanda gaes! Ketawa karena tulisan-tulisan gue dulu kok tolol banget ya haha. 

Gue mau nyoba nih, ngereview beberapa tulisan lama gue yang kalau gue baca lagi sekarang, bikin geleng-geleng kepala.

Mari kita mulai dengan tulisan bersejarah alias tulisan pertama gue di blog Dijehtheory ini. Berjudul “Masa Kecil

Isi tulisannya, nyeritain tentang kehidupan masa kecil gue. Tulisan ini terinspirasi dari temen SMA gue yang waktu itu curhat masa kecilnya di blog. Terbesit dalam pikiran, kok seru juga sih cerita-cerita di internet terus dibaca banyak orang. Sampai akhirnya, gue pun bikin blog sendiri dan menulis kisah kecil gue dalam tulisan pertama. 

Terlihat bagaimana struktur kalimat dan EYD-nya sangat kacau sekali. Bahkan gue masih belum bisa membedakan mana di yang dipisah dan disambung.

Paling parahnya, jokes yang gue bikin di situ bener-bener cringe abis. Contohnya:

“Masa kecil gw di mulai dengan segala sesuatu yang kecil dari kepala gw kecil, idung gw kecil, mata gw kecil, perut gw kecil ampe itunya juga kecil maksudnya umurnya yang kecil (mikirnya udah macem macem). Tapi ada satu yang besar dari gw yaitu hati gw besar, bukan cacat tapi orangnya pemaaf. Itu fakta loh!! tapi maafinya pas lebaran doank (sama aja boong)”

Ya Allah pengen nangis :(

Di tahun 2012, kayaknya gue lagi dirasuki kebencian akan hal-hal yang lagi mainstream. Salah satunya adalah tentang fenomena boyband. Lewat tulisan “Awas boyband merajalela!!”, gue menumpahkan segala kekesalan terhadap boyband.

Mungkin kalau gue tulis itu sekarang, bakal langsung diserang para fans Kpop.

Oh tentu saja gue pun lumayan sering nulis cinta-cintaan di masa lalu. Tulisan pertama yang berhubungan dengan cinta di blog ini gue kasih judul “Wanita Sulit Dimengerti”. Yes, keresahan gue kenapa waktu itu gue sangat sulit menebak arah perasaan seorang wanita. Huhu. Sampai detik ini pun memang agak susah. Lebih gampang nebak ibu-ibu bawa motor matic mau belok ke mana.

Kalau yang ini bisa dibilang tulisan gue paling banyak yang baca. Gue juga bingung kenapa bisa masuk top page 1 Google. Sampai sekarang aja, udah sekitar 52 ribu yang baca. Judulnya “73 Alasan bolos sekolah”. Isinya sampah banget haha.

Masalah absurd, dari dulu tulisan gue emang absurd dan gak jelas banget. Dari sekian banyak, tulisan “Efisiensi Penggunaan Kolor dimusim Penghujan” jadi yang paling gak habis pikir kenapa gue bisa bikin kayak gituan.

Era rajin ngeblog gue terjadi ketika masih jadi mahasiswa di kampus IPB. Banyak tulisan gue yang pada akhirnya menceritakan kisah hidup mahasiswa apes nan kere. Mulai dari “Mahasiswa (Menuju) Tingkat Akhir”, “Cerita Laptop dan Juara 1”, “Laptopku yang Malang, Skripsiku yang Hilang”, “Oh Dosen Pembimbing”, “Jalan-jalan 3 Benua”, “Pride of Anak Ekonomi”, sampai “Akhirnya Zac Efron Diwisuda Aaaaaaaaak!

Membaca tulisan-tulisan lama bikin rasa menulis sedikit tumbuh. Sampai akhirnya, gue pun memutuskan memperpanjang domain ini. Yeeey!


1 comment:

  1. Sedih banget emang ya Don kalo ngeliat tulisan sendiri bertahun-tahun yang lalu... hahaha
    Kok bisa nulis sekonyol itu, tapi ya bagaimanapun juga itu semacam bagian dari proses kita bisa nulis seperti sekarang ini (dan entah apakah bertahun2 kemudian, tulisan kita saat ini juga terlihat cringe atau tida)

    Btw, domainku juga baru diperpanjang lagi bulan Agustus ini, rasanya sayang aja kalau dibiarkan expired, soalnya susah diambil lagi kalo domain udah expired

    Semoga domainnya awet perpanjang terus sampai bertahun-tahun kemudian Don~

    ReplyDelete

Powered by Blogger.